Apakah Pemeriksaan Pap Smear Ditanggung BPJS Kesehatan Alias Gratis?


Apakah pemeriksaan pap smear dengan BPJS Kesehatan dapat ditanggung alias gratis?

Ada sebuah pertanyaan mengenai kenapa faskes tingkat 1 tidak mengcover biaya pap smear, tapi setelah googling masalah pap smear, ternyata BPJS Kesehatan memberikan pap smear gratis untuk perempuan. Sebenarnya bagaimana prosedur pap smear gratis dengan BPJS Kesehatan?

Jawaban dari pertanyaan ini :

Pap smear adalah uji lab untuk mendeteksi dini Kanker Serviks atau Kanker Leher Rahim, dan merupakan metode paling efektif untuk mencegahnya jika dilakukan secara rutin. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui adanya human papillomavirus (HPV) ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim.

Pemeriksaan pap smear tidak dilakukan di semua faskes yang sekarang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan tapi khusus yang bekerjasama untuk pap smear saja. Jadi bisa dibedakan.

Pap smear gratis diselenggarakan oleh puskesmas / klinik / laboratorium / RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Masing-masing faskes / laboratorium / RS tersebut memiliki jadwal sendiri, biasanya memiliki periode waktu dalam beberapa bulan saja dalam setahun. Jika Anda ingin tahu dan ingin mengikuti program pemeriksaan pap smear gratis dari BPJS Kesehatan, Anda harus rajin mencari informasi di faskes atau lab di sekitar kediaman anda.

Atau Anda bisa tanya ke kantor BPJS Kesehatan, tanya faskes / lab mana saja yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan untuk pap smear. Kemudian silahkan datang ke faskes / lab tersebut, dan tidak membutuhkan surat rujukan. Pastikan kondisi pasien memenuhi syarat untuk dilakukan tes pap smear.

Syaratnya untuk tes pap smear yaitu :
  1. Peserta adalah wanita peserta BPJS Kesehatan
  2. Wanita yang pernah menikah atau sudah aktif secara seksual
  3. Membawa fotocopy kartu BPJS Kesehatan dan fotocopy KTP atau identitas diri
  4. Terakhir melakukan papsmear minimal 1 tahun yang lalu
  5. Tidak dalam kondisi menstruasi, dan 2 hari sebelumnya tidak melakukan hubungan suami istri dan tidak menggunakan cairan pembersih vagina
Biasanya setiap tahun beberapa Fasilitas Kesehatan dan Laboratorium klinik bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, mengadakan kegiatan pelayanan pemeriksaan Pap Smear gratis untuk membantu masyarakat Indonesia mendeteksi dan mencegah kanker serviks atau kanker leher rahim.

Berikut adalah beberapa poster informasi pemeriksaan Papsmears dari beberapa laboratorium klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan:

Info Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab CITO

Poster Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab CITO

Info Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab Prodia

Poster Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab Prodia

Info Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab Ratnalisa

Poster Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - Lab Ratnalisa

Info Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - LabKlinik Kimia Farma

Poster Pemeriksaan Papsmear Gratis oleh BPJS Kesehatan - LabKlinik Kimia Farma

Jadi, apakah pemeriksaan pap smear ditanggung BPJS? Pap smear ditanggung BPJS, biasanya dilakukan di lab yang kerjasama dengan BPJS. Tiap kota tidak sama lab nya. Bisa ditanya ke faskes 1 atau langsung tanya ke BPJS. Program pemeriksaan Pap Smear tanpa dikenakan biaya ini bertujuan untuk deteksi dini kanker serviks, diselenggarakan setiap tahun dan dijamin oleh BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

0 Comments

Posting Komentar