Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, June 14, 2015

10 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak suka jerukyang lezat sebagai camilan? Buah ini populer di kalangan atlet karena mudah dimakan dan memberi tambahan energi. Makan satu atau dua buah jeruk setiap hari juga dapat memberi efek dorongan energi bagi kita. Berikut ini adalah sepuluh manfaat jeruk untuk kesehatan:

#1 - Manfaat Jeruk Untuk Jantung Sehat

Jeruk merupakan sumber yang baik untuk potassium, mineral penting untuk kesehatan jantung. Diet yang mengandung makanan yang kaya potasium dan rendah sodium dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke. Jeruk juga kaya akan folat, yang membantu mencegah penyakit jantung. Flavonoid penting yang terkandung dalam jeruk adalah hesperidin, yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

#2 - Manfaat Jeruk Untuk Penyakit Kanker

Konsumsi jeruk atau jus jeruk dapat melindungi tubuh terhadap kanker. Selain itu, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang tinggi vitamin C telah dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker.

#3 - Manfaat Jeruk Untuk Kolesterol

Pektin dalam jeruk telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Hesperidin juga telah terbukti dapat menurunkan kolesterol pada hewan.

#4 - Manfaat Jeruk Untuk Pilek

Jeruk kaya akan vitamin C, dan terlepas dari mitos populer bahwa vitamin C mampu menyembuhkan flu/pilek biasa, karena bukti ilmiah tidak mendukung gagasan tersebut. Namun ada bukti pendukung bahwa vitamin C dapat mencegah pilek pada atlet.

#5 - Manfaat Jeruk Untuk Menurunkan Berat Badan

Serat pada lapisan putih jeruk dapat menekan rasa lapar selama 4 jam setelah dikonsumsi. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan seperti jeruk memiliki kecenderungan untuk makan lebih sedikit saat jam makan berikutnya dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan ringan seperti keripik, snack, biskuit, permen atau pencuci mulut.

#6 - Manfaat Jeruk Untuk Batu Ginjal

Sitrat diperlukan untuk menghentikan pembentukan batu ginjal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa jus jeruk meningkatkan kadar sitrat pada urin.

#7 - Manfaat Jeruk Untuk Tukak Lambung

Makan sebuah sejuk atau minum segelas jus jeruk setiap hari dapat membantu mencegah tukak lambung. Berdasarkan penelitian, kadar vitamin C yang tinggi dapat mengurangi terjadinya infeksi Helicobacter Pylori hingga 25%. H. pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan tukak lambung.

#8 - Manfaat Jeruk Untuk Rheumatoid Arthritis

Jeruk mengandung antioksidan yang disebut β-cryptoxanthin, ada penelitian yang menunjukkan bahwa antioksidan tersebut dapat memperlambat perkembangan arthritis atau radang sendi.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa asupan buah dan vitamin C yang rendah berhubungan dengan peningkatan risiko inflamasi poliartritis.

#9 - Manfaat Jeruk Untuk Mata Yang Sehat

Antioksidan vitamin C yang ditemukan dalam jeruk sangat penting untuk kesehatan mata. Para ilmuwan melaporkan bahwa vitamin C dapat membantu memperlambat perkembangan degenerasi makula di usia senja dan mengurangi risiko katarak.

#10 - Manfaat Jeruk Untuk Diabetes

Karena vitamin C dan kandungan serat larutnya, jeruk dan jenis jeruk lainnya telah terdaftar oleh American Diabetes sebagai superfood untuk diabetes.

Nutrisi Pada Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang baik, satu buah jeruk menyediakan hampir 100% dari kebutuhan asupan vitamin C sehari-hari. Jeruk juga merupakan sumber serat makan dan sumber yang baik dari pektin, karoten, kalium, vitamin B dan asam folat.


*Referensi: PMID: 17699358, PMID: 21068346, PMID: 15964022, DOI: 10.1080/01635581.2013.817594, PMID: 12897042, PMID: PMC1755070

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Jeruk Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment