Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, June 2, 2015

Diet Tinggi Serat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Diet tinggi serat selama masa dewasa dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seumur hidup.

Penelitian mengungkapkan bahwa diet tinggi serat dapat menjadi perubahan gaya gidup yang penting untuk jantung sehat yang dapat dimulai sejak usia muda atau paruh baya. Studi ini menemukan bahwa individu berusia 20-59 tahun yang menerima asupan serat tinggi diperkirakan memiliki risiko rendah terkena penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang menerima asupan serat yang rendah.

Diet tinggi serat diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol, dan menyehatkan tekanan darah. Berat badan, kolesterol, dan tekanan darah merupakan penentu utama dari penyakit kardiovaskular jangka panjang.

Rekomendari diet tinggi serat dari American Heart Association adalah 25 gram serat atau lebih per hari. Asupan serat ini harus didapat dari makanan utuh, bukan dari makanan ringan, minuman dan suplemen. Makanan olahan mungkin juga tinggi serat, tapi biasanya juga mengandung sodium dan kalori yang cukup tinggi.

Tekanan darah, diet, total kolesterol, riwayat diabetes, dan status merokok dari peserta penelitian juga dipertimbangkan, dan kemudian sebuah formula digunakan untuk memprediksi kemungkinan penyakit kardiovaskular seumur hidup.

Peserta berusia 20 - 39 tahun dan 40 - 59 tahun dengan asupan serat yang tinggi menunjukkan risiko yang secara signifikan lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular sepajang hidupnya, dibandingkan dengan peserta dengan asupan rendah serat.

Pada peserta berusia 60 - 79 tahun, asupan serat tidak secara siginfikan berkaitan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Ada kemungkinan bahwa asupan jangka panjang diperlukan untuk memperoleh manfaat dari serat makanan ini, dan orang yang lebih tua bisa mengembangkan risiko penyakit jantung sebelum mereka memulai diet tinggi serat.


Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa memulai diet tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung kronis.

*Referensi: DOI: 10.1016/j.amjcard.2013.09.020

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Diet Tinggi Serat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. contoh diet tinggi serat dengan mengkonsumsi apa yah mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata buah-buahan dan sayuran punya banyak serat.

      Delete