Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, March 13, 2015

12 Manfaat Mental Dari Berolahraga

Hasil dari berbagai penelitian mendukung gagasan bahwa olahraga meningkatkan suasana hati pada orang dengan depresi ringan sampai sedang. Apa saja manfaat mental dari berolahraga secara rutin?

1. Berolahraga membuat anda merasa lebih baik. Kegiatan olahraga akan melepaskan endorphins, membuat anda merasa senang dan positif terhadap diri sendiri. Bukankah kita semua menginginkannya?

2. Meningkatkan mood. Berolahraga secara rutin akan melepaskan ketegangan. Hal ini membantu anda menghilangkan depresi dan stress.

3. Percaya diri. Ketika anda berolahraga dan melepaskan ketegangan saat merawat diri sendiri. Anda akan merasa bangga saat pencapaian anda tercapai. Anda merasa seperti baru dan melihat diri anda dengan sangat baik.

4. Membantu tubuh anda mendapat toleransi tinggi terhadap sakit/nyeri. Berolahraga terkadang membuat anda merasa pegal-pegal. Pada awalnya itu mungkin mengerikan, tapi jika itu telah terjadi beberapa kali, anda akan belajar cara mengelolanya. Hal ini membuat anda meningkatkan ambang batas nyeri secara keseluruhan.

5. Olahraga meningkatkan kekuatan otak. Berolahraga menyebabkan tubuh anda menciptakan sel-sel otak lebih banyak. Yang artinya otak menjadi lebih kuat dan memiliki kapasitas lebih besar untuk belajar.

6. Berolahraga meningkatkan karakter anda. Berolahraga secara rutin dapat membantu anda membangun kualitas kedisiplinan, dedikasi dan keteguhan hati.

7. Disiplin terhadap diri sendiri. Berolahraga juga membuat anda membangun keahlian kepatuahan dan kedisiplinan. Keahlian ini akan memiliki efek positif pada kehidupan anda.

8. Berolahraga dapat membantu memulihkan anda dari kecanduan. Seperti yang disebut sebelumnya, berolahraga dapat membantu anda membangun kedisiplinan. Mengatasi kecanduan akan lebih mudah ketika anda berolahraga secara rutin.

9. Berolahraga juga membantu melawan depresi. Depresi disebabkan oleh ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak. Olahraga akan menghasilkan "zat bahagia" yang diproduksi secara berlimpah.

10. Berolahraga membantu mengurangi kegelisahan. Menggunakan energi anda dengan cara yang efektif membantu anda rileks lebih baik.

11. Pernah dengar istilah "Runner's high"? Berolahraga dengan penuh semangat dapat membuat anda lebih baik.

12. Konsentrasi. Berolahraga dapat membantu anda meningkatkan konsentrasi dan kesadaran mental.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Manfaat Mental Dari Berolahraga

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Jika ingin hidup sehat pastinya harus rajin berolahraga ya Kang . . banyak sekali manfaat olahrga bagi kebugaran dan kesehatan tubuh kita, , oke trim infonya kang

    ReplyDelete
  2. sudah lama engga olahraga, kadang kesibukan ga bisa doitinggalkan..

    ReplyDelete
  3. mas cipto olahraga penting sekali ya, dan akan terasa manfaatnya kelak..

    ReplyDelete
  4. Iya Pak saya setuju sekali,
    sudah beberapa bulan terakhir ini Boku
    gemar melakukan kegiatan olah raga bersepeda.
    Padahal sebelumnya Boku malas untuk bersepeda.
    Mengingat usia semakin bertambah, jarang bergerak saat
    bekerja, karena 8 jam duduk didepan monitor.

    Salam sehat,

    ReplyDelete