Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos Dan Kesalahpahaman Tentang Kanker

Berbagai anggapan populer bagaimana kanker bermula dan menyebar —meskipun secara ilmiah salah— bisa masuk akal, terutama ketika anggapan tersebut berakar dari teori lama. Tapi anggapan yang salah tentang kanker dapat menyebabkan kekhawatiran dan bahkan menghambat pemilihan pencegahan dan pengobatan yang tepat. Informasi berikut ini berbasis ilmu pengetahuan terbaru tentang beberapa mitos dan kesalahpahaman tentang kanker.

Apakah kanker berarti kematian?

Di Amerika Serikat, kemungkinan kematian akibat kanker terus menurun sejak tahun 1990-an. Tingkat kelangsungan hidup lima tahun untuk beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara, prostat, dan kanker tiroid, sekarang melebihi 90 persen. Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk semua jenis kanker sekitar 66 persen saat ini.

Penting untuk dicatat, angka ini didasarkan pada data dari banyak orang. Berapa lama pasien kanker individu akan hidup atau apakah ia akan meninggal karena kanker tergantung pada banyak faktor, termasuk apakah kanker lambat atau cepat tumbuh, berapa banyak sel kanker yang telah menyebar di dalam tubuh, apakah pengobatan yang efektif yang tersedia, kesehatan seseorang secara keseluruhan, dan banyak lagi.

Apakah makan gula membuat kanker lebih buruk?

Tidak. Meskipun penelitian menunjukkan bahwa sel-sel kanker mengkonsumsi lebih banyak gula (glukosa) dari sel normal, tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan gula akan membuat kanker lebih buruk, atau jika Anda berhenti makan gula, kanker Anda akan menyusut atau menghilang. Namun, diet tinggi gula dapat menyebabkan kelebihan berat badan dan obesitas yang berkaitan dengan peningkatan risiko pengembangan beberapa jenis kanker.

Apakah pemanis buatan menyebabkan kanker?

Tidak. Para peneliti telah melakukan penelitian terhadap keamanan pemanis buatan saccharin (Sweet ‘N Low®, Sweet Twin®, NectaSweet®); cyclamate; aspartame (Equal®, NutraSweet®); acesulfame potassium (Sunett®, Sweet One®); sucralose (Splenda®); dan neotame dan tidak menemukan bukti bahwa pemanis buatan menyebabkan kanker pada manusia. Semua pemanis buatan ini, kecuali cyclamate, telah disetujui oleh FDA Ameria Serikat untuk dijual.

Apakah kanker menular?

Secara umum, tidak. Kanker bukanlah penyakit menular yang mudah menyebar dari orang ke orang. Satu-satunya situasi di mana kanker dapat menyebar dari satu orang ke orang lain adalah dalam kasus transplantasi organ atau jaringan. Seseorang yang menerima organ atau jaringan dari donor yang menderita kanker di masa lalu mungkin memiliki peningkatan risiko pengembangan kanker-yang berkaitan dengan transplantasi di kemudian hari. Namun, risiko ini sangat rendah-sekitar dua kasus kanker per 10.000 transplantasi organ. Dokter menghindari penggunaan organ atau jaringan dari donor yang memiliki riwayat kanker.

Pada beberapa orang, kanker dapat disebabkan oleh virus (beberapa jenis human papillomavirus, atau HPV, misalnya) dan bakteri tertentu (seperti Helicobacter pylori). Meskipun virus atau bakteri dapat menular dari orang ke orang, penyakit kanker tidak tidak dapat menular dari orang ke orang.

Apakah kepribadian saya —positif atau negatif— menentukan risiko terkena kanker?

Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan yang menghubungkan "kepribadian" seseorang terhadap risikonya mengembangkan atau meninggal karena kanker. Jika Anda memiliki kanker, itu normal untuk merasa sedih, marah, atau putus asa dan terkadang positif atau optimis pada waktu lain. Orang dengan sikap positif mungkin lebih cenderung untuk mempertahankan hubungan sosial dan tetap aktif, dan aktivitas fisik dan dukungan emosional dapat membantu Anda mengatasi kanker Anda.


Apakah operasi kanker atau biopsi tumor dapat menyebabkan kanker menyebar ke seluruh tubuh?

Kemungkinan bahwa operasi akan menyebabkan kanker menyebar ke bagian lain tubuh sangat rendah. Dengan mengikuti prosedur standar, dokter ahli bedah menggunakan metode khusus dan mengambil banyak langkah untuk mencegah sel-sel kanker menyebar selama biopsi atau operasi pengangkatan tumor. Misalnya, jika dokter harus menghapus jaringan lebih dari satu area tubuh, mereka menggunakan alat-alat bedah yang berbeda untuk masing-masing daerah.

Apakah kanker akan memburuk jika terkena udara?

Tidak. Paparan udara tidak akan membuat tumor tumbuh lebih cepat atau menyebabkan kanker menyebar ke bagian lain tubuh.

Apakah ponsel menyebabkan kanker?

Tidak, tidak sesuai dengan studi terbaik sejauh ini. Kanker disebabkan oleh mutasi genetik, dan ponsel memancarkan jenis energi frekuensi rendah yang tidak merusak gen.

Apakah kabel listrik menyebabkan kanker?

Tidak, tidak sesuai dengan studi terbaik sejauh ini. Saluran listrik memancarkan energi listrik dan magnet. Energi listrik yang dipancarkan oleh saluran listrik mudah terlindung atau dilemahkan oleh dinding dan benda-benda lainnya. Energi magnetik yang dipancarkan oleh saluran listrik adalah bentuk-frekuensi rendah radiasi yang tidak merusak gen.

Apakah ada produk herbal yang dapat menyembuhkan kanker?

Tidak. Meskipun beberapa studi menunjukkan bahwa terapi alternatif atau komplementer, termasuk beberapa tumbuhan, dapat membantu pasien mengatasi efek samping dari pengobatan kanker, tidak ada produk herbal telah terbukti efektif untuk mengobati kanker. Bahkan, beberapa produk herbal dapat membahayakan jika diminum selama kemoterapi atau terapi radiasi karena dapat mengganggu cara terapi ini bekerja. Pasien kanker harus berbicara dengan dokter mereka tentang setiap pengobatan komplementer dan produk alternatif -termasuk vitamin dan suplemen herbal- yang mereka gunakan.

Jika seseorang dalam keluarga saya memiliki kanker, apakah saya juga akan terkena kanker?

Belum tentu. Kanker ini disebabkan oleh perubahan berbahaya (mutasi) pada gen. Hanya sekitar 5 sampai 10 persen kanker disebabkan oleh mutasi berbahaya yang diwarisi dari orang tua seseorang. Dalam keluarga dengan mutasi penyebab kanker yang diturunkan, beberapa anggota keluarga seringkali mengembangkan jenis kanker yang sama. Kanker ini disebut kanker "familial" atau "keturunan".

Sisanya 90 sampai 95 persen kanker disebabkan oleh mutasi yang terjadi selama masa hidup seseorang sebagai hasil alami dari penuaan dan paparan faktor lingkungan, seperti asap tembakau dan radiasi. Kanker ini disebut kanker "non-keturunan" atau "spontan".

Jika tidak ada siapapun pun di keluarga saya yang memiliki kanker, apakah itu berarti saya tidak berisiko?

Tidak. Berdasarkan data terbaru, sekitar 40 persen laki-laki dan perempuan akan didiagnosis dengan kanker di beberapa titik selama hidup mereka. Sebagian besar kanker disebabkan oleh perubahan genetik yang terjadi sepanjang hidup seseorang sebagai hasil alami dari penuaan dan paparan faktor lingkungan, seperti asap tembakau dan radiasi. Faktor-faktor lain, seperti apa jenis makanan yang Anda makan, berapa banyak yang Anda makan, dan apakah Anda berolahraga, juga dapat mempengaruhi risiko Anda terkena kanker.

Apakah antiperspirant atau deodoran menyebabkan kanker payudara?

Tidak. Studi terbaik sejauh ini tidak menemukan bukti yang mengaitkan bahan kimia yang biasanya ditemukan dalam antiperspirant dan deodoran dengan perubahan dalam jaringan payudara.

Apakah penggunaan pewarna rambut meningkatkan risiko kanker?

Tidak. Tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa penggunaan pewarna rambut meningkatkan risiko kanker. Beberapa studi menunjukkan, bagaimanapun, bahwa penata rambut dan tukang cukur yang secara teratur terkena sejumlah besar pewarna rambut dan produk kimia lain mungkin memiliki peningkatan risiko kanker kandung kemih.
sumber : www.cancer.gov

2 komentar untuk "Mitos Dan Kesalahpahaman Tentang Kanker"

  1. kangker tidak bisa di obati dengan herbal ya. padahal banya sekali orang yang jula obat herbal kangker dan sejenisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan asal pilih pengobatan alternatif untuk kanker, bahaya!

      Hapus
close