Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, July 21, 2015

Gejala Dan Tahapan Kanker Paru

Kanker paru adalah salah satu jenis kanker paling mematikan di dunia, tapi juga merupakan salah satu kanker paling mudah dicegah. Kenali tanda dan gejala kanker paru dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risikonya.

Kanker paru biasanya dimulai dengan batuk dan napas pendek, diikuti dengan nyeri dada. Tanda dan gejala lainnya akan datang lebih banyak. Setiap tahun, kanker paru membunuh sekitar 1,3 juta jiwa, yang membuatnya menjadi kanker yang paling sering mengakibatkan kematian (Lung Cancer Research Foundation, 2012). Ada dua jenis utama (non-sel-kecil dan karsinoma sel kecil) dan beberapa jenis kanker paru, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda.

Dari gejala awal sampai stadiu 4 karsinoma bronchioloalveolar, artikel berikut ini memberi penjelasan lengkap tentang penyebab, gejala, jenis, dan tahapan kanker paru.

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Paru

Cara paling mudah untuk terkena kanker paru adalah merokok. Bahkan perokok pasif juga meningkatkan risikonya. Bersamaan dengan riwayat keluarga, risiko lain yang memungkinkan pengembangan kanker paru mencakup:
  • polusi udara yang tinggi
  • arsenik dalam air minum
  • gas radon
  • asbes
  • paparan bahan kimia penyebab kanker, seperti: uranium, batubara, bensin, dan asap buangan diesel.


Gejala Kanker Paru

Bagi perokok, batuk biasanya dianggap hanya batuk biasa. Jika batuk berlangsung jangka panjang dan terdapat pendarahan, biasanya ini merupakan tanda serius. Mengi atau bunyi "ngik" ketika bernapas, sesak napas, dan nyeri dada juga merupakan gejala yang sering diabaikan dari kanker paru.

Tanda-tanda lainnya mencakup kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, kelemahan, keletihan, kesulitan menelan, suara serak, nyeri sendi, kelumpuhan wajah, kelopak mata terkulai, atau nyeri tulang. Beberapa gejala mungkin dianggap kurang serius, jadi penting untuk bicara dengan dokter jika Anda mengalami beberapa gejala kanker paru di atas.

Kanker Paru Karsinoma Non-Sel-Kecil

Kanker paru karsinoma non-sel-kecil adalah bentuk kanker paru yang paling sering terjadi, yang dibagi menjadi tiga kategori:

Skuamosa: Tipe ini biasanya dimulai di dekat bronkus pusat, di mana rongga berlubang dan nekrosis (kematian sel) terbentuk di tengah tumor.
Adenokarsinoma: Tipe ini adalah bentuk paling umum dari kanker paru-paru pada orang yang bukan perokok. Sel-sel kanker berdampak pada jaringan paru-paru perifer. Subtipe, karsinoma Bronchioloalveolar, adalah jenis yang paling umum yang ditemukan pada wanita yang tidak pernah merokok.
Karsinoma Sel-Besar: Tipe ini tumbuh dan menyebar cepat di setiap bagian dari paru-paru, membuat pengobatannya sulit.

Kanker Paru Sel Kecil

Karsinoma sel kecil terbentuk di dalam saluran napas besar dan sangat berkaitan dengan kebiasaan merokok. Sementara kanker paru tipe ini kurang umum, ia membawa prognosis yang lebih buruk karena biasanya metastasis (menyebar ke organ lain) pada saat terdeteksi. Metastasis dijelaskan di bawah ini.

Metastatis

Metastatis adalah penyebaran kanker dari situs awalnya, kemudian menyebar ke organ lain. Alasan mengapa kanker paru-paru sangat mematikan dan sulit diobati adalah, metastasis dimulai dari awal setelah kanker terbentuk. Situs umum untuk metastasis kanker paru-paru adalah kelenjar adrenal, hati, otak, dan tulang. Paru-paru juga merupakan situs umum di mana kanker metastatik lainnya bisa mendarat.


Tahapan Kanker Paru

Kanker paru-paru menggunakan skala klasifikasi TNM, yang menunjukkan beberapa karakteristik. Angka yang lebih besar berarti tumor lebih lanjut (National Cancer Institute, 2012).

Skala pementasan lebih umum menggunakan angka Romawi:

Stadium 0 : Kanker hanya hadir di dalam sel-sel di mana ia terbentuk.
Stadium I : Kanker telah tumbuh tetapi belum menyebar.
Stadium II, III : Sementara masih lokal di tempat asalnya, kanker mulai menyebar dan mungkin mempengaruhi organ-organ lain di dekatnya.
Stadium IV : Kanker telah sepenuhnya menjalar dan menyebar ke organ lain di seluruh tubuh.

*Rekomendasi: Apa sebenarnya arti dari stadium kanker?

Kanker paru-paru dapat mematikan tetapi Anda dapat membantu mencegahnya. Cara termudah untuk mengurangi risiko kanker paru adalah berhenti merokok dan langsung mulai merasakan manfaatnya. Dalam beberapa menit, tubuh Anda akan mulai memulihkan diri.

Seiring dengan diet yang baik, olahraga, dan pilihan sehat lainnya, mencari informasi tentang risiko kanker paru-paru dan kanker lainnya adalah kunci untuk pencegahan.
sumber
*Rekomendasi: Mari hidup sehat tanpa rokok!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gejala Dan Tahapan Kanker Paru

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. bener tuh kang batubara, debu batubara salah satu penyebabnya. kalo sudah kangngker ihhh ngeri. gunakan masker untuk mengurangi paparan debu.
    brarti stop roko ya kang

    ReplyDelete
  2. serem juga yah merokok itu, tapi sulit juga sih mas buat berhenti merokok..
    mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus di niatkan dulu kang. ia ya saya juga mau ngucapin ah mohon maaf lahir dan batin

      Delete
  3. adoohhh jadi ngeri kalau merokok begini. kemarin ada kawan juga yang parunya bocor...akhirnya susah sendiri di rumah sakit....ok makasih mas infonya. #mengerikan

    ReplyDelete