Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kolesterol


Apa itu Kolesterol?

Kolesterol yang ditemukan dalam darah Anda adalah jenis lemak (lipid) yang dibutuhkan sel Anda. Tubuh Anda memproduksi semua kolesterol yang dibutuhkannya, tetapi kolesterol juga dapat diperoleh dari makanan yang Anda makan.

Apa yang terjadi jika ada terlalu banyak kolesterol dalam tubuh/darah Anda?

Asupan terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkannya menumpuk di arteri, yang merupakan pembuluh darah yang bertanggung jawab untuk membawa darah keluar dari jantung. Suatu kondisi yang dikenal sebagai pengerasan arteri atau aterosklerosis, hal ini dapat menyebabkan arteri menyempit dan mempersulit darah untuk mengalir melaluinya.

Dimana Kolesterol Diproduksi?

Kolesterol diproduksi dan didistribusikan dalam tubuh Anda melalui darah, terutama hati Anda. Namun, kolesterol juga dapat ditemukan pada makanan dari sumber hewani seperti ayam, daging sapi dan produk susu penuh lemak. Saat Anda mengonsumsi makanan yang kaya lemak jenuh dan lemak trans, hati Anda menghasilkan lebih banyak kolesterol.

Fakta atau Mitos: Kolesterol Tidak Baik Untuk Tubuh Anda!

MITOS: Faktanya kolesterol bukanlah sesuatu yang negatif tetapi merupakan salah satu zat yang diproduksi oleh tubuh untuk membuat kita tetap sehat. Namun terlalu banyak kolesterol dalam darah buruk karena akan menumpuk di dinding arteri Anda. Endapan ini akan menyebabkan arteri Anda mengeras dan menyempit secara bertahap, sehingga menghalangi aliran darah ke jantung.

Jenis-Jenis Kolesterol


Kolesterol Jahat vs. Kolesterol Baik

Kolesterol tidak dapat larut dalam darah dan harus dibawa dalam aliran darah oleh lipoprotein. Lipoprotein adalah pembawa yang terdiri dari lemak (lipid) dan protein.

LDL (kolesterol jahat)
Kolesterol LDL juga dikenal sebagai kolesterol "jahat" karena menyebabkan plak - yang merupakan endapan tebal dan keras yang dapat menyumbat arteri dan mempengaruhi kelenturannya.

HDL (kolesterol baik)
Kolesterol HDL juga dikenal sebagai kolesterol “baik” karena membantu menyerap kolesterol dan membawanya kembali ke hati untuk dikeluarkan dari tubuh.

Apa itu Hiperkolesterolemia?

Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang sangat tinggi dalam darah.

LDL menyebabkan plak - endapan tebal dan keras yang menyumbat arteri dan mempengaruhi fleksibilitasnya. Kondisi ini juga dikenal sebagai aterosklerosis. Jika gumpalan darah terbentuk dan menyumbat arteri yang sempit, hal itu dapat menyebabkan serangan jantung jika mempengaruhi jantung, atau stroke jika mempengaruhi otak.

Menentukan Kadar Kolesterol


Mengontrol kadar kolesterol Anda adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung Anda - dan mengurangi risiko serangan jantung atau stroke. Pengetahuan dan pemahaman tentang pengukuran kolesterol Anda dapat menyelamatkan hidup Anda.

Menentukan Tingkat Kolesterol Keseluruhan (Individu tanpa penyakit jantung dan tanpa diabetes)

Tabel kadar kolesterol keseluruhan

Menentukan kadar kolesterol LDL (Buruk)

Tabel kadar kolesterol LDL

Menentukan kadar kolesterol HDL (Baik)

Tabel kadar kolesterol HDL

Perhatikan bahwa angka-angka yang disebutkan di atas adalah sebagai panduan umum untuk kadar kolesterol. Target aktual untuk individu bervariasi sesuai dengan risiko masing-masing

Konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda hari ini.

Apa yang mempengaruhi kadar kolesterol?


Ada banyak hal berbeda yang dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda kendalikan:

1. Diet

Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol dapat menyebabkan kadar kolesterol Anda meningkat. Penyebab utamanya adalah lemak jenuh namun kolesterol dalam makanan juga menjadi penyumbang utama. Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah, Anda perlu mengurangi jumlah lemak jenuh dan kolesterol dalam makanan Anda. Namun, kolesterol diproduksi oleh hati Anda terutama dan tidak semua kolesterol makanan menjadi kolesterol darah. Karena itu, Anda perlu membatasi asupan lemak jenuh dan lemak trans.

2. Berat Badan

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko penyakit jantung dan dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda. Dengan menurunkan berat badan, Anda dapat membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol secara keseluruhan, sekaligus meningkatkan HDL dan menurunkan kadar trigliserida Anda.

3. Aktivitas Fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur penting untuk membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (baik). Anda tidak hanya dapat menurunkan berat badan, tetapi juga mengurangi risiko penyakit jantung. Anda harus mencoba melakukan aktivitas fisik selama 30 menit sehari.

Fakta atau Mitos: Kadar kolesterol yang rendah seringkali menandakan tubuh yang sehat

MITOS: Kadar kolesterol darah yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Menurunkan kadar kolesterol biasanya lebih baik. Namun, tingkat rendah sering dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Jika kadar kolesterol rendah di bawah tingkat optimal yang direkomendasikan (silakan lihat tabel di atas), Anda harus berbicara dengan dokter Anda.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kolesterol"

close