Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, November 6, 2019

Inilah Tanda dan Gejala Kanker, Anda Punya Kanker?

Kanker dapat menyebabkan banyak jenis tanda dan gejala.

Tanda merupakan sesuatu yang bisa dilihat orang lain, misalnya demam, muntah, atau napas cepat. Sementara gejala hanya dapat dirasakan oleh orang yang mengalami kondisi tersebut. Misalnya, kelemahan. kelelahan, dan rasa sakit. (1)

Anda mungkin dapat mengalami tanda dan gejala kanker yang merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda. Dengan mengenali indikator ini dapat mengarah pada diagnosis yang lebih awal dan kemungkinan hasil yang lebih baik.

Bagaimana Kanker Bisa Menimbulkan Tanda dan Gejala?

Saat kanker tumbuh, ia dapat mendorong organ, saraf, dan pembuluh darah di sekitarnya, yang dapat menimbulkan tanda dan gejala. Bahkan tumor terkecil dapat menyebabkan gejala pada organ tertentu, seperti otak.

Jika kanker Anda menyebar, atau bermetastasis, Anda mungkin melihat tanda atau gejala pada berbagai bagian tubuh Anda.

Sebab lain yang mungkin menimbulkan gejala adalah sel-sel kanker menghabiskan banyak pasokan energi tubuh Anda. Sehingga menyebabkan perubahan cara kerja sistem kekebalan tubuh Anda. (1)

Beberapa Tanda dan Gejala Kanker Yang Umumnya Dijumpai

Meskipun setiap kasus berbeda, beberapa tanda umum dan gejala kanker meliputi:

Penurunan berat badan Penurunan berat badan 5 kilogram atau lebih yang tidak dapat dijelaskan mungkin merupakan salah satu tanda pertama kanker. Penurunan berat badan sering terjadi pada orang yang menderita kanker pankreas, lambung, kerongkongan, atau paru-paru, tetapi dapat terjadi pada semua jenis kanker. (1,2)

Demam Demam sering muncul jika kanker telah menyebar. Berkeringat di malam hari sering menyertai demam. Hampir semua penderita kanker akan mengalami demam di beberapa titik. (1,2)

Kelelahan Merasa sangat lelah bisa menjadi gejala kanker di tubuh Anda. (1,2)

Benjolan Benjolan atau penebalan kulit bisa menjadi tanda awal atau akhir dari kanker. Orang dengan kanker di payudara, kelenjar getah bening, jaringan lunak, dan testis biasanya memiliki benjolan. (1,2)

Perubahan kulit Menguning, gelap, atau kemerahan pada kulit dapat menandakan kanker. Juga, luka yang tidak sembuh harus diperiksa. Selain itu, tahi lalat, bintik-bintik, atau kutil yang berubah warna, bentuk, atau ukuran bisa menjadi tanda kanker kulit. (1,2)

Rasa Sakit Rasa sakit atau nyeri terjadi karena kanker telah menyebar di tubuh Anda. Tetapi rasa sakit mungkin merupakan gejala awal dari kanker tulang atau kanker testis. Nyeri punggung sering terjadi pada orang dengan kanker kolorektal, kanker pankreas, atau kanker ovarium. Mereka yang memiliki tumor otak sering mengeluh sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. (1,2)

Perubahan fungsi usus atau kandung kemih Sembelit, diare, dan masalah usus lainnya mungkin merupakan tanda kanker kolorektal. Orang dengan kanker kandung kemih dan kanker prostat dapat melaporkan rasa sakit saat buang air kecil, darah dalam urin, atau perubahan fungsi kandung kemih lainnya. (1,2)

Batuk atau suara serak Batuk yang tidak kunjung sembuh atau suara serak mungkin merupakan tanda kanker paru-paru, kanker laring, atau kanker tiroid. (1,2)

Gangguan pencernaan Gangguan pencernaan atau kesulitan menelan bisa menjadi tanda kanker perut, kerongkongan, atau tenggorokan. (1,2)

Pendarahan Pendarahan yang tidak biasa berkaitan dengan banyak jenis kanker yang berbeda. Batuk darah dapat menandakan kanker paru-paru. Kotoran berdarah bisa menjadi tanda kanker usus besar atau dubur. Wanita dengan kanker serviks atau endometrium dapat mengalami perdarahan vagina yang abnormal. Darah dalam urin bisa berarti Anda menderita kanker kandung kemih atau ginjal. Keputihan berdarah dari puting wanita mungkin mengindikasikan kanker payudara. (1,2)

Perubahan di mulut Anda Bercak putih di dalam mulut atau lidah bisa jadi pemicu yang bisa berubah menjadi kanker mulut. Luka, pendarahan, atau mati rasa di mulut juga bisa menjadi tanda kanker tertentu. (1,2)

Pembengkakan kelenjar getah bening Terkadang, pembesaran kelenjar getah bening bisa menandakan kanker. Anda harus meminta dokter memeriksanya jika kelenjar Anda membengkak selama tiga hingga empat minggu. (1,2)

Kehabisan nafas Terus-menerus merasa kehabisan napas mungkin merupakan tanda kanker tertentu. (1,2)

Kembung Perasaan kenyang yang tidak nyaman dan konstan yang berlangsung setiap hari selama berminggu-minggu bisa menjadi tanda kanker ovarium. (3)

Anemia Beberapa kanker, termasuk leukemia dan limfoma, dapat menyebabkan anemia (jumlah sel darah merah rendah). Tingkat abnormal ini muncul pada tes darah. Memiliki anemia dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah. (4)

Pada sebagian besar kasus, gejala-gejala di atas tidak disebabkan oleh kanker. Tumor jinak atau masalah lain mungkin penyebabnya. Tetapi Anda tidak seharusnya mengabaikan gejala yang persisten, parah, atau tidak kunjung hilang.


Petunjuk bahwa kanker Anda telah menyebar

Gejala mungkin berbeda atau lebih hebat jika kanker Anda telah menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda.

Berikut adalah beberapa gejala umum kanker yang telah menyebar:

Metastasis tulang Kanker yang telah menyebar ke tulang dapat menyebabkan nyeri sendi atau patah tulang.

Metastasis hati Jika penyakit Anda telah menginvasi hati Anda, Anda mungkin mengalami penyakit kuning dan pembengkakan di perut Anda.

Metastasis otak Ketika kanker menyebar ke otak, gejalanya mungkin termasuk sakit kepala, kesulitan bicara, penglihatan kabur, atau pusing.

Metastasis paru-paru Kanker yang telah menyebar ke paru-paru dapat memicu sesak napas atau batuk terus-menerus. (5)

Bisakah Kanker Menaikkan Berat Badan?

Sementara penurunan berat badan adalah gejala kanker yang lebih umum, beberapa orang justru mengalami kenaikan berat badan.

Studi menunjukkan lebih dari setengah wanita dengan kanker payudara menambah berat badan selama perawatan, dan kelebihan berat badan itu terkait dengan hasil yang lebih buruk. (6)

Kelebihan berat badan mungkin merupakan efek samping dari obat-obatan seperti steroid atau hormon. Juga, obat kemo tertentu dapat menyebabkan Anda mempertahankan cairan tambahan, yang dikenal sebagai edema. Ini bisa menambah berat badan Anda.

Atau, Anda mungkin makan lebih banyak karena Anda cemas atau berusaha memperbaiki gejala mual. Efek samping umum steroid - diberikan untuk mencegah mual dan reaksi alergi yang datang dengan banyak kemoterapi - meningkatkan nafsu makan. Selain itu, banyak orang dengan kanker memperhatikan bahwa tingkat energi mereka turun, yang dapat menyebabkan tidak aktif dan kenaikan berat badan. (7)

Bisakah Kanker Mempengaruhi Tekanan Darah?

Beberapa obat kanker, seperti obat anti-VEGF, dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Perawatan ini membantu memblokir pasokan aliran darah ke tumor, tetapi ia juga dapat mempengaruhi pembuluh darah lain di dalam tubuh, yang dapat meningkatkan tekanan darah. (8)

Juga, tekanan darah tinggi mungkin merupakan tanda kanker tertentu, seperti kanker adrenal. (9)

Perawatan lain, seperti kemoterapi dan obat-obatan tertentu yang ditargetkan, dapat menyebabkan tekanan darah rendah. (10)

Bisakah Kanker Menyebabkan Gumpalan Darah?

Penderita kanker memiliki risiko lebih besar terkena trombosis vena dalam (DVT; gumpalan darah yang terbentuk di vena dalam). Banyak kanker mengeluarkan zat ke dalam darah yang membuat darah "lebih tebal" dan lebih cenderung membentuk gumpalan. Banyak obat kemo juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk DVT. (11)

Mengapa Kanker Menyebabkan Sakit Punggung?

Sebagian besar kasus sakit punggung bukan disebabkan oleh kanker, tetapi sakit punggung bisa menjadi indikator.

Nyeri punggung adalah gejala dari banyak jenis kanker, termasuk kanker tulang primer dan kanker yang telah bermetastasis dari payudara, usus besar, testis, atau paru-paru.

Biasanya, tumor memberi tekanan pada tulang belakang dan memengaruhi saraf di sekitarnya, yang menyebabkan rasa sakit. (12)

Mengapa Memperhatikan Gejala Kanker Adalah Penting

Mengidentifikasi gejala dapat membantu Anda dan dokter mendeteksi kanker Anda lebih awal. Ini penting karena semakin cepat kanker ditemukan, semakin baik prognosis Anda. (13)

Misalnya, melanoma dapat diobati secara efektif jika terlihat lebih awal. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun adalah sekitar 98 persen jika kanker belum tumbuh jauh ke dalam kulit. (14)

Sementara kemungkinan besar gejala disebabkan oleh sesuatu selain kanker, Anda tidak boleh mengabaikannya. Ini terutama benar jika masalahnya telah berlangsung lama atau semakin buruk.

Beberapa Kanker Penyebab Tidak Ada Gejala Sama sekali

Terkadang, penderita kanker tidak mengalami tanda atau gejala apa pun. Yang lain hanya memiliki masalah ketika kanker telah menyebar ke seluruh tubuh mereka.

Misalnya, kanker ovarium biasanya tidak menyebabkan masalah yang nyata sampai menyebar ke organ lain. Pada saat kanker ini menyebabkan tanda atau gejala, biasanya kanker sudah sangat lanjut dan sulit disembuhkan.

Dimungkinkan untuk menemukan kanker sebelum Anda memiliki gejala apa pun. Pemeriksaan dan tes skrining mungkin dapat mendeteksi kanker tertentu dalam tubuh Anda sebelum mereka mulai mempengaruhi Anda.

Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda harus melakukan tes khusus. Jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker tertentu atau telah terpapar faktor risiko tertentu, dokter Anda dapat melakukan tes yang lebih agresif.

Kapan Anda Harus Pergi ke Dokter untuk Diperiksa?

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk melihat dokter Anda jika Anda memiliki gejala yang mengkhawatirkan Anda.

Gejala Anda kemungkinan besar disebabkan oleh sesuatu yang lain, tetapi penting untuk memeriksakan diri untuk berjaga-jaga. Paling tidak, dokter Anda dapat membantu Anda mencari tahu apa yang menyebabkan masalah tersebut.

Anda mungkin akan dirujuk ke spesialis jika dokter Anda berpikir gejala Anda disebabkan oleh kanker.

Jika Anda khawatir terserang kanker atau memiliki riwayat penyakit keluarga tetapi tidak memiliki gejala, tetap bisa membantu jika Anda berbicara dengan dokter tentang risiko Anda. Tanyakan penyedia layanan kesehatan Anda tentang tes skrining atau prosedur yang mungkin sesuai. (2)

Sumber : Source, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Tanda dan Gejala Kanker, Anda Punya Kanker?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment