Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, June 3, 2015

Juni Adalah Bulan Kesadaran Myasthenia Gravis

Saya terdiagnosa Myasthenia Gravis (MG) pada Juni 2012. MG adalah penyakit neuromuskular yang menyebabkan otot-otot tubuh melemah, termasuk otot yang digunakan untuk bernapas, menelan, melihat, berjalan, bahkan otot yang mendongakkan leher Anda. Untuk saat ini, belum ada obat yang secara klinis dapat menyembuhkan, tapi masih ada harapan!

Bulan Juni adalah bulan kesadaran untuk Myasthenia Gravis. Penyakit ini mungkin tergolong jarang terjadi, tapi benar-benar nyata. Setiap tahunnya selalu ada kasus baru di Indonesia dan tidak sedikit pula yang meninggal dunia karenanya. MG dapat menyerang hampir semua otot dan dapat membuat orang menjadi cepat lelah dan lemah, kesulitan berjalan, pandangan dobel, kelopak mata turun, tidak bisa mengunyah dan menelan, dan juga sesak nafas.

Ada empat cara bagaimana penyakit ini dapat berakibat fatal, salah satunya adalah tersedak karena kelemahan otot menelan. Tersedak bisa saja terjadi setiap kali MGers menelan makanan. Tenggorokan dan kerongkongan dipisahkan oleh sebuah katup. Ketika kita menelan, tenggorokan otomatis tertutup dan kerongkongan terbuka. Pada orang dengan MG, otot katup tersebut melemah, jadi risiko tersedaknya tinggi, refleks muntahnya juga lemah, jadi risiko masuk ke paru-paru juga tinggi. Sedangkan pada orang normal, tersedak biasanya langsung terjadi refleks muntah, makanan/minuman bisa segera dikeluarkan. Untuk melihat cara apa saja MG berakibat fatal, silahkan baca juga artikel tentang bisakah anda meninggal dunia karena myasthenia gravis?

Untuk orang-orang dengan MG (MGers) dan anggota keluarga mereka, mengatasi penyakit ini mungkin bisa menjadi sulit. Jika anda seorang MGers, usahakan kondisi anda tetap rileks, karena stress bisa membuat kondisi anda lebih buruk lagi. Juga, mintalah bantuan kepada orang terdekat untuk membantu mengerjakan sesuatu yang menurut anda sulit.

Jika anda salah seorang anggota keluarga dari MGers, cobalah untuk memahami emosi dari seseorang yang anda cintai bila ia belum bisa menyesuaikan tentang kondisi barunya. Edukasilah diri anda tentang myasthenia gravis dan pelajari apa yang anggota keluarga anda alami.

Anda dan anggota keluarga anda bisa berpartisipasi ke dalam grup dukungan MG untuk saling berbagi dan memberi dukungan. Grup dukungan MG adalah tempat bagi anda berinteraksi dengan orang-orang yang sangat memahami apa yang anda dan anggota keluarga anda jalani. Untuk informasi lengkap tentang cara anda mendukung, silahkan lihat di halaman support Myasthenia Gravis.

Oiya, jangan lupa share untuk membantu kami meningkatkan kesadaran, bantu kami menyelamatkan jiwa sesama, karena MG merupakan penyakit yang serius dan berbahaya. Jika ada yang ingin anda diskusikan dengan saya tentang MG, silahkan berikan tanggapannya di kolom komentar. Terima kasih.


*Untuk informasi lebih lanjut tentang MG, silahkan klik label Myasthenia Gravis pada blog ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Juni Adalah Bulan Kesadaran Myasthenia Gravis

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. Gejalanya seperti HIV yah mas melemahkan tubuh penderita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gejalanya lebih mirip serangan Stroke. Tiba-tiba tangan, kaki, leher, pipi, mata, secara tiba-tiba jadi lemes/lemah/lumpuh.

      Delete