Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, June 5, 2015

10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Pisang merupakan sumber yang baik untuk potasium dan vitamin B6. Keduanya adalah sumber yang baik untuk serat, magnesium, biotin, riboflavin, karbohidrat dan vitamin C.

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Berikut 10 manfaat yang bisa didapatkan dari buah berkulit kuning ini.

#1 - Manfaat Pisang Untuk Kram Otot

Rendahnya kadar potasium diketahui meningkatkan risiko kram otot, dan pisang merupakan sumber potasium yang baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi pisang satu jam sebelum berolahraga menjaga kadar potasium lebih tinggi setelah berolahraga.

#2 - Manfaat Pisang Untuk Tekanan Darah

Pisang kaya akan nutrisi, terutama potasium. Mengkonsumsi makanan yang kaya potasium seperti pisang dalam menurunkan tekanan darah telah diteliti dengan baik.

Sebuah pisang memiliki kandungan 400 miligram potasium, yang membantu mengelola fungsi jantung dan menjaga keseimbangan cairan. Ini merupakan faktor penting dalam pengelolaan tekanan darah.

#3 - Manfaat Pisang Untuk Asma

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa banyak mengkonsumsi pisang dapat membantu melawan mengi atau nafas bunyi pada anak dengan asma.

#4 - Manfaat Pisang Untuk Diare

Dalam sebuah studi, 3 kelompok anak yang menderita diare diuji. Kelompok 1 diobati dengan diet yang mencakup pisang. Kelompok 2 diobati dengan pektin. Kelompok 3 diobati dengan nasi. Kelompok yang diuji dengan pisang pulih dalam waktu 4 hari.

#5 - Manfaat Pisang Untuk Depresi

Pisang dianggap sebagai makanan yang meningkatkan suasana hati, karena pisang mengandung tryptophan, asam amino esensial yang diubah menjadi 5-HTP, yang kemudian diubah menjadi serotonin, neurotransmitter pada otak yang meningkatkan suasana hati.

#6 - Manfaat Pisang Untuk Tukak lambung

Karena tingginya kandungan serat larut pektin dalam pisang, pisang sangat baik untuk saluran pencernaan. Pektin dapat membantu menormalkan fungsi usus dan telah menunjukkan harapan untuk mengobati tukak lambung. Pektin mengandung senyawa yang disebut protease inhibitors yang membantu menghilangkan bakteri berbahaya seperti H. Pylori, yang bertanggung jawab pada sebagian besar penyakit tukak lambung atau sakit maag.

#7 - Manfaat Pisang Untuk Mata

Pisang merupakan sumber vitamin A, yang mempromosikan penglihatan yang baik, terutama dalam cahaya rendah.

#8 - Manfaat Pisang Untuk Mencegah Kanker Ginjal

Para peneliti telah mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi pisang 4 sampai 6 kali seminggu memiliki risiko terkena kanker ginjal 50% lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak makan pisang.

#9 - Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tulang

Pisang mengandung fructooligosaccharides, yang membantu meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium, mineral penting untuk kesehatan tulang.

#10 - Manfaat Pisang Untuk Menurunkan Berat Badan

Meskipun tinggi kalori, pisang dapat mengekang keinginan di antara jam makan Anda dengan membantu mengontrol kadar gula darah.


*Referensi: PMID: 17301090, PMID: 23182013, PMCID: PMC2077351, PMID: 22616015, PMID: 20119826

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. mas pisang yang buat mencegah kanker katanya yang ada bintik di kulitnya yah?

    ReplyDelete
  2. pohon pisang dari akar sampai daun semuanya bermanfaat ya mas, apalagi buahnya kaya kalium seperti mas cipto sering sebutkan yah.. trims info barunya ya..

    ReplyDelete