Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, May 25, 2015

13 Gejala Umum Depresi

Perasaan sedih, kesepian, atau bahkan depresi merupakan reaksi umum dari kekecewaan atau kerugian pribadi. Tapi menderita depresi setiap hari dan selama berminggu-minggu pada suatu waktu adalah kasus yang berbeda. Ini adalah tanda bahwa Anda perlu mencari bantuan profesional. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki gejala yang mungkin mengindikasikan depresi.

Gejala depresi dapat bervariasi. Gejalanya mungkin berbeda pada setiap penderitanya. Orang yang menderita depresi sering mengalami beberapa hal berikut.

1. Kesedihan

Gejala yang paling umum dari depresi adalah perasaan sedih atau kekosongan yang berlangsung selama lebih dari dua minggu. Dalam kasus dysthymia, depresi bisa bertahan selama lebih dari dua tahun. Dysthymia adalah jenis depresi kronis di mana suasana hati seseorang secara konsisten selalu rendah.


2. Merasa tidak berguna

Merasa tidak berguna secara terus-menerus, merasa bersalah, atau tidak berdaya sering menyertai kondisi depresi. Orang-orang cenderung untuk fokus pada kekurangan pribadi atau kegagalan masa lalu dan menyalahkan diri sendiri ketika hidup mereka tidak berjalan sesuai yang mereka inginkan.

3. Mudah marah

Depresi dapat menyebabkan seseorang mudah frustrasi atau marah, bahkan karena hal-hal kecil dan tidak penting.

4. Kelelahan

Orang dengan depresi sering mengalami kekurangan energi atau merasa lelah sepanjang waktu. Aktivitas kecil, seperti mandi atau bangun dari tempat tidur, mungkin membutuhkan usaha lebih daripada orang lain yang tidak depresi.

5. Mudah menangis

Penderita depresi mungkin sering mengalami menangis tanpa alasan yang jelas.

6. Apatis

Orang dengan depresi sering kehilangan minat atau berhenti mencari kesenangan dalam kegiatan yang seharusnya mereka merasa senang, termasuk hubungan seks.

7. Kegelisahan

Agitasi dan kegelisahan, termasuk sering mondar-mandir, tidak bisa duduk diam, atau meremas-remas tangan, dapat terjadi karena depresi.

8. Kurangnya konsentrasi

Orang dengan depresi mungkin akan sulit mengingat, mempertahankan fokus, atau membuat keputusan.

9. Penarikan diri

Banyak orang dengan depresi menutup diri dari dunia. Mereka mengisolasi diri, tidak menjawab telepon, atau menolak untuk pergi keluar dengan teman-teman.

10. Gangguan tidur

Kebiasaan tidur cenderung berubah sebagai akibat dari depresi. Mereka mungkin mengalami kesulitan untuk memulai tidur atau menjaga agar tetap tidur, atau mungkin bangun di tengah malam dan tidak dapat tidur kembali. Orang lain mungkin melihat mereka suka tidur dalam waktu lama dan tidak ingin bangun dari tempat tidur.

11. Terlalu banyak atau kehilangan nafsu makan

Depresi sering menyebabkan kurangnya minat pada makanan dan penurunan berat badan. Pada orang lain, depresi juga dapat menyebabkan makan berlebihan dan kenaikan berat badan.

12. Berpikir ingin bunuh diri

Berpikir atau berfantasi tentang kematian adalah tanda serius yang perlu ditangani segera.

13. Nyeri fisik

Gejala fisik, seperti nyeri, sakit kepala, kram, dan masalah pencernaan juga bisa terjadi.

Meskipun gejala depresi dapat terasa sangat luar biasa dan sulit diatasi, ada pilihan pengobatan yang tersedia. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki salah satu gejala di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 13 Gejala Umum Depresi

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 comments:

  1. saya sering juga nih mas ngalaminnya, apalagi pas tugas kuliah super padat dan waktu nya mepet :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ngebahas depresi loh.. ada juga ya yang depresi karena kuliah??
      Saya pikir itu stress yang umum. Depresi beda loh dengan stress biasa. hehehe ;)

      Delete
  2. kalo galau termasuk gejala defresi juga ga mas? hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Galau bukan depresi.. Depresi itu kondisi kronis, kalau itu berlangsung berbulan-bulan sampai sangat mengganggu kesehatan jiwa dan fisik, itu namanya depresi.

      Delete
  3. harus kumpul semua pak atau biar satu saja gejalanya sudah depresi atau cukup beberapa saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup beberapa saja sudah mewakili suspek depresi, kalau itu berlangsung jangka panjang.

      Delete