Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, November 3, 2016

Biaya Tes Darah Thalasemia (Screening, Cek DNA, Metoda Sequenzing, Diagnosa Prenatal)

Sehubungan dengan penegakan diagnosa thalasemia, dengan cek darah lengkap, apusan darah tepi, analisa kadar zat besi dan hb analisis, kadang hasilnya masih buram atau belum bisa ditegakkan diagnosanya, jadi perlu menempuh cek dna untuk bisa memastikannya.

Sehubungan dengan itu, tadi (6 september 2016) saya menyempatkan diri untuk mampir ke klinik geneka, lembaga eijkman jl diponegoro jakarta pusat (sebelah rscm) untuk mencari info berapa biaya cek dna thalasemia itu sekarang?

Kenapa ke lembaga eijkman bukan ke lab lain? Tentu saja pertimbangannya masalah "jam terbang" dan keberadaan klinik geneka lembaga eijkman yang bukan badan komersial.

Jadi saya coba infokan daftar biayanya:

1. Untuk screening thalasemia (cek darah lengkap plus hb analisis, belum ada cek kadar zat besinya) biayanya 350 ribu rupiah.. hasilnya sekitar 4 hari kerja

2. Untuk cek DNA:
  • Thalasemia alpha biayanya 1.5 juta rupiah
  • Thalasemia beta biayanya 2.0 juta rupiah

Hasilnya sekitar 1 bulan dan bisa dikirim via pos

3. Jika no dua hasilnya masih buram juga, perlu dilanjutkan dengan "metoda sequenzing".. untuk sequenzing:
  • Thalasemia alpha tambahan biayanya 2.5 juta rupiah
  • Thalsemia beta tambahan biayanya 1.5 juta rupiah

Sample tak diperlukan lagi, masih bisa menggunakan sample dari yang no 2, hasilnya berkisar 2 mingguan dan bisa dikirim.

Jika memerlukan konsultasi tentang hasilnya, perlu janjian lebih dulu via telpon, sebelum datang ke lembaga eijkman dan akan dikenakan biaya 300 ribu rupiah.

4. Untuk diagnosa prenatal ada harga paketnya, 4.5 juta rupiah (yang akan di cek dna-nya adalah ayah, ibu, satu anaknya yang thaller mayor, dan si janin), lembaga eijkman hanya menerima samplenya saja, jadi pengambilan sample dari janin tidak termasuk, dan dilakukan bukan oleh lembaga eijkman tapi oleh bagian feto maternal rumah sakit.

Bagi yang terkendala untuk bisa hadir di lembaga eijkman untuk diambil sample darahnya, bisa minta tolong via lab komersial (misal prodia), dan pengambilan sample dan pengiriman sample akan dilakukan oleh pihak lab tersebut, tentu ada biaya tambahan yang ditentukan oleh pihak lab tersebut.


Bagi yang mau menghemat, bisa juga mengusahakan sendiri untuk mengambil samplenya di lab Rumah Sakit setempat dan mengirimnya dalam keadaan dingin, dan secepatnya bisa sampai di lembaga eijkman..

Adapun yang perlu dipersiapkan dan disertakan adalah:
  1. Hasil cek darah lengkap dari lab RS setempat
  2. Apusan darah tepi yg di fiksasi metanol
  3. 6 cc sample darah dalam tabung EDTA (usahakan mengambil sample sebelum tranfusi, jangan sesudah tranfusi)

Biaya pengiriman dan biaya persiapan yang perlu disertakan jadi tanggungan sendiri (bisa dipertimbangkan dan dibandingkan dengan minta via lab komersial).

Biaya cek dna bisa ditransfer dimuka ke lembaga eijkman dan setelah penerimaan transfer baru akan dikerjakan. Hasilnya bisa dikirim balik.

Demikian info yang saya bisa bagikan.

Salam perjuangan!

Sumber tulisan : FB Tien En/Thalasemia Indonesia

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Biaya Tes Darah Thalasemia (Screening, Cek DNA, Metoda Sequenzing, Diagnosa Prenatal)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment