Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, February 8, 2015

Kesalahan Dalam Hidup Dengan Penyakit Kronis

Kalau anda hidup dengan penyakit kronis, kita hanya sering melihat apa yang telah 'hilang' sebagai akibat dari penyakit kita, dan kita gagal untuk mengenali, memahami, dan mengakui kesalahan-kesalahan yang kita perbuat.

Perhatikahlah dengan seksama infografik berikut dan bijaklah terhadap kehidupanmu dan bagaimana cara hidupmu. Saat kita membuat beberapa 'kesalahan', tentu kita akan mengalami dengan 'yang tak terhindarkan'.

Lihatkah jika anda membiarkan penyakit mengontrol dirimu, anda akan kehilangan teman, merasa akan jadi gila, merasa sakit dan kehabisan tenaga setiap hari. Berikut kesalahan-kesalahan yang sering kita perbuat.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Jika Anda Hidup Dengan Penyakit Kronis

1. Mengijinkan penyakitmu mengontrol kehidupanmu. Saya memahami anda karena saya juga mengalaminya. Jika anda baru terdiagnosa, pasti anda akan merasa dunia telah berakhir, kehilangan harapan dan menyerah dari keadaan. Tapi jangan pernah biarkan penyakit menguasi diri anda! Jika anda melakukannya, anda akan kehilangan kehidupan.
2. Menjalani hidup dengan sangat serius. Hidup dengan penyakit kronis tidaklah mudah, anda harus kerja full time untuk mengontrol penyakitmu. Terlalu serius bisa membuatmu stress dan frustasi yang tentu sangat berdampak dengan kondisimu.
3. Berurusan dengan dokter yang buruk, atau yang gagal paham dengan penyakitmu. Tak bisa dipungkiri karena dokter juga manusia, dan manusia pasti punya kesalahan. Kalau memungkinkan, berobatlah ke dokter yang direkomendasikan oleh teman-teman yang punya penyakit yang sama denganmu.
4. Tidak mencatat gejala sehari-hari dan mengkonsultasikannya dengan dokter. Gejala yang timbul setiap harinya bisa saja berbeda-beda, setiap gejala yang anda laporkan ke dokter akan sangat bermanfaat untuk menentukan pengobatan lebih lanjut.
5. Terlalu banyak berharap dengan obat-obatan. Obat-obatan penyakit kronis rata-rata hanya untuk meringankan gejala, tidak menyembuhkan. Kalau ingin berharap, hanya Allah Ta'ala tempat berharap.
6. Tidak menjaga diet yang sehat. Mungkin anda berpikir kalau sudah ada obat, maka bebas makan apa saja. Faktanya tidak demikian. Anda tetap harus menjaga asupan nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh. Perhatikan makanan yang membuat anda ngedrop dan yang membuat anda merasa lebih baik. Seperti yang dilakukan Zoltan Lelkes, program diet berhasil meningkatkan kondisinya.
7. Gagal menggali pengobatan alternatif. Pengobatan alternatif seperti mencari tahu apa saja yang menyebabkan penyakitmu kambuh sangat bermanfaat untuk meningkatkan kondisimu.
8. Menjauhi keluarga dan teman. Mencari orang yang sepenuhnya bisa memahami diri kondisimu pasti sulit, bahkan keluarga dan teman dekat. Banyak orang yang kurang pengetahuan tentang apa itu penyakit kronis. Mereka mengira orang dengan penyakit kronis itu pucat, demam, beristirahat di tempat tidur. Salah besar! Walau keluarga dan temanmu kurang bisa memahamimu, jangan pernah jauhi mereka, karena mereka orang terdekatmu yang paling dapat dimintai bantuan.
9. Tidak berterus terang tentang kondisi kamu. Gejala penyakitmu mungkin tak menentu, jangan pernah memaksakan diri saat anda merasa kehabisan tenaga. Berterus teranglah, ceritakan kondisimu dengan baik agar mereka dapat mengerti.
10. Merasa bersalah atas segalanya. Saat anda merasa bersalah, carilah sebab yang bisa membuatmu bangkit!

    Hal Yang Tak Terhindarkan Jika Anda Hidup Dengan Penyakit Kronis

    1. Anda akan kehilangan teman. Jelas tak terhindarkan karena setelah terdiagnosa, aktivitasmu menjadi sangat terbatas. Dan mungkin anda tidak bisa berkumpul atau nongkrong bareng bersama teman-teman lagi. Karenanya jangan pernah mengijinkan penyakit mendominasi diri anda.
    2. Anda merasa akan menjadi gila. Setiap hari harus berurusan dengan penyakit tidaklah menyenangkan, apalagi jika anda belum bisa mengontrolnya, pasti pernah terlintas dalam hati ucapan ini, "aku mau jadi apa?". Terlebih kalau bertemu dengan dokter yang gagal paham dengan penyakitmu, seperti rekan MGers saya, dia diresepkan dokter obat imunomodulator yang memperkuat imun, walhasil kondisinya semakin memburuk. Untungnya dia berkonsultasi dengan rekan MGers lainnya, kalau tidak entah berapa lama dia mengkonsumsi obat-obatan tersebut.
    3. Anda akan merasa sakit dan kelelahan/fatigue. Gejala ini pasti muncul setiap hari, sayangnya gejala ini termasuk invisible sympton atau tak kasat mata. sehingga saat anda mengeluhkan sakit kepada orang terdekat, seringkali dibalas dengan "tapi kamu kelihatannya sehat!".
    4. Anda akan sering tidak bisa menepati janji. Orang dengan penyakit kronis bukanlah orang yang bisa menepati janji. Setiap hari dan setiap jamnya, gejala dari penyakitmu akan selalu berfluktuasi. Jadi mungkin anda bisa menggingkari janji hingga ribuan kali.
    5. Anda akan kehilangan banyak uang karena 'tertipu' dengan pengobatan yang tak jelas. Jangan banyak berharap dengan obat-obatan! Beberapa dari kita mungkin pernah memiliki pengalaman dengan obat-obatan 'yang menyembuhkan berbagai penyakit', tapi setelah dikonsumsi justru tidak ada khasiatnya, bahkan justru memperburuk kondisi. Karena itu telitilah sebelum membeli setiap obat yang ditawarkan kepada anda. Waspadai obat dengan modal dusta, yang katanya bisa menyembuhkan segala penyakit, dengan kandungan zat dan dosis yang tak jelas. Kalau hanya sebatas 'suplemen', catatlah kalau suplemen itu menyembuhkan, pasti penyakitmu sudah punah dari muka bumi.
    6. Anda akan menangis hampir setiap hari. Penyakit yang bertahun-tahun tak kunjung sembuh bisa membuatmu stress, bahkan depresi. Saat anda menangis, carilah alasan yang bisa membuatmu bangkit, lihatlah keluarga yang selalu mendukungmu. Jangan pernah patah semangat!
    7. Keluarga dan teman Anda akan melecehkanmu. Pandai-pandailah menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga dan teman. Ceritakan tentang kondisimu dengan sejelas-jelasnya, sampai mereka dapat mengerti.
    8. Anda akan merasa ragu dengan diri sendiri. Mungkin anda akan merasa tidak bisa apa-apa karena penyakit yang tak kunjung sembuh, hilangkan perasaan itu jika anda ingin sehat. Walaupun penyakitmu kronis, anda tetap bisa sehat dengan penyakit kronis.
    9. Anda akan memiliki kebiasaan yang aneh. Yang susah tidur tadi malam ayo angkat tangannya! Malam susah tidur, pagi susah bangun, siang istirahat kehabisan tenaga. Hidup isinya hanya istirahat dan kelelahan.
    10. Banyak orang yang akan membuatmu bersedih dengan tanpa alasan. Jika anda terus diam dan tidak mau menceritakan kondisimu, mungkin anda akan selalu bersedih karena tidak ada yang bisa mengerti kondisimu. Sering-seringlah bercerita dengan setiap orang yang dekat dengan anda.
    11. Anda akan kehilangan harapan sebelum bisa meraih kekuatan. Salah satu yang membuat harapan hilang adalah terlalu banyak berharap dengan obat 'alternativ' yang tak terbukti bisa menyembuhkan. Cobalah bersahabat dengan penyakitmu, perhatikan batasan-batasan yang dapat dilakukan tubuhmu, minumlah obat yang diresepkan dokter secara teratur. Bersabarlah! Penyakit itu sembuhnya pelan-pelan.
    12. Anda akan kehilangan banyak anggota keluarga dan teman, tapi berita baiknya, anda akan menemukan sahabat sejati selalu bisa ngertiin kamu. Mereka adalah orang terdekatmu yang selalu mendukungmu saat dibutuhkan. Anda juga akan menemukan sahabat sejati dari sesama penderita. Bergabunglah dengan grup support sesuai dengan jenis penyakitmu. Karena membagikan keluhan kepada sesama penderita dapat mendongkrak semangatmu.
      Inilah fakta jika anda hidup dengan penyakit kronis. Kesalahan-kesalahan di atas seringkali kita lakukan dan beberapa yang tak terhindarkan telah kita alami. Bijaklah terhadap diri sendiri.... Ada berapa kesalahan yang anda alami? Yakinlah bahwa setiap kita dapat berubah, tapi tidak jika kita selalu melakukan kesalahan yang sama.

      Jagalah dirimu dengan sebaik-baiknya, untuk yang lagi ngedrop, semoga lekas membaik. :)

      Share on Facebook
      Share on Twitter
      Share on Google+

      Related : Kesalahan Dalam Hidup Dengan Penyakit Kronis

      Tampilkan Komentar
      Sembunyikan Komentar

      4 comments:

      1. sedihnya baca artikel diatas. semoga mereka yang sedang menderita penyakit kronik baca artikel bermanfaat ini plus yang paling penting menjadikan hidup lebih berarti lagi dan semoga diberi kesembuhan

        ReplyDelete
      2. Punya penyakit kronis atau gak, diet sehat itu memang penting. Dan yang pasti jalani hidup dengan penuh syukur :)

        ReplyDelete
      3. semoga motivasi dan tips yang di tuliskan disini bisa bermanfaat untuk orang2 diluar sana. Amin

        ReplyDelete
      4. sepakat..karena mengalaminya... :)

        ReplyDelete