Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, July 13, 2015

Terlalu Banyak Vitamin D Tidak Baik Untuk Kesehatan

Para ilmuwan tahu bahwa kekurangan vitamin D tidak sehat. Namun, sebuah studi terkini menunjukkan bahwa terlalu banyak vitamin D juga tidak sehat. Penelitian ini didasarkan pada sampel darah dari 247.574 orang.

Vitamin D merupakan vitamin yang penting dalam membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang, mengurangi risiko jatuh serta risiko pinggul patah. Studi menunjukkan bahwa vitamin D juga bermanfaat dalam mencegah depresi, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Hasil dari studi juga mendukung bahwa manfaat vitamin D berkaitan dengan risiko kematian. Namun, hasil studi juga mengungkapkan angka kematian yang lebih tinggi pada mereka yang memiliki kadar vitamin D yang terlalu banyak dalam darah mereka.

Para peneliti menemukan angka kematian yang lebih tinggi pada individu dengan kadar vitamin D yang rendah dalam darah mereka, tapi yang mengejutkan, mereka juga menemukan kadar vitamin D yang tinggi dalam darah peserta. Sebuah grafik dapat ditarik untuk menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang terlalu rendah dan terlalu tinggi berbahaya bagi kesehatan.


Angka kematian 2.31 kali lebih besar ketika kadar vitamin D dalam darah berada di bawah 10 nmol untuk setiap liter serum, dan angka kematian 1,42 kali lebih besar ketika kadar vitamin D dalam darah lebih dari 140 nmol untuk setiap liter serum. Kedua nilai-nilai ini dibandingkan dengan 50 nmol vitamin D per liter serum, di mana angka kematian terendah diamati.

Sample data dikumpulkan dari berbagai kelompok usia. Mereka yang menjadi peserta telah menghubungi praktisi medis mereka karena sejumlah alasan dan telah memiliki kadar vitamin D yang diukur dalam konteks di atas.

Para ilmuwan menekankan bahwa meskipun mereka tidak tahu alasan mengapa terjadi angka kematian yang lebih tinggi, mereka percaya bahwa hasil studi dapat digunakan untuk pertanyaan kebijaksanaan dari mereka yang bersikukuh bahwa Anda tidak bisa memiliki kadar vitamin D yang terlalu tinggi.

Meskipun studi ini dapat menunjukkan hubungan antara kadar vitamin D yang tinggi dan angka kematian, risiko yang lebih tinggi tidak dapat dijelaskan.

Referensi: DOI: 10.1210/jc.2012-1176

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Terlalu Banyak Vitamin D Tidak Baik Untuk Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Nah loh, berati buat orang yang sudah tua, gak boleh terlalu banyak minum kalsium yah.

    ReplyDelete
  2. vitamin d itu didapat dari jenis makanan apa ya kang ? bahaya juga kalau kita gk tau tiba tiba vitamin d dalam tubuh berlebihan karena konsumsi sembarangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya setiap makanan mengandung vitamin dan mineral, hanya komposisinya berbeda-beda. Untuk sumber yang kaya vitamin D dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, minyak ikan, susu yang diperkaya, dan cahaya matahari.

      Delete