Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, April 30, 2015

Hari Lupus Sedunia Tanggal 10 Mei

"Mei adalah bulan kesadaran untuk Lupus"

Lupus merupakan penyakit autoimun kronis yang berarti sistem kekebalan tubuh yang harusnya berfungsi sebagai pelindung tubuh mengalami kelainan. Tubuh tidak dapat membedakan antara benda asing yang harus dimusnahkan dengan jaringan tubuh sendiri yang bermanfaat untuk kelangsungan hidup. Akibatnya, yang diserang adalah jaringan tubuh sendiri dan menyebabkan kerusakan pada organ tubuh seperti pada paru-paru, darah, kulit, ginjal, otak, jantung, dan lainnya.

Prevalensinya penderita lupus (Odapus) di Indonesia, ada lima penderita tiap 100 ribu penduduk dan perempuan dua sampai tiga kali lebih mungkin untuk mengembangkannya.

Sekalipun jumlah penderita lupus di Indonesia terus meningkat tapi pemahaman masyarakat terhadap penyakit tersebut masih sangat minim. Masyarakat masih memahami lupus dengan pengetahuan yang sangat terbatas, karena memang jumlah penderita dan pemberitaan tidak sedahsyat HIV/AIDS. Ada juga yang berpendapat lupus adalah penyakit menular sehingga penderita harus dihindari sehingga Odapus harus diasingkan.

Dalam rangka bulan kesadaran lupus dan hari lupus sedunia yang diperingati tanggal 10 Mei setiap tahunnya, mari kita belajar lebih banyak tentang lupus dan mendiskusikan apa yang dapat dilakukan untuk melawannya. Simak penjelasan tentang lupus melalui video berikut ini.

My Name is Lupus - Penjelasan Tentang Lupus Erythematosis

[Video courtesy of Syamsi Dhuha Foundation]

Optimisme Odapus Dian Syarief - Inspirasi

[Video courtesy of Liputan6]

Waspadai Penyakit Lupus

[Video courtesy of AntaraTV]

Liputan Tentang Penyakit Lupus

[Video courtesy of ZakatTV]

Lupus? Harapan tidak pupus, Mari berkarya terus. #WorldLupusDay

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hari Lupus Sedunia Tanggal 10 Mei

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment