Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, March 18, 2015

Kanker Yang Disebabkan Oleh Rokok

Risiko kanker kandung kemih di kalangan perokok lebih tinggi dari yang dilaporkan sebelumnya, dan risiko untuk perokok wanita sama dengan pria.

Di seluruh dunia, lebih dari 350.000 orang didiagnosis kanker kandung kemih setiap tahunnya. Merokok telah terbukti meningkatkan faktor risiko kanker kandung kemih pada pria dan wanita, dengan penelitian terbaru mengungkapkan bahwa seseorang dengan kebiasaan merokok meningkatkan tiga kali lipat risiko kanker kandung kemih dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok.

Namun komposisi rokok telah berubah dalam 50 tahun terakhir, yang menurunkan konsentrasi tar dan nikotin dalam asap rokok, tetapi juga dengan jelas ada peningkatan konsentrasi karsinogen tertentu, termasuk beta-napthylamine, karsinogen kandung kemih.

Para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan hampir dari 500.000 orang. Dari data tersebut, terdapat 627 wanita dan 3.896 pria yang baru saja didiagnosis dengan kanker kandung kemih dan dalam penanganan dokter. Merokok merupakan faktor risiko yang signifikan untuk kanker kandung kemih pada kedua jenis kelamin.

Dibandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok, dan perokok dan mantan perokok mengalami peningkatan risiko kanker kandung kemih pada pria dan wanita. Dari data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa mantan perokok memiliki 2,2 kali peningkatan risiko kanker kandung kemih, dan bagi pecandu rokok memiliki risiko 4 kali lebih tinggi dibandungkan dengan orang yang tidak merokok.

Salah satu faktor yang bisa memperkuat hubungan antara merokok dan kanker kandung kemih meliputi perubahan dalam konstituen dari asap rokok (seperti peningkatan konsentrasi beta-napthylamine).

Jenis-jenis kanker apa saja yang mungkin disebabkan oleh kebiasaan merokok? Silahkan lihat infografik berikut ini.

Jenis Kanker Yang Disebabkan Oleh Rokok

* Gambar: Cancer Research UK
* Referensi: DOI: 10.1001/jama.2011.1142
* Tips: Hidup Sehat Tanpa Rokok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kanker Yang Disebabkan Oleh Rokok

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

13 comments:

  1. Saya ingin berhenti sebagai perokok kang, tapi sangat susah untuk dilakukan,, bagi tips nya donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena saya bukan perokok atau mantan perokok, mungkin tips ini terlalu umum
      1. Dimulai dari niat
      2. Coba kurangi konsumsi rokok sedikit demi sedikit
      3. Konsultasi sama orang yang berhasil berhenti merokok
      Semoga dimudahkan :)

      Delete
    2. Baik pak. akan saya coba,,
      trim tipsnya :D

      Delete
  2. Alhamdullilah untung saya bukan perokok mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. semoga jangan sampai.
      Salam sehat!

      Delete
  3. untuk berhenti merokok susah banget mas, saya udah 2kali nyoba tapi gagal.tetep aja kalo ga ada roko ngga enak dimulut.tapi saya punya suplemen buat perokok jadi gpp lah.berhenti juga susah..hehe

    ReplyDelete
  4. aduh!!! ada lagi kanker kandung kemih gara-gara merokok...pas baca ini saya lagi merokok, jadi ngeri juga gan. ok makasih infonya.

    ReplyDelete
  5. suami saya belum bisa berhenti merokok :(

    ReplyDelete
  6. Wah ngeri juga ya, cuma ya itu mas sama dengan yang laen, saya masih blom bisa berhenti merokok

    ReplyDelete
    Replies
    1. caranya gimana sih mas Marnes, gue juga susah banget... bangun tidur aja langsung ngopi ngerokok

      Delete