Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, February 25, 2015

Standar Tarif BPJS Kesehatan (INA CBG's)

Ini dijamin nggak, itu dijamin nggak? Itu yang kerap kita dengar, juga itu yang kerap dijadikan alasan bagi Rumah Sakit ketika sulit menjelaskannya kepada pasien!

Sistem pergantian dari BPJS Kesehatan, itu menggunakan sistem paket! Yang dinamakan sistem INA CBG's.

Berapa tarif INA CBG's pergantian paketnya tergantung dari:
  1. Rawat jalan atau rawat inap
  2. Diagnosa utama penyakitnya, dan diagnosa sekunder
  3. Katagori/kualifikasi rumah sakitnya (Kelas rujukan nasional, kelas A, kelas B, kelas C dan kelas D) Contoh, dirawat/ditangani di rs kelas D tentu saja tariff pergantiannya lebih rendah dibanding dirawat di RS kelas A.
  4. Kelas rawat kartu BPJSnya. Tarif pergantian untuk iuran kelas 1 tentu lebih besar dari kelas 3 atau PBI.
  5. Regional. Tarif pergantian di Jakarta tentu beda dengan di Papua.

Nah itu yang perlu dipahami. Jadi, mau pakai obat berapa banyak, mau pakai darah berapa kantong, mau cek lab apa saja, itu semua tidak akan mempengaruhi tarif pergantiannya. Ingat sistem paket.

Untuk anda yang ingin tahu standar tarif BPJS Kesehatan terbaru, hal ini tidak berguna untuk referensi biaya rumah sakit jika anda bayar dengan biaya sendiri, karena tarif INA CBG's dinilai rendah.

Ini permenkes no. 59 tahun 2014 tentang standart tarif JKN yang mulai berlaku sejak 1 September 2014 (terbaru). Silahkan mengunduh bagi yang berminat dan mau mempelajarinya.

Contoh cara membaca untuk pasien penyakit thalasemia:

Untuk membacanya, perlu tahu/menentukan regional rumah sakit (regional 1-5), kualifikasi rumah sakit (rujukan nasional, kelas A-D), dan code icd 10: D-4-13-I (untuk diagnosa thalasemia), dan special top up/drug code DD-02, DD-03, DD-04.

Tariff D-4-13-II dan D-4-13-III diabaikan saja, karena stage II dan stage III itu hubungannya dengan LOS (length of stay), tingkat keparahan yang sakit, syaratnya berat untuk bisa masuk tarif itu, lupakan saja deh.

Untuk mengetahui total tariffnya untuk diagnosa tunggal, perlu menjumlahkan tariff D-4-13-I plus DD02/DD03/DD04.

Silahkan buat yang mau merekap sesuai dengan jenis penyakit anda. Mungkin akan kesulitan membaca via hp lama (entah hp baru sih), untuk merekapnya perlu pake pc ya.

Download

http://www.depkes.go.id/…/pmk-59-thn-2014-ttg-standar-tarif…
(Total 670 halaman | Size 4.53 MB)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Standar Tarif BPJS Kesehatan (INA CBG's)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. lumayan ribet juga ya mas, untuk melihat tarifnya...kirain saya tarifnya disama ratakan, Soalnya bayar BPJS tiap bulannya di sama ratakan tiap golongannya.

    ReplyDelete