Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, January 14, 2015

Mari Hidup Sehat Tanpa Rokok

Mari hidup sehat tanpa rokok untuk Indonesia yang lebih sehat. Banyak orang yang ingin berhenti merokok namun hanya sebagian saja yang melakukannya dengan sungguh-sungguh. Berhenti merokok memang sulit sekali dilakukan bagi yang sudah kecanduan, tapi bukan berarti tidak bisa.

Merokok merupakan penyebab kematian dini yang dapat dicegah. Perokok memiliki risiko tinggi untuk berkembang menjadi penyakit kronis. Seperti aterosklerosis, penumpukan lemak pada pebuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan penyakit jantung koroner, serangan jantung dan stroke.

Secara keseluruhan, angka harapan hidup juga berkurang bagi orang yang memiliki kebiasaan merokok jangka panjang, dengan perkiraan usia akan berkurang 10-17,9 tahun lebih sedikit dibanding yang bukan perokok.


Dampak Merokok Jangka Pendek

Merokok dapat membahayakan hampir semua organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit mempengaruhi kesehatan perokok secara umum. Besarnya bahaya merokok sebenarnya sudah disadari oleh para perokok, hal ini karena pada setiap bungkus rokok terdapat peringatan mengenai bahaya yang ditimbulkan dari merokok. Tetapi, hal tersebut seringkali kuatnya ketergantungan terhadap rokok bagi perokok yang dapat membuat tidak mau berhenti untuk menghisapnya.

Berikut ini beberapa dampak merokok jangka pendek bagi kesehatan.
  1. Denyut nadi dan tekanan darah meningkat
  2. Gerakan usus meningkat
  3. Nafsu makan menurun
  4. Sirkulasi darah kurang baik
  5. Suhu ujung jari tangan dan kaki menurun
  6. Berkurangnnya rasa mengecap dan membau
  7. Menimbulkan kerusakan gigi

Dampak Merokok Jangka Panjang

Merokok dapat membunuhmu dengan perlahan tanpa disadari. Seluruh dokter di dunia bersepakat rokok itu haram dan berbahaya bagi kesehatan. Dan keuangan! Saat ini hampir semua negara di dunia mewajibkan pemasangan peringatan bergambar pada bungkus rokok, termasuk Indonesia. Peringatan bergambar pada bungkus rokok adalah sarana efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya merokok.

Berikut beberapa dampak merokok jangka panjang berdasarkan data Badan Kesehatan Dunia (WHO FCTC Health Warnings Database). Biarkan gambar berbicara!

Merokok menyebabkan 92% kanker rongga mulut


Merokok menyebabkan bebagai penyakit pada mulut


Merokok menyebabkan 92% kanker mulut


Merokok menyebabkan penyakit gangrene


Merokok menyebabkan kanker leher


Keuntungan Berhenti Merokok

Beberapa perubahan akan terjadi jika anda berhenti merokok bahkan terjadi beberapa menit setelah anda memutuskan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang merugikan kesehatan ini. Beberapa efek menguntungkan akan terjadi segera, dan beberapa hal-hal baik lainnya terjadi dari waktu ke waktu.

Berikut keuntungan berhenti merokok yang akan terjadi jika anda berhenti merokok:
  1. Dalam 20 menit pertama setelah berhenti merokok: tekanan darah dan frekuensi jantung akan mulai perbaikan / menimbulkan perubahan yang signifikan
  2. Setelah 12 jam berhenti merokok: kadar karbon monoksida di dalam darah akan kembali normal
  3. Setelah dua minggu hingga tiga bulan berhenti merokok: proses sirkulasi dan fungsi paru akan mengalami perbaikan
  4. Setelah satu hingga sembulan bulan berhenti merokok: pernafasan yang bersih perlahan-lahan akan kembali seiring dengan menghilangnya batuk dan sesak nafas. Anda mendapatkan kembali fungsi batuk yang produktif yang dapat membersihkan paru dan meminimalkan dari risiko infeksi
  5. Satu tahun setelah berhenti merokok: faktor risiko seseorang terhadap penyakit jantung koroner akan berkurang 50 persen
  6. Lima hingga 15 tahun setelah berhenti merokok: risiko seseorang terkena stroke sama dengan orang yang tidak merokok
  7. Setelah sepuluh tahun berhenti merokok, rata-rata kematian akibat penyakit kanker paru berkurang setengahnya dari mereka yang masih merokok. Risiko penyakit kanker lain, seperti tenggorokan, mulut, esophagus, kandung kemih, leher rahim, dan pancreas juga akan berkurang

Sepuluh Cara Berhenti Merokok

Jika anda telah mengambil keputusan untuk berhenti merokok, berikut sepuluh cara berhenti merokok total yang efektif, dengan cepat dan paling ampuh selamanya!

Selamat mencoba, lakukan proses perubahan dengan lembut dan berkesan.
  1. Tetap bertekad dan memutuskan untuk berhenti merokok sekarang juga
  2. Membuang jauh-jauh semua rokok dan yang ada kaitannya dengan rook dan baunya
  3. Bernafas panjang-panjang
  4. Olahraga secara teratur
  5. Mengambil waktu tidur lebih banyak
  6. Banyak minum air putih
  7. Jauhi minuman kopi, alkohol, makanan yang berbumbu banyak
  8. Jauhi semua yang mengingatkan kepada rokok seperti: kursi dimana anda biasa duduk merokok, ruangan dimana anda biasa merokok
  9. Percaya bahwa orang lain akan setuju kalau anda berhenti merokok
  10. Yakinlah bahwa anda dapat berhenti merokok

Cara Mendukung Orang Untuk Berhenti Merokok

Berikut ini lima kalimat yang sebaiknya jangan pernah anda katakan kepada orang yang mencoba berhenti merokok, yang dilansir Care2.

"Kamu nanti bisa kena kanker paru-paru!"
Memang benar, merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, emfisema, dan penyakit kronis lainnya. Namun mengingatkan hal tersebut kepada orang yang mencoba berhenti merokok, akan membuat mereka muak. Mereka mungkin telah mengetahui semua risiko tersebut jauh sebelum anda mengingatkan. Sehingga saat anda memperingatkan mereka tentang risiko terkena kanker, mereka cenderung akan mengalihkan topik pembicaraan atau justru menghindari obrolan dengan anda.

"Kalau kamu sayang aku, kamu harus berhenti merokok"
Para ahli menyatakan, apabila perokok percaya mereka bisa berhenti, pasti mereka akan melakukannya tanpa perlu alasan lain. Jika anda berkata seperti itu kepada pasangan, hal tersebut hanya akan membuat dia merasa bersalah dan marah kepada anda, karena kalimat itu justru membuat dia merasa payah dan tak berdaya.

"Merokok itu menjijikkan, kenapa kamu kenapa tidak berhenti saja?"
Membuat perokok merasa lebih buruk merupakan hal yang kontraproduktif. Seperti yang ditulis sebelumnya, perokok sebenarnya sudah tahu bahwa tnidakan mereka salah. Namun, sebaiknya anda tidak membuat mereka lebih merasa bersalah lagi dengan mengatakan hal-hal yang negatif. Hal tersebut justru akan membuat jarak semakin jauh antara anda dan orang yang berusaha berhenti merokok. Gantilah kata-kata negatif itu dengan yang lebih positif seperti, "Apa yang bisa aku bantu agar pola hidup kamu lebih sehat?" Kalimat seperti itu terdengar suportif dan dia pun lebih merasa didukung.

"Lihat napas kamu, mulai sesak kan?!"
Daripada melontarkan kalimat yang bersifat memojokkan, lebih baik dukung dia dengan tindakan. Susan Gayle, ahli dalam masalah kecanduan dari New York, menyarankan agar anda mengajak pasangan untuk melakukan aktivitas yang bisa menyehatkan paru-paru seperti jogging, berdansa, atau olahraga lainnya. Dari situ, pasangan anda akan sadar bahwa napasnya sangat pendek dan terasa sesak. Dengan begitu, dia akan mencoba berhenti dengan sendirinya tanpa perlu mengintimidasi dia dengan kata-kata yang menakutkan.

"Kamu mau anak-anak melihat kamu merokok?"
Walaupun dari luar para perokok terlihat menikmati hobinya menghisap nikotin, sebenarnya mereka malu terhadap dirinya sendiri karena kecanduan dan sulit berhenti. Akan sangat percuma apabila anda mempermalukan mereka dengan kata-kata di atas, karena pada dasarnya mereka telah merasa seperti itu. Jauh lebih efektif bila anda mengambil pendekatan yang berlawanan, yaitu membuat mereka membayangkan betapa bangganya mereka ketika berhasil berhenti merokok dengan berkata, "Kamu akan menjadi contoh yang baik untuk anakmu kelak, saat dia tahu pengorbanan kamu untuk berhenti merokok."

[Demikianlah artikel Hidup Sehat Tanpa Rokok, semoga bisa menjadi pertimbangan anda untuk lebih mencintai tubuh anda sendiri. Informasi ini berasal dari leaflet "Bahaya Merokok" dari Divisi Kardiologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, dengan beberapa tambahan dari saya]

pesan ustadz

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Mari Hidup Sehat Tanpa Rokok

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

24 comments:

  1. saya ga merokok mas, saya kan keceh

    ReplyDelete
  2. susah banget rasanya jika ingin berhenti merokok, walaupun tidak lama ini, dalam bungkus rokoknya sudah di terapkan gambar seperti di atas tadi.

    ReplyDelete
  3. Gambar-gambar di atas lumayan buat nakut-nakutin. Bagus tuh yang terakhir itu, gak takut apa nanti anaknya merokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fast reading detected :D
      sebenarnya itu kata-kata yang sebaiknya dihindari dalam menasehati seorang perokok.

      Delete
    2. wkwwkwk ketahuan sama TS wkwkwkw

      Delete
  4. Alhamdulillah kekasihku bukan seorang perokok. Soalnya kalo udah kecanduan, susaaaah banget berhentinya. :(

    ReplyDelete
  5. Susah juga mas. Keinginan berhenti ini emang harus dari diri sendiri.. Ditakut-takutin begitu juga ga mempan. Buktinya saya punya teman beberapa dokter, justru perokok berat. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu oknum mas, dimana-mana ada yang namanya oknum :-s

      Delete
  6. kalo sudah nyandu susah juga berhenti mas...meski tau akibatnya

    klo saya sudah bisa ninggalin rokok, klo ngopi yg nggak bisa :)

    ReplyDelete
  7. sya juga pengen berhenti merokok mas, lagi usaha untuk berhenti, tapi susah bener

    ReplyDelete
  8. tapi alhamdulillah nya sekarang setiap bungkus rokok itu sudah ada gambar dampak dari merokok , maka dari itu bagi yang sudah mempunyai anak segera beri tahu hehe

    ReplyDelete
  9. sip banget mas, artikel ini mambantu, perlu diperhatikan adalah anak anak ya mas, sepertinya mereka terjebak dalam ruang lingkup rokok ya memicu terlahirnya perokok baru..

    ReplyDelete
  10. sebenarnya dari dulu sekali saya menginginkan untuk berhenti merokok. tapi kayaknya udah terlanjur kecanduan mas...

    ReplyDelete
  11. Beruntung, gue enggak pernah ngerokok sekali pun hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang kalau perokok berat seperti saya sangat terasa kerugiannya...selain nafas sesak dan sangat terasa kalau di bawa jogging...baru dua kilo meter aja rasanya udah kayak mau semaput mas...selain itu merugikan juga karena banyak mengurangi ongkos belanja...namun mau berhenti belum bisa...semoga aja bisa, doakan ya gan berhasil berhenti merokoknya?

      Delete
  12. Pak gambarnya jangan di buat serem tho... Ini juga saya baru proses pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau lucu cari aja meme tentang rokok, bukan rokok yang membunuhmu tapi cinta ini membunuhmu :D

      Delete
  13. yang jelas merokok juga sangat mengganggu keuangan...menghabiskan uang jajan saja gan....namun pada sisi lainnya rokok juga berbahaya bagi pertumbuhan otok dan syaraf motorik seseorang.

    ReplyDelete
  14. Alhamdullih saya tidak merokok, selain tidak baik untuk kesehatan juga tidak baik untuk kantong hee.hee

    ReplyDelete
  15. seharusnya MUI keluar fatwa bahwa merokok itu haram karena menjatuhkan diri sendiri dalam kerusakan

    ReplyDelete
  16. Merokok itu memang sumber penyakit, namun disisi lain banyak yang suka nyari penyakit yang berujung pada sukur-sukur rumah sakit kalau putus nyawa? tapi bagi perokok berat mungkin harus dimbangi dengan minum susu sebagai proses awal untuk hidup sehat tanpa rokok kemudian.

    ReplyDelete