Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, April 23, 2015

6 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Terduga

Hampir setiap orang pernah sakit kepala. Sakit kepala terkadang datang tiba-tiba dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebab setiap orang terserang sakit kepala pun berbeda-beda. Banyak hal yang bisa menjadi pemicu sakit kepala.

Sayangnya, seringkali kita sulit mengetahui apa yang menyebabkan sakit kepala dan terkadang kita juga membaca informasi yang salah tentang sakit kepala. Ketika seseorang memiliki infeksi sinus atau memiliki pekerjaan yang berat, mereka kemungkinan besar akan mengalami sakit kepala. Namun, tampaknya sakit kepala dapat dipicu oleh kegiatan yang tampaknya tidak berbahaya, beberapa diantaranya tak terpikirkan sebagai penyababnya.

Banyak orang mengkonsumsi obat-obatan dan berharap dapat meredakan rasa sakit tapi tidak berhasil. Penelitian serta konsutasi dengan para ahli mengungkapkan beberapa penyebab tak terduga dari sakit kepala dan cara untuk meredakannya.


Berikut beberapa pemicu sakit kepala yang tak terduga:

Makan Siang
Kombinasi makanan tertentu saat makan siang dapat menjadi penyebab aneh dari migrain. Kita ambil contoh, misalnya, sepotong keju cheddar dan sandwich kalkun; serta diet soda dan cokelat hitam. Meskipun kedua makanan ini dapat membuat pinggang ramping dan menjadi menu yang enak, namun jika dikombinasikan bisa menjadi tidak sehat karena mengandung bahan kimia yang dapat memicu migrain. Zat kimia ini diyakini dapat mengubah kadar neurotransmitter sehingga menyebabkan sakit kepala. Untuk dapat membidik makanan yang menyebabkan sakit kepala, catatlah dalam buku harian makanan ketika Anda mengalami sakit kepala, sehingga memudahkan Anda melihat makanan apa saja yang berpotensi menjadi pemicu sakit kepala. Bila Anda berpikir sudah tahu pemicunya, hindari dari diet Anda dan perhatikan apakah gejala tersebut menjadi ringan.

Marah
Telah menjadi salah satu penyebab terbesar dari anxiety dan depresi. Ini terjadi karena saat seseorang sedang marah, otot-otot cenderung tegang, termasuk di kulit kepala atau di bagian belakang leher Anda. Kontraksi berkepanjangan dari otot-otot akan menghasilkan tanda klasik dari sakit kepala tipe tegang. Ambil napas lebih dalam dari biasanya ketika itu terjadi; hirup dan tahan selama 3 sampai 5 detik benar-benar dapat membantu. Langkah ini menenangkan dan menghentikan otot bahu dan leher yang tegang dan dapat meringankan sakit kepala.


Haid
Sekitar 60% penderita migrain wanita mengalami migrain sebelum atau selama periode haid mereka. Itu adalah sakit kepala hormonal karena penurunan tingkat estrogen dalam tubuh. Banyak wanita mengkonsumsi obat migrain beberapa hari sebelum atau selama periode haid untuk mencegah jenis sakit kepala dari terjadi.

Hubungan Seks
Ini dikenal sebagai sakit kepala coital, dan itu umum pada pria. Sakit kepala ini terjadi sebelum orgasme dan disebabkan oleh aliran darah yang deras ke kepala. Minum banyak air dapat meringankan sakit kepala jenis ini.

Jogging di atas Treadmill
Sakit kepala bisa terjadi dalam hitungan detik dari mulai sesi latihan, tapi sebagian besar terjadi pada orang-orang yang rentan terhadap migrain. Biasanya terjadi karena otot-otot di kepala dan leher menjadi meradang dan menyebabkan tekanan berpusat di kepala. Hindari joging di atas treadmill sebagai yang pertama dalam daftar latihan dapat membantu menangani masalah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Pemicu Sakit Kepala Yang Tak Terduga

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

7 comments:

  1. wahh, keren banget pengetahuannya deh. saya alhamdulillaah jarang marah, jadi nggak kena yang jenis ini Mas, hehe

    ReplyDelete
  2. wahh ada yang sakit kepala pra orgasme segala ya Mas? bisa gitu ya?

    ReplyDelete
  3. hubungan sex katanya juga bisa buat obat sakit kepala, malah paling bikin pusing kalo nggak bisa hubungan :)

    kalo lagi bokek juga bisa bikin sakit kepala tiba2 :)

    ReplyDelete
  4. Pas haid makanya banyak wanita yang marah-marah trus sakit kepala ya, Bang :D

    ReplyDelete