Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, April 10, 2015

Apakah Minum Setelah Makan Baik Untuk Kesehatan?

Anda mungkin pernah mendengar nasihat tentang minum air bersama dengan makanan. Selama bertahun-tahun hal ini telah menjadi topik hangat perdebatan, sebagian orang mengatakan minum sebelum makan adalah hal baik, sebagian lainnya mengatakan lebih baik minum setelah makan. Sejujurnya, yang terpenting adalah bahwa Anda mendapatkan cukup cairan agar tidak dehidrasi, waktu juga penting, tapi sedikit.

Aturan terbaik adalah menjaga rasio 30 - 60 menit, minum air putih antara 30 menit dan 60 menit sebelum makan adalah baik untuk pencernaan dan kesehatan anda secara keseluruhan.

Anda harus tahu bahwa minum terlalu dekat dengan makan akan mengencerkan konsentrasi asam lambung Anda. Sebagian besar dari kita tidak menjaga rasio ini, kita minum air saat kita haus dan saat kita ingin meminumnya. Untuk mengatasi kebiasaan ini kita perlu mengetahui alasannya.


Kita sering melihat orang-orang minum air sambil menyantap makanan, dan dokter mengatakan bahwa hal itu tidak mengapa, tapi menurut filosofi yoga, Anda harus menghindari minum air bersama makanan untuk mencegah perut anda overload. Setengah isi perut harus diisi dengan makanan, seperempatnya diisi dengan air dan sisanya dibiarkan kosong. Jika anda sering merasa haus saat makan, biasakanlah minum air 30 menit sebelum menyantap makanan.

Banyak orang yang tidak bisa makan tanpa minum sesuatu, hal itu baik untuk membersihkan mulut anda dengan minum seteguk air. Perhatikan juga apa yang Anda makan jika ingin minum setelahnya, jika makan makanan panas, minuman hangat bisa menjadi pilihan tepat, jangan membuat kaget pencernaan anda dengan meneguk minuman dingin.

Minum air setelah makan bukan tidak baik, juga tidak menghambat pencernaan, tapi minum air putih 30 menit sebelum makan memiliki manfaat yang lebih baik.

Inilah beberapa manfaat dari minum air putih sebelum makan.

Minum segelas air putih sebelum makan dapat membantu anda meraih berat badan yang tepat dan kulit yang lebih sehat. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan dan nikmati hasilnya. Minum air putih sebelum makan membantu menurunkan berat badan anda karena dapat membuat perut anda terasa terisi penuh. Untuk kulit anda, minum air menjaga tubuh terhidrasi dan mencegah terjadinya kulit kering.

Minum air putih sebelum makan juga bermanfaat untuk pergerakan dan fleksibilitas. Hal ini membantu anda merasa energik sepanjang hari. Penelitian menunjukkan bahwa sedikit dehidrasi saja dapat menurunkan tingkat energi anda lebih rendah. Minum air sebelum makan membuat anda cukup terhidrasi. Air sangat penting bagi setiap bagian dari tubuh Anda agar dapat berfungsi dengan lancar.

Kesimpulannya, kapan waktu anda minum air tidak begitu penting, tapi yang paling penting adalah minum air yang cukup, tidak peduli anda memilih kapan meminumnya. Minum sebelum makan lebih efektif untuk membantu menurunkan berat badan, tetapi meneguk sepanjang hari juga memiliki manfaat yang pasti juga.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apakah Minum Setelah Makan Baik Untuk Kesehatan?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Sudah kebiasaan pak minum saat makan apalagi kalau makan tanpa sayur

    ReplyDelete
  2. kalau saya minum dulu baru makan. terus perut di bagi menjadi tiga bagian, sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum, dan sepertiga untuk nafas. kayaknya bisa sehat gan.

    ReplyDelete
  3. sekalinya minum juga filosofinya ya teh? kalo saya minum - makan - minum - makan - makan minum.

    ReplyDelete
  4. waduh, saya sering seperti ini sob, abisnya suka seret kalo makan

    ReplyDelete