Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, September 22, 2015

Pantangan Makanan Untuk Penderita Ginjal

Pantangan makanan untuk penderita ginjal umumnya adalah menghindari berbagai makanan yang banyak mengandung kalium. Tapi ada pantangan makanan penyakit ginjal yang tidak kalah pentingnya, yaitu harus menghindari makanan yang kaya akan fosfat. Jadi, yang dilarang penderita ginjal adalah kalium dan fosfat.

Kalium adalah mineral yang ditemukan di sebagian besar makanan yang kita makan dan diperlukan dalam diet karena membantu dengan gerakan otot dan menjaga sistem saraf yang sehat. Hal ini juga membantu menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh. Jumlah kalium dalam darah dikontrol oleh ginjal. Untuk orang dengan penyakit ginjal kronis, kadar kalium dapat meningkat hingga tinggi dalam darah. Ini disebut hiperkalemia dan bisa berbahaya bagi jantung.

Fosfat juga merupakan mineral yang kita dapatkan dari makan makanan tertentu. Fosfat membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Hal ini juga membantu mengubah makanan menjadi energi dan membantu dengan metabolisme. Ginjal biasanya melepaskan fosfat ekstra ke dalam urin, namun, penyakit ginjal kronis dapat mencegah tubuh dari menyingkirkan ekstra dan penumpukan menyebabkan masalah dengan tulang dan jantung.

Kenapa Kalium dan Fosfat Jadi Pantangan Makanan Untuk Penderita Penyakit Ginjal Kronis?

Makanan kaya kalium terbatas bagi mereka pada hemodialisis karena kalium membangun antara perawatan dialisis dan dapat menyebabkan masalah seperti kelemahan, kram otot, kelelahan, detak jantung tidak teratur, dan terburuk dari semua, serangan jantung (sesak bukan karena kalium, tapi ada air dalam tubuh kita).

Kalium kebanyakan ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan produk susu. Buah-buahan dan sayuran tertentu yang sangat tinggi kalium sementara yang lain lebih rendah. Namun, makan sejumlah besar makanan rendah kalium dapat menyebabkan kalium menambahkan hingga ke tingkat berbahaya. Sadarilah bahwa sebagian besar makanan mengandung beberapa kalium - daging, unggas, roti, pasta - sehingga dapat bertambah. Mentega, margarin dan minyak adalah satu-satunya makanan yang bebas kalium.

Makanan tinggi fosfat terbatas bagi mereka dengan penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis (GGK) karena hemodialisis menghilangkan hanya sejumlah kecil fosfat dari darah. Kecuali jumlah fosfat dalam diet terbatas, dan obat-obatan yang disebut pengikat fosfat yang diminum secara teratur, kadar fosfat bisa terlalu tinggi.

Hal ini dapat meningkatkan risiko terkena komplikasi seperti gatal, tulang lemah dan tulang rapuh dan pengendapan kalsium di pembuluh darah dan organ termasuk jantung dan paru-paru (sangat fatal). Fosfat ditemukan dalam hampir semua makanan meskipun makanan tinggi protein, produk susu, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang kering dan kacang polong, coklat, cola dan makanan gandum mengandung jumlah tertinggi.

Siapa pun yang pernah mencoba untuk membatasi jumlah fosfat yang mereka makan akan memberitahu Anda bahwa hampir setiap makanan memiliki fosfat. Mengetahui apa yang harus makan dan berapa banyak adalah kunci untuk menjaga kadar fosfat dalam jangka waktu yang baik.

Fakta nutrisi pada label makanan sering tidak memberikan informasi tentang fosfat. Karena tidak tertulis tidak berarti makanan fosfat gratis. Karena label makanan tidak menulis, berbicara dengan seorang ahli diet ginjal atau menggunakan panduan referensi gizi akan membantu Anda mempelajari kandungan fosfat dari kebanyakan makanan. (intinya: kebanyakan makanan/minuman yang dikemas mengandung fosfat, jauhi)

Buah dan sayur umumnya kaya kalium

Penjelasan Sederhana Tentang Sumber Kalium dan Fosfat

Pasien hemodialisis baru, serta mereka yang telah di-hemodialisis selama bertahun-tahun, kadang-kadang memiliki masalah mengingat yang makanan mengandung kalium dan mana yang memiliki fosfat. Sebagian dari masalah adalah bahwa beberapa makanan yang tinggi di kedua kalium dan fosfat. Ini makanan yang disebut "double jeopardy"(mengandung fosfat dan kalium), dapat membuat lebih membingungkan.

Makanan kalium paling tinggi berasal dari tanaman. Buah-buahan dan sayuran cenderung menjadi sumber kalium yang tinggi.

Makanan fosfat tinggi terutama dari hewan. Makanan tinggi protein, seperti daging, bersama dengan kacang kering dan kacang polong cenderung tinggi fosfat.

Makanan double jeopardy yang tinggi di kedua kalium dan fosfat termasuk makanan susu, kacang-kacangan, biji-bijian, coklat dan makanan gandum.

KALIUM FOSFATKALIUM dan FOSFAT
BuahDagingSusu
SayurUnggasProduk susu
Ikan dan seafoodKacang-kacangan dan biji-bijian
Daging buruan (rusa,babi hutan,dll)Coklat
Telur (kuning)Produk gandum
Kacang kering dan polong

Tambahan Info Tentang Fosfat

Makanan, seperti daging dan cola, telah ditambahkan fosfat dalam pengolahan. Fosfat sering digunakan sebagai pengawet atau sebagai bahan dalam makanan olahan. Untuk itu Anda harus membaca label makanan dengan hati-hati dan mencari kata-kata yang berarti fosfat di bagian bahan seperti yang berikut:
  • asam fosfat
  • fosfat dikalsium
  • monocalcium fosfat
  • pirofosfat
  • hexametaphosphate
  • polifosfat
  • natrium fosfat

Beberapa makanan sumber fosfat

Bahan-bahan yang digunakan sebagai pengawet dapat lebih mudah diserap tubuh dibandingkan fosfat dari sumber makanan alami. Itulah mengapa penting untuk menghindari makanan dengan bahan-bahan tersebut.

Bicaralah dengan dokter Anda tentang diet Anda dan meminta saran nya tentang mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium dan fosfat. Ahli diet ginjal Anda tersedia untuk membantu Anda belajar tentang makanan yang memiliki kalium dan fosfat, dan akan meninjau hasil lab Anda dengan Anda sehingga Anda tahu berapa banyak Anda bisa makan dan tetap sehat. Pastikan untuk meminta dokter Anda dan ahli gizi untuk bantuan.

Tips Rendah Fosfor Makanan Untuk Penyakit Ginjal

Para ahli diet ginjal secara khusus dilatih untuk membantu pasien ginjal membuat pilihan makanan terbaik. Setiap pasien akan diberikan bimbingan individual, dengan mempertimbangkan hasil lab mereka, kondisi medis dan preferensi makanan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter tentang situasi Anda.

Berikut adalah beberapa tips umum untuk mengurangi asupan fosfor Anda.
  • Daripada susu, gunakan pengganti seperti creamer non-susu, susu beras (unenriched) atau susu kedelai. Karena beberapa creamer non-susu dan susu kedelai yang tinggi fosfor, periksa dengan ahli diet ginjal untuk daftar nama merek produk dapat diterima.
  • Daripada keju, gunakan krim keju atau krim asam.
  • Daripada cola pilihlah krim soda, lemon-lime soda, anggur soda, limun buatan sendiri, es teh buatan sendiri atau root beer.
  • Daripada es krim gunakan gelatin, es loli ®, serbat atau sorbet (ingat untuk dihitung sebagai cairan).
  • Daripada coklat atau kacang-kacangan gunakan jellybeans, fondant, gumdrops, permen, popcorn tawar atau tawar pretzel.
  • Daripada chocolate cookies atau kue gunakan kue gula, kue kue, wafer vanili atau vanili, lemon atau malaikat makanan kue.
  • Daripada cokelat panas atau kakao gunakan sari apel atau jus cranberry dibumbui panas.
  • Daripada oat atau sereal gandum gunakan sereal yang terbuat dari jagung, gandum atau nasi halus.
  • Daripada roti gandum gunakan roti putih.
  • Daripada menggunakan selai kacang gunakanlah selai, jelly, madu, keju krim margarin atau mentega.
  • Daripada kacang kering atau kacang polong gunakan kacang hijau atau kacang lilin.
  • Daripada beras merah gunakan nasi putih, pasta, makaroni, bubur jagung atau couscous dibumbui dengan margarin dan bumbu.
  • Daripada daging olahan, ikan dan unggas gunakan item beku segar atau fresh.

Kesimpulan: Pantangan makanan untuk penderita ginjal (penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis) adalah dengan mengurangi asupan kalium dan fosfat.

Sumber :
1. http://www.davita.com/kidney-disease/diet-and-nutrition/diet%20basics/potassium,-phosphorus-and-the-dialysis-diet/e/5309
2. http://www.davita.com/kidney-disease/diet-and-nutrition/diet-basics/phosphorus-and-chronic-kidney-disease/e/5306
3. Personal opinion (Iv An Aw)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pantangan Makanan Untuk Penderita Ginjal

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. Apakah mengkonsumsi beras merah tidak baik untuk penderita ginjal ya pak sucipto??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya apapun boleh asal tahu batasan kalium dan fosfat. Masalahnya untuk mengetahui batas itu yang susah. Jadi sebisa mungkin harus mengurangi asupan kalium dan fosfat. Beras merah fosfornya lebih tinggi dari beras putih.

      Delete
    2. oke terimakasih atas penjelasannya

      Delete
  2. sepertinya mencegah lebih baik dari mengobati

    ReplyDelete