Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, July 9, 2015

10 Manfaat Oat Untuk Kesehatan

Oat, Oatmeal atau Haver merupakan makanan yang mengandung serat tinggi. Secangkir oatmeal saja mengandung 4 gram serat atau setara dengan sebuah apel. Sedikitnya ada sepuluh alasan mengapa oatmeal baik untuk Anda konsumsi.

Sedikit meluruskan anggapan keliru tentang oat. Oat memang sekilas mirip dengan gandum, tapi oat berbeda dengan gandum (wheat) dan bukan produk gandum, karena jenis tanamannya berbeda dan penyajiannya juga berbeda. Oat dikonsumsi dalam bentuk sereal dan oatmeal, sementara gandum harus diproses terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, misalnya roti.

#1 - Manfaat Oat Untuk Menurunkan Berat Badan

Studi telah mengungkapkan bahwa sarapan pagi dengan memakan makanan yang kaya serat seperti oat dapat membantu mengelola berat badan ideal. Oat memiliki rasa kenyang tertinggi dari semua makanan untuk sarapan pagi, memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Para peneliti juga menemukan respon yang signifikan antara kadar beta glucan dalam oat dengan kadar hormon yang berhubungan dengan kontrol nafsu makan.

#2 - Manfaat Oat Untuk Kolesterol

Para peneliti telah mengidentifikasi zat yang terkandung dalam oat, yang disebut beta-glucan, yang secara signifikan dapat mengurangi kolesterol jahat LDL. Pada orang dengan kadar kolesterol tinggi, asupan yang setara dengan tiga gram serat oat setiap hari umumnya dapat mengurangi kolesterol total sebesar 8 sampai 23 persen. Tiga gram serat oat setara dengan memakan sekitar 1 mangkuk oat. Ada lebih dari empat puluh studi yang mengkonfirmasi kemampuan oat untuk mengurangi kadar kolesterol LDL yang tidak sehat.

#3 - Manfaat Oat Untuk Tekanan Darah

Individu yang memiliki tekanan darah tinggi yang menambahkan oat ke dalam diet mereka teridentifikasi mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan serta pengurangan kebutuhan obat antihipertensi.

#4 - Manfaat Oat Untuk Sensitivitas Insulin

Peserta dalam double-blind, yang dikontrol secara klinis yang mengkonsumsi makanan yang mengandung beta-glucan dari oat menunjukkan perbaikan dalam sensitivitas insulin.

#5 - Manfaat Oat Untuk Diabetes

Sejumlah studi menunjukkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi oat memiliki risiko 28 - 61% lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsi oat. Sebuah studi dari individu dengan diabetes tipe 2 yang diet tinggi serat oat memiliki kenaikan gula darah yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang lain yang makan roti atau nasi.


#6 - Manfaat Oat Untuk Asma

Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang diperkenalkan dengan oat pada usia dini kurang mungkin untuk mengembangkan asma persisten.

#7 - Manfaat Oat Untuk Kanker Kolorektal

Sebuah tinjauan dan meta-analisis dari 25 studi tentang kejadian kanker kolorektal dan konsumsi serat makanan dan biji-bijian seperti oat mengungkapkan 10% penurunan risiko kanker kolorektal untuk setiap 10g tambahan serat.

#8 - Manfaat Oat Untuk Celiac Disease

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa penambahan diet bebas gluten dari oat dapat membantu memenuhi asupan serat yang dianjurkan setiap hari untuk individu dengan penyakit celiac. Penambahan oat untuk diet bebas gluten juga bisa meningkatkan kadar antioksidan dan meningkatkan nilai gizi.

#9 - Manfaat Oat Untuk Penyakit Arteri Koroner

Asupan tinggi serat dan semua biji-bijian seperti oat telah dikaitkan dengan penurunan perkembangan aterosklerosis koroner pada individu dengan penyakit arteri koroner.

#10 - Manfaat Oat Untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Para peneliti telah menemukan bahwa beta glucan yang ditemukan dalam oat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus, bakteri, parasit dan jamur.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Oat

Oat merupakan sumber fosfor, selenium dan mangan. Oat juga merupakan sumber yang baik untuk serat larut, zat besi, magnesium, dan vitamin B1.

Referensi: PMID: 22893781, PMID: 15585760, PMID: 18254091, PMID: 15531671, PMID: 16084154, PMID: 19571787, PMID: 17151592, PMID: 19674492, PMID: 19917449, DOI: 10.1136/bmj.d6617, DOI: 10.1038/ejcn.2009.113

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 Manfaat Oat Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

10 comments:

  1. banyak banget manfaat oat, bagus juga jika dikonsumsi

    ReplyDelete
  2. masih sangat sulit bagi saya untuk mengkonsumsi oat. karena standar makan sayah masih kenyang atau engganya.

    tp tetep aja sepertinya oat bisa jadi solusi nih untuk kesehatan

    ReplyDelete
  3. Assalaamu'alaikum wr.wb,Sucipto.... saya suka minuman bercampur oat. Begitu juga kalau oat dijadikan bahagian dalam biskut. Sangat sedap dan menyelerakan. nasihat dan pesan yang menarik. Saya copas dulu ya untuk dimanfaat kepada ahli keluarga agar suka makan dan minum oat. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh.. silahkan ibu fatimah, semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Saya kira oat cuma buat orang sakit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah...ketinggalan info deh lo hab...itu untuk makanan yang banyak mengandung serat dan enak juga dikonsumsi untuk orang yang sehat agar tambah sehat

      Delete
  5. Betul, Pak.
    Saya suka oat. Kadang bwt pengganti nasi.

    ReplyDelete
  6. sempat juga mengamalkan makanan ini dan memang makan dikit bisa kenyang. makanya cocok untuk diet mas.

    ReplyDelete
  7. wah saya baru tahu tu bentuk oat kayak mana :D

    ReplyDelete
  8. Orang tua saya, Ibu dan Ayah, suka makan oat ini. Ibu saya kalau sahur makan oat ini setelah makan nasi.

    ReplyDelete