Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, September 15, 2015

Orang Dengan Risiko Sakit Jantung Harus Daftar BPJS Kesehatan?

Kenapa orang dengan usia di atas 40 tahun harus daftar JKN BPJS Kesehatan disaat sehat?

Usia di atas 40 tahun termasuk dalam faktor risiko penyakit jantung koroner, faktor risiko lain diantaranya adalah riwayat keluarga, kebiasaan merokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gaya hidup kurang gerak, kegemukan, diabetes, stress dan kemarahan, minum alkohol.

Ada sebuah pesan berupa nasehat yang ditulis oleh dokter spesialis jantung, dr Hananto Andriantoro (Direktur Utama RS Jantung Harapan Kita) dalam akun facebooknya beberapa bulan lalu. Sangat penting!

Berikut kutipan lengkapnya:

"Kepada semua teman yg saya mohon membaca posting saya sampai selesai. Saya menganjurkan untuk menjadi peserta BPJS saat masih sehat terutama laki laki dewasa usia diatas 40 tahun dengan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Hal ini dikarenakan ada peraturan dari BPJS yg tidak pernah dikonsultasikan pada Rumah sakit bahwa kartu BPJS mulai berlaku 1 satu minggu setelah mendaftar menjadi peserta BPJS. Akibatnya banyak penderita serangan jantung akut tidak bisa dibayar BPJS jika mereka belum menjadi peserta BPJS.

Penanganan serangan jantung akut justru dilakukan pada jam jam pertama serangan, jika tidak tertangani akan berakibat buruk. Penanganan pada jam jam pertama serangan tidak bisa dibayar BPJS krn peraturan baru jika pasein tersebut belum menjadi peserta BPJS dan jika baru mendaftar saat serangan BPJS bisa membayar 1 minggu kemudian, sehingga penanganan pada jam jam pertama serangan tidak bisa dibayar BPJS.

Tolong di share informasi ini kepada siapa saja yg membaca postingan saya ini saudara akan membantu teman dan saudara kita jika terkena serangan jantung akut terima kasih."

Orang dengan risiko sakit jantung wajib daftar BPJS Kesehatan

*Ralat: Sekarang masa aktif kartu BPJS Kesehatan naik jadi 14 hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Orang Dengan Risiko Sakit Jantung Harus Daftar BPJS Kesehatan?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. ia harus dari sekarang daftar jgn nunggu pas udah kejadian baru daftar.

    ReplyDelete