Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, February 12, 2015

Cara Injeksi Insulin Dan Tempatnya

Berikut adalah ilustrasi sederhana di mana tempat injeksi (suntik) insulin, yang bisa dilakukan sendiri. Kenapa insulin harus diinjeksikan di perut? Insulin harus disuntikkan ke dalam jaringan lemak subkutan, karena dapat diserap dengan lebih baik dan mengurangi risiko sakit atau nyeri.

Ada beberapa tingkat penyerapan insulin tergantung di mana anda memberikan injeksi. Perut adalah yang tercepat, di belakang lengan penyerapannya sedang, dan kaki menyerap lebih lambat. Jika anda dalam kondisi MDI (Multiple Daily Injections), injeksi basal disarankan diberikan pada kaki, dan injeksi bolus diberikan pada perut. Ingatlah setidaknya jauhkan satu inchi dari pusar.

di mana tempat injeksi insulin
gambar tempat injeksi insulin

Cara menyuntik insulin harus dilakukan dengan cepat. Jika anda mengalami sakit atau nyeri, anda dapat menggunakan sebuah kubus es kecil di daerah yang ingin disuntikkan. Jarum (needles) akan memiliki berbagai ukuran dan lebar, tanyakan ke dokter mana ukuran yang tepat untuk anda.

Ingatlah untuk selalu merotasi situs injeksi anda! Suntikan yang sering terjadi di daerah yang sama tidak hanya dapat menyebabkan memar dan pengerasan kulit, tetapi juga berdampak pada penyerapan insulin. Pastikan untuk mengganti jarumnya setiap kali melakukan injeksi.

Ketika pertama kali memulai terapi insulin, untuk sementara itu akan menjadi permainan angka. Anda perlu untuk bekerjasama dengan dokter untuk menemukan kombinasi dosis yang tepat, yang membuat tingkat glukosa darah berada pada batasannya.

Melakukan terapi insulin merupakan tanggung jawab yang besar. Berbagai jenis formula insulin, akan merespon secara berbeda pada setiap pasien. Jika ada perasaan yang berubah, atau jika efek sampingnya muncul, segera konsultasikan dengan dokter. Efek samping yang paling umum adalah, iritasi pada tempat injeksi; dan hipoglikemia (yang harus segera diobati).

Insulin yang telah dibuka harus selalu disimpan pada suhu kamar (33-75F). Suhu ekstrim dapat menyebabkan efektivitas insulin berkurang. Selama musim panas, anda bisa membawa insulin dengan tas pendingin atau semacamnya, atau taruh di dalam lemari es (pastikan anda memisahkan insulin telah dibuka dengan yang masih baru).

Cara Injeksi Insulin Dengan Pena Insulin (Insulin Pen)


[Video courtesy of Diabetes.co.uk]
[Image courtesy of Insulindependent]
Selain pena insulin, alat yang juga digunakan untuk terapi insulin adalah pompa insulin (insulin pump), alat ini merupakan perangkat kontrol glukosa darah yang secara otomatis menginjeksi insulin dalam dosis kecil dan memungkinkan pasien untuk secara manual mendapatkan insulin dalam dosis yang lebih besar, biasanya sebelum makan. Sayangnya penggunaan pompa insulin masih sangat terbatas di Indonesia.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Injeksi Insulin Dan Tempatnya

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 comments:

  1. saya belum pernah menggunakan yang kayak gituan, tapi terima kasih sekarang sudah jadi tau Cara Injeksi Insulin Dan Tempatnya

    ReplyDelete
  2. Saya kok masih trauma yang namanya suntik, injeksi seperti ini....emang dasar udah takut jarum suntik si....jadi gimanapun pasti ga berani nyoba untuk di suntik

    ReplyDelete
  3. langsung merinding mas saya kalo masalah injeksi mah :3

    ReplyDelete
  4. Duh, semoga saya nggak sampai punya ketergantungan sama insulin tambahan, aamiin....

    ReplyDelete
  5. yang tau saya mas cuman injeksi pada motor doang.. hehehe

    ReplyDelete
  6. Meski bapak sy penderita diabetes, tapi blm pernah melakukan injeksi insulin sendiri.
    Ngeri melihatnya.

    ReplyDelete