Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Penyebab Bayi Lahir Prematur?


Apa penyebab bayi lahir prematur? Ada beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan penyebab prematuritas, saya ingin sharing sedikit tentang kemungkinan penyebab-penyebabnya. Detail dari masing-masing penyebab tentu perlu penjelasan lebih lanjut, tapi setidaknya kita bisa mengetahui gambaran besarnya.

Sekitar sepertiga dari kelahiran prematur terjadi tanpa alasan yang jelas. Seringkali terjadi dengan sedikit atau tanpa gejala. Beberapa penyebab yang paling umum untuk persalinan prematur diantaranya:

1. Pre Eklampsia
2. Infeksi
3. Hipertensi
4. Diabetes
5. Plasenta previa / plasenta abruption
6. Ketuban Pecah Dini (KPD)
7. Kehamilan multiple (kembar)
8. Inkompetensi Serviks
9. Riwayat kelahiran prematur sebelumnya
10. Usia Ibu yang terlalu muda/tua
11. Jarak antara kehamilan yang terlalu dekat
12. Kegemukan/terlalu kurus
13. Riwayat merokok, minum alkohol
14. Sindrom HELLP

Jika usia kehamilan kurang dari 34 minggu, dokter biasanya akan merekomendasikan untuk dilakukan suntikan steroid untuk membantu “mematangkan” paru-paru bayi untuk bernafas. Jika suntikan diberikan 24 sampai 48 jam sebelum kelahiran maka dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena Respiratory Distress Syndrome (RDS) atau perdarahan di otak (perdarahan intraventrikular).

Selama janin di dalam kandungan dalam kondisi sehat dan plasenta masih normal, janin masih memiliki kesempatan untuk bisa bertahan dan bertumbuh selama di dalam rahim. Semakin lama bisa dipertahankan, maka akan meningkatkan angka bertahan hidup bayi ketika lahir nantinya, dan mengurangi resiko terhadap kondisi-kondisi terkait prematuritas.

Sebuah harapan besar, bagi yang pernah mengalami kelahiran prematur, agar berikutnya bisa terhindar dari prematuritas, dan bisa melahirkan bayi yang sehat dan cukup bulan. Mari kenali penyebab-penyebab prematuritas, dan lakukan pencegahan dan antisipasi lebih dini.

Posting Komentar untuk "Apa Penyebab Bayi Lahir Prematur?"

close