Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Perlu Menurunkan Berat Badan?


Kenapa perlu turunkan berat badan? Jika Anda memiliki terlalu banyak lemak, terutama jika sebagian besarnya terdapat pada pinggang, Anda berisiko lebih tinggi mengalami masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes. Tentunya Anda tidak sendirian! Karena ada banyak orang Indonesia yang memiliki kelebihan berat badan, sebagian lainnya berada dalam kategori obesitas. Berwaspadalah terhadap obesitas karena kondisi ini diidentifikasikan sebagai faktor risiko utama dalam mengembangkan penyakit jantung.

Turunkan Berat Badan


Jagalah BMI (Body Mass Index) Tetap Normal: BMI atau Indeks massa tubuh (IMT) menilai berat badan Anda secara relatif terhadap tinggi badan. BMI digunakan dalam pengukuran komposisi tubuh yang ideal karena berkorelasi dengan lemak tubuh pada kebanyakan orang. Jika indeks massa tubuh Anda adalah 25.0 atau lebih, Anda akan mendapat manfaat dengan menurunkan BMI Anda menjadi di bawah 25. Jika BMI Anda adalah 30.0 atau lebih tinggi, Anda jelas berisiko mengembangkan masalah kesehatan jantung. Angka BMI normal berada pada kisaran 18.5-25.0.

Mengapa Menurunkan Berat Badan Penting Untuk Kesehatan Saya?


Bayangkan apabila Anda membawa ransel seberat 10 kg sepanjang hari, dan setiap hari. Tentunya ini memberatkan, seperti kelebihan berat badan. Ketika Anda menghilangkan kelebihan lemak dan berat badan yang tidak perlu, Anda dapat mengurangi beban pada jantung, paru-paru, pembuluh darah dan tulang Anda. Anda memberi diri Anda hadiah untuk hidup aktif, menurunkan tekanan darah Anda dan juga membantu Anda merasa lebih baik dan lebih percaya diri.

Apa Yang Bisa Saya Lakukan Untuk Menurunkan Berat Badan?


Jika Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Bahkan menyingkirkan dua atau tiga kilogram saja dari berat badan dapat memberikan penurunan tekanan darah yang dramatis.

Ketahui kebutuhan kalori Anda: Saat berencana untuk menurunkan berat badan, penting untuk memahami tentang asupan kalori yang direkomendasikan untuk Anda sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan tingkat aktivitas fisik Anda.

Telusuri riwayat kalori dan efeknya: Bahkan jika Anda menelusuri riwayat apa yang Anda makan selama beberapa hari, Anda akan belajar banyak tentang kebiasaan Anda. Hitung jumlah kalori makanan yang Anda makan dan bandingkan dengan kalori energi yang Anda konsumsi pada tingkat aktivitas fisik Anda. Ini tentang menyeimbangkan kalori yang masuk dan kalori keluar, dan belajar merencanakannya dengan tepat.

Posting Komentar untuk "Kenapa Perlu Menurunkan Berat Badan?"

close