Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, July 19, 2015

Apa Yang Terjadi Jika Anda Berhenti Merokok

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk berhenti merokok. Mengapa? Dalam waktu 20 menit Anda akan mulai merasakan manfaat dari berhenti merokok.

Penasaran berapa lama nikotin akan tetap bertahan di dalam tubuh Anda? Apa gejala penarikan nikotin yang Anda alami? Ingin tahu berapa hari setelah berhenti merokok tubuh Anda akan memulihkan diri dan tidak lagi berada pada risiko bahaya merokok?

Simak penjelasannya berikut ini, yang diambil dari berbagai sumber:

20 menit setelah Anda berhenti merokok

Efek dari berhenti merokok tidak butuh waktu lama. Kurang dari 20 menit setelah rokok terakhir yang Anda hisap, detak jantung Anda akan menurun kembali ke tingkat normal (CDC, 2004).

2 jam setelah berhenti merokok

Setelah dua jam tanpa rokok, detak jantung dan tekanan darah akan mengalami penurunan ke tingkat normal. Sirkulasi perifer Anda juga meningkat. Ujung jari tangan dan jari kaki mungkin mulai terasa hangat. Gejala penarikan nikotin biasanya dimulai sekitar dua jam setelah isapan rokok terakhir Anda. Gejala ini meliputi:
  • 'ngidam' yang kuat
  • kecemasan, ketegangan, atau frustrasi
  • mengantuk atau kesulitan tidur
  • nafsu makan meningkat
pesan ustadz

12 jam setelah berhenti merokok

Karbon monoksida, yang dapat menjadi racun bagi tubuh, dilepaskan dari pembakaran tembakau dan dihisap sebagai bagian dari asap rokok. Karena karbon monoksida mengikat dengan sangat baik pada sel-sel darah, kadar karbon monoksida yang berlebihan dapat mencegah sel-sel darah mengikat oksigen, yang pada gilirannya menyebabkan masalah kardiovaskular serius. Hanya dalam 12 jam setelah berhenti merokok, karbon monoksida dalam tubuh Anda menurun ke tingkat yang lebih rendah, dan kadar oksigen darah Anda meningkat menjadi normal (CDC, 2004).

24 jam setelah berhenti merokok

Insiden serangan jantung bagi perokok 70 persen lebih tinggi daripada orang yang tidak merokok. Tapi, percaya atau tidak, hanya satu hari penuh setelah berhenti merokok, risiko Anda terkena serangan jantung akan mulai turun. Meskipun belum cukup untuk keluar dari risiko ini, Anda berada pada jalan yang benar!

48 jam setelan Anda berhenti merokok

Risiko ini mungkin tidak mengancam nyawa, namun mematikan fungsi indera -khususnya, penciuman dan perasa- ini merupakan salah satu konsekuensi lebih jelas dari merokok. Untungnya, setelah 48 jam tanpa rokok, ujung saraf Anda akan mulai tumbuh kembali, dan kemampuan Anda untuk mencium dan merasa akan meningkat (Cleveland Clinic, 2007). Hanya sedikit waktu lagi, Anda akan lebih menghargai hal-hal yang lebih baik dalam hidup.

3 hari setelah berhenti merokok

Pada titik ini, nikotin akan keluar seutuhnya dari tubuh Anda. Sayangnya, itu berarti gejala penarikan nikotin umumnya akan memuncak di sekitar waktu ini. Anda mungkin mengalami beberapa gejala fisik seperti sakit kepala, mual, atau kram di samping gejala emosional yang disebutkan di atas (2 jam setelah berhenti merokok).

Untuk melawan gejala mental, hadiahi diri Anda sendiri setelah berhasil berhenti merokok; gunakan uang yang biasa Anda habiskan untuk rokok, untuk memperlakukan diri Anda dengan sesuatu yang lebih baik.

2 atau 3 minggu setelah berhenti merokok

Setelah beberapa minggu, Anda akan dapat berolahraga dan melakukan aktivitas fisik tanpa merasa lelah dan sakit. Hal ini disebabkan oleh sejumlah proses regeneratif yang terjadi dalam tubuh Anda; sirkulasi tubuh akan meningkatkan, dan fungsi paru-paru juga akan meningkat secara signifikan. Setelah dua atau tiga minggu tanpa rokok, paru-paru Anda dapat mulai terasa bersih, dan Anda akan mulai bernapas lebih mudah (AHA, 2012).

Bagi kebanyakan perokok, gejala penarikan nikotin menghilang sekitar dua minggu setelah berhenti merokok.

1 sampai 9 bulan setelah berhenti merokok

Mulai sekitar satu bulan setelah Anda berhenti, paru-paru mulai memperbaiki diri. Di dalamnya, silia -rambut kecil seperti organela yang mendorong lendir keluar- akan mulai memperbaiki diri dan berfungsi dengan baik lagi. Dengan silia yang mampu melakukan tugasnya dengan baik, ini akan membantu mengurangi risiko infeksi. Dengan paru-paru yang berfungsi dengan baik, batuk dan sesak napas dapat terus menurun secara dramatis.

Bahkan untuk perokok berat, gejala penarikan nikotin akan hilang tidak lebih dari beberapa bulan setelah berhenti.

1 tahun setelah Anda berhenti merokok

Setelah setahun tanpa rokok, risiko penyakit jantung diturunkan sebesar 50 persen dibandingkan dengan ketika Anda masih merokok (CDC, 2004).

5 tahun setelah berhenti merokok

Sejumlah zat dilepaskan dalam pembakaran tembakau -karbon monoksida yang terbanyak- menyebabkan pembuluh darah Anda menyempit, yang meningkatkan risiko mengalami stroke. Setelah lima sampai 15 tahun bebas asap rokok, risiko Anda mengalami stroke sama dengan orang yang tidak merokok (CDC, 2004).

10 tahun setelah berhenti merokok

Perokok memiliki risiko lebih tinggi dibanding bukan perokok untuk kasus menakutkan dari kanker, kanker paru-paru yang paling umum dan salah satu yang paling berbahaya. Merokok menyumbang 90 persen dari kematian akibat kanker paru-paru di seluruh dunia. Mungkin memakan waktu 10 tahun, tetapi jika Anda berhenti, pada akhirnya risiko kematian akibat kanker paru-paru akan turun menjadi setengah dari perokok (CDC, 2004). Sepuluh tahun setelah berhenti merokok, risiko kanker mulut, tenggorokan, kerongkongan, kandung kemih, ginjal, dan pankreas juga menurun.

15 tahun setelah Anda berhenti merokok

Setelah lima belas tahun berhenti merokok, resiko penyakit jantung kembali ke tingkat yang sama seperti orang yang tidak merokok (CDC, 2004). Anda tidak lagi berada pada risiko yang lebih tinggi dari normal untuk berbagai kondisi seperti serangan jantung, penyakit arteri koroner, aritmia, angina, infeksi jantung, atau kondisi yang mempengaruhi irama detak jantung Anda.

Manfaat jangka panjang berhenti merokok

Manfaat jangka panjang dari berhenti merokok sangat fantastis. Menurut American Heart Association, orang yang tidak merokok, rata-rata, hidup 14 tahun lebih lama daripada perokok (AHA, 2011). Berhentilah hari ini, dan Anda akan memperpanjang rentang hidup Anda dan hidup dengan fungsi sistem kardiovaskular yang aktif dan terasa sangat baik.

Siap untuk berhenti merokok? Berhenti memang tidak mudah, tapi layak untuk diperjuangkan. Semoga usaha Anda untuk berhenti merokok membuahkan hasil.
sumber
*Rekomendasi: Mari Hidup Sehat Tanpa Rokok

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Yang Terjadi Jika Anda Berhenti Merokok

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments:

  1. wuih sungguh dahsyat kekuatan rokok pada paru-paru manusia si penghisap rokok teh ya?..imbasnya clean dalam jangka waktu 15 tahun...hadeuh

    ReplyDelete