Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, March 7, 2015

Fakta Tentang Tren Diet Saat Ini

Dalam dunia yang sekarang ini, mendapatkan "sosok yang sempurna" telah menjadi obsesi dari kebudayaan kita.

Banyak pihak telah menciptakan dan mencoba berbagai macam tren kesehatan atau diet, dan teknik olahraga dengan harapan dapat meminimalkan usaha dan memaksimalkan hasil.

Sementara kita semua tahu bahwa tidak banyak hal dalam hidup ini yang dapat diperolah tanpa pengorbanan, kita masih berharap untuk kombinasi ajaib yang membuat tubuh menyempurnakan prestasi dengan cara yang mudah, terlepas dari bagaimana hal tersebut mempengaruhi kesehatan kita.
Ilustrasi Tren Diet

Dari jus pembersih, diet detox ke gluten-free, dan CrossFit ke Zumba, informasi yang kami peroleh dari raderprograms membawa perspektif yang segar kepada semua tren kesehatan dan olahraga terbaru di luar sana. Baca lebih lanjut untuk mencari tahu apa saja mitos kesehatan yang populer dan apa saja hal yang benar-benar membuat anda sehat!

Fakta Tentang Tren Diet Yang Ada Saat Ini



Diet pembersih (cleansing) dan detoks
Anda tidak perlu mengelurkan racun dalam tubuh lagi ketimbang yang dikerjakan oleh organ dan sistem kekebalan tubuh anda. Toh, diet pembersih dan detox tidak terbukti secara ilmiah dapat membilas racun dalam tubuh anda.

Banyak orang yang mengklaim "merasa lebih baik" dari detoksifikasi ini mungkin karena efek plasebo. Merasa lebih baik karena sangat percaya dengan obat palsu yang dikonsumsi.

Pembicaraan mengenai detoksifikasi ternyata telah dimulai dari jauh-jauh hari sejak awal 1990-an, namun para ilmuwan telah meninggalkan teori ini pada tahun 1930-an. Racun yang disangka benar adanya, tidak pernah teridentifikasi secara klinis.

Sari buah (Juicing)
Yang dimaksud dengan juicing adalah pembuatan minuman sari buah/sayuran tanpa ampas. Sementara memiliki banyak manfaat, juicing meninggalkan ampas buah dan sayuran, yang bermanfaat sebagai serat dan serat penting untuk gaya hidup yang sehat.

Pembuatan ekstrak sari buah juga tidaklah murah, juicer atau mesin pembuat sari buah berharga mulai dari Rp. 300 ribu hingga Rp. 3 juta. Paket terapi pembersihan dari pabrikan terkenal bisa menghabiskan dana Rp. 700 ribu per hari.

Intermitten Fasting (IF)
Atau yang baru-baru ini lebih dikenal dengan istilah OCD dapat membuat gula darah tidak stabil, memicu stress, dan fatigue. IF tidak mendukung kebutuhan nutrisi tubuh yang dibutuhkan, IF berkepanjangan dapat membuat eletrolit tubuh tidak seimbang.

Aplikasi Pengukur Kalori (Calorie Tracking Apps)
Berhati-hatilah untuk tidak menjadikan aplikasi pengukur kalori sebagai obsesi. Hal ini berpotensi menyebabkan gangguan makan yang berbahaya. Solusi bagus untuk membaca kalori adalah dengan merencanakan kebutuhan makanan harian dengan lebih lanjut.

Makanan Rendah Lemak (Low Fat Foods)
Saat lemak dihilangkan dari makanan; gula, bahan kimia, dan zat pengental ditambahkan dalam makanan. Seringkali pembuatan makanan rendah lemak justru membuatnya menjadi kurang sehat.

Memisahkan Karbohidrat dan Protein
Tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi karbohidrat dan protein secara terpisah jam makannya, dapat membantu pencernaan dalam menurunkan berat badan. Faktanya, mengkombinasikan karbohidrat dan protein dalam jam makan dapat lebih menahan rasa lapar dan membantu menghasilkan tenaga lebih banyak.

Diet Bebas Gluten (Gluten-Free Diet)
Sejumlah makanan bernutrisi mengandung protein yang disebut gluten. Tidak ada bukti bahwa gluten menimbulkan berbagai gangguan kesehatan atau diet bebas gluten dapat menurunkan berat badan. Faktanya, orang-orang yang tidak mengkonsumsi gluten dapat mengembangkan defisiensi vitamin dan mineral. Banyak makanan bebas gluten juga banyak menambahkan gula dan lemak untuk meningkatkan rasa.

Kasus intoleransi terhadap gluten atau Celiac disease merupakan kasus yang jarang terjadi. Tidak perlu khawatir jika anda orang sehat.

Mitos Diet Yang Keliru



Mengkonsumsi lemak membuat anda gemuk
Meskipun makanan berlemak memiliki lebih banyak kalori daripada makanan tidak berlemak, memakan makanan berlemak dengan jumlah kecil dapat membuat perut anda terasa penuh dan secara kesuluruhan makan lebih sedikit.

Yang terpenting: tubuh anda membutuhkan lemak untuk tenaga, perbaikan jaringan, dan menyerap vitamin. Cadangan kalori anda juga didapat dari lemak.

Tidak makan pagi merupakan cara cepat menurunkan berat badan
Studi menunjukkan bahwa orang yang tidak makan pagi lebih rentan terhadap makan berlebihan pada jam makan berikutnya. Hal ini tidaklah mengejutkan karena anda sangat lapar!

Kehilangan dan memperoleh massa tubuh secara berulang-ulang (weight cycling), dapat meningkatkan risiko dari makan secara berlebihan. Weight cycling yang ekstrim juga dapat merusak jantung dan sel-sel dinding pembuluh darah.

Soda diet lebih baik daripada cola biasa
Pemanis buatan pada soda diet dapat membuat pankreas anda melepaskan insulin, yang memicu anda merasa ingin makan dan menyebabkan anda makan lebih banyak setelahnya.

Sebuah studi menemukan bahwa meminum satu soda diet setiap hari berhubungan dengan peningkatan risiko diabetes dan sindrom metabolisme sebanyak 36%. Studi yang lain juga menemukan bahwa peminum soda diet memiliki 43% lebih dekat untuk memiliki serangan kardiovaskuler seperti serangan jantung dan stroke.

Mengurangi kalori secara drastis dapat menurunkan berat badan dengan cepat
Mengurangi kalori secara drastis justru membuat tubuh anda bertahan pada kondisi berlemak. Defisiensi kalori dapat menyebabkan tubuh memakan jaringan otot daripada lemak sebagai energi.

Makan setelah jam 8 malam dapat menyebabkan berat badan meningkat
Tubuh anda tidak memiliki jam di dalamnya yang dapat hidup dan mati yang saat mati dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Yang berguna untuk anda ketahui adalah jika anda memilih makanan ringan (snack) saat larut malam, hal itu cenderung tidak menyehatkan. Sebaiknya jika anda lapar di malam hari tetap memilik makanan yang bergizi.

Karbohidrat membuat anda gemuk
Karbohidrat pada dasarnya tidak membuat anda gemuk dan mengkonsumsi kalori yang berlebihan dari berbagai makananlah yang membuat berat badan anda meningkat. Karbohidrat --termasuk buah dan sayuran, serta padi-padian-- seharusnya dikonsumsi secukupnya sebagai bagian dari diet sehat.

Kopi dapat menurunkan berat badan
Meskipun kopi dapat menekan nafsu makan anda, namun bahkan minum beberapa gelas kopi tidak akan mampu menurunkan berat badan anda. Faktanya justru minum kopi berlebihan dapat berkontribusi pada kegelisahan dan peningkatan tekanan darah.

Tren Olahraga Saat Ini



High-Intensity Interval Training (HIIT)
Latihan ini merupakan tren olahraga yang populer, melibatkan rentetan gerakan intens dibarengi jangka waktu istirahat yang sebentar. Karena latihan ini terangkai dalam urutan, anda juga bisa menggunakan pemberat apapun termasuk dumbell hingga medicine ball.

Body Weight Training
Juga dikenal dengan sebutan Calisthenic workout. Metode ini menggunakan beban badan sebagai perlawanan. Karena latihan ini hampir tidak menggunakan alat sama sekali, latihan ini sangat terjangkau bagi banyak orang untuk berolahraga. Latihan dengan beban badan ini termasuk latihan seperti push up, pull up, dan squat.

Zumba, sampai jumpa lagi
Gerakan menari dengan cepat ini sangat populer di tahun 2012 dan jatuh pada daftar 20 tren fitnes saat ini. Penggemar zumba masih tetap ada hingga hari ini, bagaimanapun, zumba.com mengumbar 14 juta penari di seluruh dunia. Para penggemar zumba dapat menari dengan tabuhan latin dan campuran hingga 40 hits.

Crossfit
Jenis latihan fitness ini sedang gila-gilanya dalam dunia fitness. Crosfit makin berkembang luas dengan diikuti oleh para atlet dan selebriti, namun perlu diperhatikan! Karena program latihannya yang berintensitas tinggi dengan berbagai macam gerakan. Pendatang baru tidak boleh melewati batas, sampai mereka dapat menyempurkanan teknik dasarnya. Ada kemungkinan besar bagi pesertanya untuk mengalami cedera akibat tuntutan olahraga ini.

Yoga
Yoga mungkin yang paling populer saat ini. Ada berbagai macam gerakan yoga bagi setiap orang. Hatha merupakan jenis yoga yang sempurna bagi pemula karena kecepatannya lambat, sementara power yoga bagus untuk membantu menurunkan berat badan karena kecepatannya yang konstan. Bikram yoga merupakan latihan yoga yang panas dengan 26 urutan gerakan di dalam ruangan bersuhu 40° C.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fakta Tentang Tren Diet Saat Ini

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. Bnyak orang memang sering salah membedakan mana yg trik yg berfungsi dgn baik dan mana yg gk brfungsi :D makasih infonya mas

    ReplyDelete
  2. jadi ada tata caranya tersendiri ya
    makasih penjelasannya ya

    ReplyDelete
  3. Terkadang sering slah juga kalau menerapkan diet, mengurangi porsi makan hingga lemes bahkan bisa sakit....yang paling baik gizi seimbang dan berolahraga serta pola hidup sehat ya mas....trims atas penjelasannya

    ReplyDelete
  4. kalau saya, menyukai diet dengan puasa senin dan kamis mas.....gak perlu obat-obatan...lagian percuma karena saya KB pakai Pil dan salah satu efeknya ya gemuk... he,he..he,,,

    ReplyDelete
  5. alhamdulillah saya masih kurus mas jadi ga perlu diet yang kayak diatas wkwkwk :v

    ReplyDelete