Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, February 22, 2015

Memahami Kadar Kolesterol Normal

Kolesterol adalah unsur seperti lilin yang ditemukan pada tubuh dan juga beberapa makanan yang kita makan. Kolesterol terbawa dalam darah oleh protein, kombinasi keduanya disebut dengan lipoprotein.

Low-density lipoprotein (LDL) disebut juga dengan "kolesterol "jahat". Berperan membawa kolesterol dari hati ke sel-sel dalam tubuh, namun jika terlalu banyak bisa menumpuk pada dinding arteri, yang dapat menyababkan penyumbatan.

High-density lipoprotein (HDL) disebut juga dengan "kolesterol baik". Berperan membawa kolesterol dari sel-sel tubuh kembali ke hati untuk dipecah atau diuraikan dari tubuh sebagai limbah. Lebih banyak kadar kolesterol baik akan lebih baik.

Tahukah anda? Terlalu banyak kadar kolesterol jahat (LDL) dan terlalu sedikit kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan penyakit pembuluh darah lain, seperti stroke. Lihat faktor risiko penyakit jantung koroner di sini.

Berapa kadar kolesterol normal yang direkomendasikan?

Kadar kolesterol dalam darah

Ada tiga jenis nilai pengukuran kadar kolesterol normal:
  • LDL (kolesterol jahat), kadar normalnya adalah kurang dari 100 mg/dL.
  • HDL (kolesterol baik), kadar normalnya di atas 40 mg/dL, dan tidak lebih dari 60 mg/dL.
  • Triglycerides, kadar normalnya jika kurang dari 150 mg/dL.

Kolesterol total seharusnya tidak lebih dari 200 mg/dL.

Penyebab Kadar Kolesterol Jahat Tinggi

Obesitas
Bisa jadi penyebab kadar kolestero jahat tertinggi. Sekitar seperempat orang dewasa mengalami kegemukan.

Merokok
Rokok memiliki senyawa kimia seperti acrolein yang mencegah kolesterol baik membawa kolesterol jahat kembali ke hati. Hal ini dapat berakibat pada penyempitan pembuluh darah arteri. Pecandu rokok bisa menghabiskan hingga 12 batang rokok per hari.

Alkohol
Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat. Pecandu alkohol dapat minum secara berlebihan.

Diet rendah gizi
Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi diantaranya: daging berlemak, mentega, krim, keju, kue, dan biskuit.

Riwayat keluarga
Kadar kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, kondisi ini disebut dengan Familial Hypercholesterolaemia (FH).

Jarang berolahraga
Jarang berolahraga juga menimbulkan peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Upaya Untuk Mencegah Kadar Kolesterol Jahat Tinggi

Diet yang sehat
Diet sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Makan makanan sehat untuk jantung. Hindari makanan dengan kadar lemak jenuh yang tinggi dapat membantu, perbanyak makan buah dan sayuran terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Berhenti merokok
Merokok mencegah kolesterol baik mendistribusikan kolesterol jahat kembali ke hati untuk dipecah. Berhenti merokok dapat menghentikan kejadian ini, karena itu mengurangi risiko penyakit yang terkait kolesterol, seperti penyakit jantung dan stroke.

Berolahraga
Menjadi lebih aktif dapat membantu meningkatkan kolesterol baik yang memungkinkan tubuh menghilangkan kolesterol jahat ke hati. 150 menit dari olahraga sedang seperti berjalan, berenang, dan bersepeda direkomendasikan per minggunya. Jika ingin yang lebih menantang anda bisa lakukan push up secara rutin.

Suplemen
Dalam hubungannya dengan diet sehat dan berolahraga, beberapa suplemen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memahami Kadar Kolesterol Normal

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. sepertinya penyebab kolesterol saya tinggi ada 2, jarang berolah raga dan obesitas.

    Terima kasih atas informasinya

    ReplyDelete