Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, March 28, 2015

Enam Kebiasaan Yang Merusak Tulang

Menjaga kesehatan tulang seiring pertambahan usia tentunya sangat penting untuk mencegah kondisi yang dapat merapuhkan tulang seperti fraktur dan osteoporosis, terlebih bagi perempuan.

Kepadatan tulang dalam kondisi terbaiknya saat anda berusia 20-an, tapi setelah itu anda akan mulai kehilangan kepadatan tulang, sehingga tulang menjadi lemah dan rentan terhadap kerusakan.

Sementara tidak ada yang dapat anda lakukan untuk mencegah ini terjadi, ada gaya hidup tertentu yang dapat mempercepat pengeroposan tulang. Maka, terus perhatikan kesehatan tulang anda, hindari osteoporosis, agar dapat terus lancar beraktivitas sampai usia lanjut.

Berikut ini adalah enam kebiasaan yang dapat merusak tulang anda.
Perbedaan tulang sehat dan tulang osteoporosis

1. Konsumsi Alkohol

Kebiasaan minum alkohol sekitar 1 -2 kali dalam seminggu dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang sebanyak 2% dari massa tulang selama setahun. Alkohol mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D, yang keduanya dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Selain itu, konsumsi alkohol yang berlebihan dapat menghancurkan osteoblas, sel-sel pembuat tulang.

2. Kebiasaan Merokok

Mekanisme dibalik kerusakan tulang yang disebabkan merokok masih belum jelas, tapi dapat dipastikan bahwa bahan kimia dalam asap rokok mengganggu siklus alami kesehatan tulang. Merokok menghalangi pembentukan tulang baru dan juga menyebabkan jaringan tulang yang ada untuk memecah lebih cepat. Akibatnya, tulang menjadi lemah dan rapuh.

Merokok menyebabkan hilangnya sekitar 2% dari massa tulang dalam waktu setahun. Jika Anda seorang perokok dan peminum, pengeroposan tulang sebenarnya meningkat menjadi 8% per tahun.

3. Jarang Bergerak

Sebuah gaya hidup dapat mempercepat pelemahan tulang dan akhirnya osteoporosis. Tulang harus mendapat stumulasi beban untuk tumbuh lebih kuat. Latihan dengan beban, seperti berjalan, dapat memberi tekanan pada tulang. Rekomendasi olahraga untuk mendorong kesehatan tulang adalah latihan beban selama 30 menit dengan intensitas lima kali dalam seminggu.

4. Diet Rendah Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh organ penting dalam tubuh Anda, seperti jantung, otot, dan saraf. Fungsi tulang sebagai tempat penyimpanan kalsium. Jika Anda tidak makan cukup kalsium untuk menyuplai tubuh dengan apa yang dibutuhkannya, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Seiring waktu, diet rendah kalsium akan menyebabkan tulang tipis dan rapuh. Untuk daftar makanan sumber kalsium klik di sini.

5. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Konsumsi kafein berlebih dikaitkan dengan kepadatan tulang yang lebih rendah. Kafein memaksa ginjal mengeluarkan kalsium dari tubuh anda, menurunkan jumlah kalsium yang tersedia bagi tulang.

6. Konsumsi Soda Yang Berlebihan

Soda mengandung senyawa kimia yang disebut asam fosfat. Asam fosfat memberikan rasa tajam pada soda dan menambah konsistensi manisnya. Sayangnya, Asam fosfat dapat menyingkirkan kalsium dari tubuh dan telah dikaitkan dalam menurunkan kepadatan tulang pada mereka yang minum tiga atau lebih soda per hari. Faktor lain yang dapat berkontribusi terhadap hilangnya kepadatan tulang pada peminum soda adalah preferensi untuk minum soda lebih banyak dari minuman kaya kalsium.

Kesehatan tulang benar-benar ada dalam kendali anda. Meskipun hilangnya kepadatan tulang tidak bisa dihindari seiring pertambahan usai, tubuh anda memiliki kemampuan untuk membangun jaringan tulang baru sepanjang hidup anda.

Ada beberapa faktor gaya hidup yang dapat anda ubah untuk menjaga kepadatan tulang dan melindungi tulang dari kerusakan. Kunci untuk menjaga kesehatan tulang seumur hidup adalah gaya hidup sehat yang mendorong pertumbuhan tulang untuk mengimbangi hilangnya kepadatan tulang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Enam Kebiasaan Yang Merusak Tulang

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. jarang bergerak itu yang harus dihilangkan ya :D, memang harus diperhatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar pak.. apalagi kalo org yg sdh biasa duduk di belakang meja kerja dan ber-ac.. tulang jrg digerakkan.. bisa2,, kena demam tulang

      Delete
  2. Serem banget ya osteoporosis itu :(

    ReplyDelete
  3. untuk soda Mas Kun..
    dpt memicu kadar asam lambung menjadi tinggi ya..

    pernah baca di majalah, ada lomba minum softdrink dari brand terkenal.. ada peserta lomba langsung kunyah permen mint..tiba2 mati ditempat karena lambungnya mengalami kebocoran.. iiii.. serem ..

    ReplyDelete
  4. inilah masalah blogger kalau sudah didepan kompi waduh jadi lupa bergerak jadi tulang jadi lemah

    ReplyDelete