Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, February 15, 2015

13 Gejala Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

Kanker merupakan penyakit yang memiliki banyak gejala tergantung di mana kanker tersebut berlokasi dan tingkat keganasannya, serta ada tidaknya metastasis. Berikut adalah 15 tanda gejala kanker yang paling sering terjadi.

Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsi. Setelah didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Gejala kanker di bawah ini termasuk: gejala kanker otak, gejala kanker rahim, gejala kanker ovarium, gejala kanker payudara, gejala kanker serviks, gejala kanker paru, gejala kanker hati, gejala kanker usus, dan lain-lain.

#1 - Penting Sebelum Membaca Lebih Lanjut
Bahwa jika terdapat gejala pada diri anda maka tidak secara langsung anda memiliki kanker. Konsultasikan dengan dokter jika terdapat gejala yang persisten.
dokter

#2 - Kelelahan Yang Ekstrim
Sel-sel kanker bersaing dengan sel-sel normal dan menguras tenaga yang besar, yang segera mengabiskan tenaga anda lebih cepat dari keadaan normal, anda akan merasa lelah dengan sangat berlebihan. Fatigue karena kanker sangat berbeda dengan kelelahannya orang normal yang akan hilang setelah beristirahat.
fatigue

#3 - Penurunan Berat Badan
Saat terdiagnosa dengan kanker, sekitar 40 persen penderita kanker melaporkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Dalam satu dekade terakhir diketahui bahwa beberapa bentuk kanker dapat menyebabkan metabolisme sel yang membuat anda "hipermetabolik".
timbang berat badan

#4 - Sakit Kepala Yang Konstan
Sebuah tumor otak akan membuat tekanan pada otak dan batok kepala yang mengakibatkan sakit kepala permanen atau bergelombang. Telah dilaporkan bahwa pasien kanker bisa membedakan sakit kepala biasa dengan sakit kepala yang disebabkan oleh kanker. Tumor otak mungkin juga akan menyebabkan kejang, muntah, kebutaan, tergantung di mana lokasi tumor tersebut dan tekanannya.
sakit kepala

#5 - Gangguan Pencernaan Atau Susah Makan
Setiap orang pasti pernah mengalami gangguan pencernaan. Terkadang disertai juga dengan dada panas, mual, perut kembung. Namun gangguan pencernaan bisa juga merupakan gejala dari kanker mulut atau kanker esofagus. Gangguan pencernaannya akan terasa seperti disebabkan sesuatu yang lain, namun jika terus berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.
sakit perut
#6 - Benjolan
Beberapa kanker bisa dirasakan melalui kulit. Saat tumor memutasi sel-sel tubuh, mungkin akan membentuk benjolan di bawah kulit. Kanker jenis ini sering muncul pada payudara, testis, dan kelenjar getah bening. Saat anda menemukan benjolan yang tak bisa hilang, segera laporkan ke dokter. Namun demikian, tidak semua benjolan itu berbahaya.
benjolan di ketiak

#7 - Batuk Yang Tak Kunjung Sembuh
Meskipun sebagian besar penyebab batuk kronis adalah bronkitis, emfisema atau asma juga bisa menjadi tanda gejala kanker paru-paru. Terutama jika batuk berkepanjangan yang tak kunjung hilang, itulah saatnya berkonsultasi dengan dokter untuk check up. Telah dicatat bahwa 8 dari 10 orang yang terkena kanker paru-paru, disebabkan oleh rokok tembakau, karenanya orang yang kecanduan rokok lebih berisiko dari yang tidak.
batuk

#8 - Pendarahan Yang Tidak Biasa
Pendarahan yang tiadak biasa bisa disebabkan oleh kanker usia dini atau kanker usia lanjut. Batuk berdarah bisa jadi gejala dari kanker paru. Darah pada tinja (yang terlihat gelap atau hitam) mungkin adalah gejala dari kanker usus atau rektum. Kanker serviks atau endometrium dapat menyebabkan pendarahan yang abnormal pada vagina. Darah pada urin bisa jadi tanda gejala kanker ginjal. Darah pada puting susu mungkin gejala dari kanker payudara.
pendarahan

#9 - Bercak Putih Di Dalam Mulut
Khusus untuk perokok dan pecandu tembakau lainnya harus menyadari hal ini dan mengamati bagian dalam mulut mereka secara teratur. Jika terdapat bagian yang putih di dalam mulut bisa jadi itu leukoplakia yang merupakan awal dari kanker, yang jika tidak diobati akan berkembang menjadi kanker mulut.
ilustrasi, bukan leukoplakia


#10 - Perubahan Fungsi Kandung Kemih
Untuk masalah buang air kecil yang sedikit atau berlebihan mungkin ada sebab lain, tapi jika sampai urin ada berdarah atau merasa sakit saat buang air kecil, segera lakukan check up karena mungkin itu adalah gejala kanker kandung kemih atau kanker prostat.
konsulasi ke dokter

#11 - Perubahan Pada Kulit
Jika pada kulit terdapat bintik seperti tahi lalat, anda harus mengamatinya secara teratur. Bisa jadi itu adalah gejala melanoma yang juga dikenal dengan kanker kulit. Penanganannya tergolong mudah dan bisa dihilangkan jika ditangani dengan lebih awal, sebelum berkembang lebih lanjut.
gambar melanoma

#12 - Perubahan Fungsi Usus
Darah dalam tinja (yang terlihat seperti tinja yang gelap atau hitam) bisa menjadi tanda dari kanker kolon (usus besar) atau kanker rektum. Ini merupakan jenis yang sangat umum dari kanker, dan lebih sering daripada yang kita kira. Sembelit jangka panjang, diare, atau perubahan ukuran tinja mungkin merupakan tanda dari kanker kolon dan harus ditangani dengan sangat serius.
ilustrasi tinja

#13 - Gejala Lainnya
Gejala yang dicantumkan di atas hanya sebagian dari gejala kanker yang umum, namun gejala kanker lainnya tidak dicantumkan di sini. Jika anda merasa ada perubahan besar pada tubuh anda, segera beritahukan ke dokter. Jika tidak ada hubungannya dengan kanker, dokter bisa mengetahui lebih lanjut tentang apa yang terjadi dan memberi pengobatan, jika diperlukan. Jika itu kanker, anda masih mempunyai kesempatan untuk mengobatinya dengan lebih awal, yang merupakan penangan terbaik.
dokter & pasien

Demikian tanda dan gejala kanker yang perlu kita ketahui, kunci utama keberhasilan dalam pengobatan kanker adalah diagnosa dan penanganan dini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Gejala Kanker Yang Perlu Anda Ketahui

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

13 comments:

  1. yang bahaya ketika kita menyepelekan suatu gejala yang tidak biasa dalam tubuh...begitu diperiksa ternyata sudah stadium tinggi, terima kasih info sehatnya mas

    ReplyDelete
  2. Memang perlu langkah dan antisipasi cepat :)

    ReplyDelete
  3. Soal benjolan, saya jadi ingat dengan mata ikan yang ada di kaku saya nih. Sudah dua kali di kasih caluosol tapi masih belum hilang juga.

    ReplyDelete
  4. jadi tau ni Gejala Kanker, terima kasih sharenya mas

    ReplyDelete
  5. menambah wawasan saya tentang gejala kanker nih mas.
    semoga kita semua bebas dari penyakit ini yamas.amiin

    ReplyDelete
  6. jika mengupas tentang penyakit kanker inih,. kesehatan yg diberikan oleh yg di atas harus dijaga baik2 ya Mas Kun..?, seram juga.. kalo kena pnyakit kanker..

    ReplyDelete
  7. Sepertinya hampir semua orang yang hidup didunia ini berpotensi kena kanker, apalagi melihat perkembangan dunia medis sekarang ini. Kalau kanker: kantong kerina si tak masalah, masih bisa nebeng sama kawan pergi ke kantor, tapi kalau yang satu itu...sungguh terlalu

    ReplyDelete
  8. selama ini saya cuma tahu akan ciri-ciri gejala kanker cuma Benjolan saja kang, ternyata banyak juga untuk gejala kanker ini., mudah2an kita terhindar dari penyakit ini, ,

    ReplyDelete
  9. Ternyata banyak sekali ya mas tanda-tanda gejala kanker itu..
    terimakasih mas atas sharingnya

    ReplyDelete
  10. Ngeri ya, kesehatan memang mahal harganya

    ReplyDelete
  11. Langsung mikir nih, Pak.
    Kalo sy sering lihat lidah krn sering radang tenggorokan dan sariawan.
    TFS ya, Pak.

    ReplyDelete
  12. Saya pernah mengalami benjolan kecil di wajah area dagu, seperti jerawat batu, suka mengecil sendiri, tapi terkadang suka timbul kembali pada tempat yg sama, apa ini termasuk kedalam kanker kulit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk memastikan kanker butuh pemeriksaan medis. kanker umumnya ganas, cepat menyebar, dan butuh pengobatan.

      Delete