Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, January 11, 2015

Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Flu (InFLUenza)

InFLUenza (flu) adalah penyakit sistem pernafasan yang menular, disebabkan oleh virus influenza A dan B. Virus tersebut dapat menyebabkan demam ringan hingga berat, nyeri atau pegal di sekujur tubuh, sakit tenggorokan, batuk, dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Flu paling sering menyebar melalui percikan kecil saat orang bersin, bicara atau batuk, tapi juga dapat berpindah melalui sentuhan melalui sesuatu yang terdapat virus flu di dalamnya kemudian tesentuh ke mulut, mata atau hidung.

Ada banyak kesalahpahaman tentang flu, karenanya penting bagi kita untuk tahu perbedaan antara fakta dan mitos tentang flu.

sumber ilustrasi

#1 Mitos atau Fakta: Vaksin Flu bisa membuat anda terserang Flu

Mitos - Imunisasi atau vaksin flu dibuat dari virus mati dan tidak aktif, jadi virus tersebut tidak bisa menginfeksi anda. Orang yang terserang flu setelah mendapatkan vaksin flu itu disebabkan orang tersebut memang sedang sakit, vaksin flu butuh waktu seminggu atau dua minggu agar dapat bekerja.

Anda bisa tertular flu sebelum merasakan gejalanya. Orang dewasa kebanyakan terinfeksi virus flu satu hari sebelum gejalanya hadir dan butuh waktu 5 hingga 7 hari sampai benar-benar sakit. Beberapa orang, khususnya anak kecil dan orang dengan sistem imun yang lemah, mungkin bisa terinfeksi dalam waktu yang lebih lama.

#2 Mitos atau Fakta: Flu itu hanya pilek saja

Mitos - Flu dan pilek merupakan penyakit saluran pernafasan, namun keduanya disebabkan oleh virus yang berbeda. Pilek lebih ringan dari flu, gejalanya termasuk meler dan hidung tersumbat. Flu itu lebih parah, gejalanya termasuk demam, nyeri sendi, kelelahan, dan batuk.

Pilek biasanya tidak menghasilkan masalah kesehatan serius, sedangkan flu bisa mengancam nyawa. Berdasarkan data CDC Amerika Serikat, 200.000 orang dirawat di rumah sakit karena flu tiap tahunnya. Berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO), setiap tahun ada lima juta orang di dunia dirawat di rumah sakit karena influenza alias flu berat (termasuk flu burung, flu babi, dsb.). Bahkan, 500.000 orang di dunia meninggal karena flu berat dan komplikasinya.

#3 Mitos atau Fakta: Anda tidak butuh vaksin Flu tiap tahunnya

Mitos - Setiap tahun virus inFLUenza berubah dan bermutasi, jadi anda disarankan untuk mendapatkan vaksin flu yang terbaru. Vaksin tersebut akan membangun antibodi di dalam tubuh yang akan melindungi tubuh dari infeksi. Jika anda pernah memainkan game simulasi Plague Inc. di android pasti anda tahu bagaimana virus berkembang. Coba mainkan sampai Amerika Serikat menuklir China atau Rusia!

CDC Amerika Serikat merekomendasikan seluruh pekerja medis untuk memperoleh vaksin flu tiap tahunnya. Selama musim vaksinasi di tahun 2010-2011, diperkirakan sudah 63.5% pekerja medis di sana yang mendapat vaksin inFLUenza.

Kenapa pekerja medis butuh vaksinasi Flu?
  • Anda bisa terserang flu dari pasien dan rekan sejawat.
  • Anda bisa menyebarkan flu kepada pasien dan rekan sejawat.
  • Anda bisa mengurangi risiko dari penyakit yang berhubungan dengan inFLUenza dan kematian.
  • Anda bisa mencegah absent atau tidak masuk kerja karena sakit.

#4 Mitos atau Fakta: Anda bisa terserang Flu lebih dari sekali selama musim Flu (musim pancaroba)

Fakta - Karena ada 2 jenis tipe virus inFLUenza, yaitu virus A dan B. Anda berisiko terinfeksi keduanya, jadi jika anda sudah terinfeksi flu, anda tetap disarankan mendapatkan vaksin untuk mencegah virus flu yang lain.

Bagaimana jika saya terserang Flu? Berikut ini tips jika anda terserang flu:
  • Beristirahat
  • Minum banyak air
  • Hindari alkohol dan rokok
  • Minum obat flu
  • Tetap di rumah
  • Tutupi hidung dan mulut dengan masker

#5 Mitos atau Fakta: Jika anda masih muda dan sehat, tetap bisa terserang Flu

Fakta - Meskipun anak usia di bawah 4 tahun, wanita hamil dan orang dewasa do atas 50 tahun, semuanya berisiko terserang flu. Orang yang sehat dan tidak menunjukkan gejala flu juga masih dapat menularkan flu kepada yang lain.

#6 Mitos atau Fakta: Obat antibiotik bisa mengobati Flu

Mitos - Obat antibiotik digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, bukan virus! Jadi obat ini tidak mempunyai efek untuk jenis flu apapun.

Jika anda sakit flu, ada jenis obat yang bisa digunakan untuk mengobati flu. Obat-obatan tersebut bernama obat antiviral (oseltamivir, zanamivir, amantadine dan rimantadine) yang dapat membuat gejala flu berkurang dan membantu anda merasa lebih baik. Obat antiviral juga digunakan untuk mencegah komplikasi flu serius, seperti pneumonia.

Adapun obat warung, biasanya tidak mengandung antiviral, hanya untuk mengurangi gejalanya saja, seperti demam, hidung tersumbat dan batuk, sedangkan masalah virusnya diserahkan kepada sistem kekebalan tubuh, karena flu biasanya sembuh sendiri. Untuk flu yang ringan tidak masalah, jika kasus flunya serius seharusnya butuh antiviral.

#7 Mitos atau Fakta: Mengkonsumsi vitamin C dan makan sup ayam bisa mencegah Flu

Mitos - Meskipun vitamin C dan sup ayam baik untuk kesehatan, tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa keduanya bisa mencegah flu.

Cegah Penyebaran Virus Flu Dengan Cara Berikut:
  • Tutup hidung dan mulut dengan tisu saat anda batuk atau bersin. Buanglah tisu ke tempat sampah setelah menggunakannya.
  • Cuci tangan dengan sabun dan air. Jika tidak tersedia, anda bisa gunakan produk hand sanitizer.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut. Bibit penyakit sering masuk lewat situ.
  • Cobalah untuk menghindari kontak langsung dengan orang sakit.
  • Jika anda sedang sakit flu, CDC merekomendasikan anda tetap tinggal di rumah paling tidak 24 jam setelah demamnya hilang. Kecuali anda memiliki perawatan medis atau ada keperluan di luar.
  • Saat sakit, kurangi kontak dengan sesama sebisa mungkin agar mereka tidak tertular.

#8 Mitos atau Fakta: Anda masih bisa terserang Flu jika sudah menggunakan sabun antibakteri

Fakta - Sabun antibakteri hanya berfungsi melawan bakteri, bukan virus, jadi produk ini tidak mencegah flu. Kendati demikian, anda tetap dapat mencegah penyebaran virus flu dengan mencuci tangan sesering mungkin.
  1. Basahi tangan dengan air bersih dan sabun. Gunakan air hangat juga boleh.
  2. Gosok-gogok kedua tangan anda sampai berbusa.
  3. Kalau butuh timer, hitung 15 sampai 20 detik.
  4. Bilas kedua tangan di bawah air yang mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan kertas tisu. Jika memungkinkan, gunakan kertas tisu untuk membuka pintu kamar mandi / toilet umum.

#9 Mitos atau Fakta: Kebanyakan orang terserang Flu saat musim pancaroba (perubahan cuaca)

Fakta - Perubahan udara dan temperatur sedikit banyak berpengaruh pada tubuh kita. Untuk menyesuaikan dengan perubahan cuaca, tubuh kita otomatis akan berusaha untuk menyesuaikan dengan suhu sekitar. Saat itu pula imunitas (daya tahan tubuh terhadap penyebab penyakit) kita mulai menurun, sehingga sering menyebabkan orang terserang penyakit di saat terjadi perubahan cuaca.

Selain itu, temperatur dan cuaca yang berubah-ubah adalah salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Jadi, tidak heran bila banyak orang terserang penyakit di musim perubahan cuaca dibanding di musim yang suhunya relatif stabil.

Virus flu yang terus berkembang

Serem banget virus flu dari jaman ke jaman terus berkembang...
Untungnya Simian Flu cuma fiksi yah gan?

sumber bacaan: LifeBrigde Health

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fakta Dan Mitos Tentang Penyakit Flu (InFLUenza)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

18 comments:

  1. jangan pernmah menyepelekan virus flu sob, flu justru bs menjadi yg mematikan, dan saat ini korban akibat flu itu meningkat daripada korban akibat kanker

    ReplyDelete
  2. Nanya ah, enakan kalau mau bersin itu, dilepaskan atau ditahan yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibersinin aja, tapi ditutupi dan jangan diarahkan ke temen sebelah :-s
      kalau bersin jangan lupa merem ya

      Delete
    2. Kok pakai merem, ntar malah ekna teman di sebelah lagi. hahahah

      Delete
    3. saat bersin secara reflek pasti merem, kalau gak merem risiko terburuknya mata bisa copot :-s


      kalau gak percaya buktiin aja sendiri

      Delete
    4. Oo gitu yah, alhdamdulillah saya datang kesini trus bacain koemtar baliknya. wkwkwkwk

      Delete
  3. Tapi memang bener lama-lama jenis flu makin mematikan :(

    ReplyDelete
  4. ternyata begitu ya om. makasih nambah ilmu nih tentang flu. soalnya saya sering banget kena flue

    ReplyDelete
  5. flu akan membahayakan jika dibiarkan, artinya tidak berobat apapun ...
    apalagi sekarang didaerah saya lagi musim hujan dan terkadang panas ... :)

    ReplyDelete
  6. penyakit flu ini memang di anggap sepele, mungkin karena sudah terbiasa. hampir rata-rata hanya mitos ya.. kalau dirumah saya, sekalinya ada yang terkena flu, smua keluarga ikut tertular...

    ReplyDelete
  7. saya kira pilek itu samadengan flu, flu= pilek, ternyata beda, mantap penjelasannya.
    flu simian itu yang di planet apes ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep! Flu yang ada di sekuel planet apes
      Flu paling mematikan yang membunuh setengah populasi dunia dan gak ada obatnya :s

      Delete
  8. wahhahaha kalo saya sih dikira Flu ama pilek itu sama mas ternyata beda hmph jadi malu sendiri nih jadinya :v

    ReplyDelete
  9. Wah kebetulan anak saya sedang mengalami flu, jadi tahu neh permasalahan di balik flu itu. Makasih gan

    ReplyDelete
  10. saya kalo flu suka minum obat warung aja, tapi kalo liat riview di atas, ternyata banyak fakta ya mengenai penyakit flu

    ReplyDelete
  11. paling tersiksa kalau kena flu,
    saya biasanya meringankannya dengan mencium minyak angin aroma terapi dan mengkonsumsi vitamin C, jadi itu salah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak salah juga bu, kalau itu membantu dan membuat nyaman silahkan. kalau sampai tersiksa baiknya minum obat flu.

      flu tergolong self limiting diseases, artinya bisa sembuh sendiri asalkan daya tahan tubuh bagus.
      jadi, tanpa minum obat pun flu akan sembuh dengan sendirinya, biasanya dalam tempo satu sampai dua minggu. tapi kalau gejalanya sudah dalam tingkat menjengkelkan, misalnya sakit kepala berat atau hidung meler tak henti-henti, kita boleh minum obat untuk meringankan gejala-gejala tersebut. namun perlu dicatat bahwa obat flu hanya untuk meringankan gejala.

      Delete
  12. jadi gitu rupanya ya,baru tahu mendetil tentang Flu, pembahasnnya lengkap dan mendetil gan. Terima kasih atas sharingnya

    ReplyDelete