Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, August 28, 2015

Nomor KK Tidak Ditemukan Saat Daftar BPJS Online

Sebagian orang yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online seringkali mendapatkan masalah:

"No kartu keluarga anda tidak ditemukan, proses registrasi tidak bisa dilanjutkan."


Jadi terkait nomor KK yang tidak ditemukan, sebenarnya masalahnya di mana dan apakah ada solusi tanpa harus datang ke kantor BPJS terdekat?

Untuk pendaftaran dengan nomor Kartu Keluarga, BPJS Kesehatan telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk dapat mengakses data penduduk yang ingin melakukan pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan. Data yang digunakan dalam pendaftaran adalah data dalam Master File Disdukcapil.

Jadi kemungkinannya adalah nomor KK Anda belum terdaftar dalam database disdukcapil. Tapi sebenarnya ada kemungkinan lain, yaitu masalah di server BPJS yang barangkali sedang maintenance, sehingga databasenya terganggu.

Nomor KK tidak ditemukan saat pendaftaran BPJS Kesehatan

Karena ada beberapa versi laporan yang kami termukan dari group BPJS Kesehatan mengenai nomor KK yang tidak ditemukan saat daftar BPJS secara online:
  1. Seseorang sudah pernah mengecek nomor KK karena akan melakukan pendaftaran tapi persyaratan belum lengkap. Kemudian di hari berikutnya ketika persyaratan lengkap dan ingin melakukan pendaftaran tiba-tiba nomor KK tidak ditemukan, padahal sebelumnya bisa.
  2. Seseorang sudah datang ke kantor catatan sipil untuk mengurus kependudukan terutama masalah nomor KK yang tidak ditemukan ketika daftar online BPJS. Setelah ditelusuri ternyata nomor KK tersebut menurut petugas disana sudah bisa digunakan, lalu kenapa kalau daftar online selalu tidak bisa.

Untuk dugaan tentang maintenance server, seharusnya tidak berlangsung lama dan nomor KK dapat diakses pada waktu yang lain. Tapi jika nomor KK terus tidak ditemukan, barangkali memang masalahnya KK Anda belum masuk ke dalam database Disdukcapil.

Jika nomor KK tidak ditemukan saat pendaftaran BPJS secara online, apa yang harus saya lakukan? Pilihannya ada 2, dan boleh memilih salah satunya:
  1. Peserta dapat melakukan update data KK melalui Kantor Disdukcapil setempat dan divalidasi. Kemudian mencoba daftar online lagi.
  2. Peserta dapat melakukan pendaftaran di Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Mana yang lebih baik, ke Disdukcapil atau ke kantor BPJS Kesehatan?

Jawabannya tentu tergantung pada waktu yang Anda miliki, jika ke kantor dinas pencatatan sipil mungkin antriannya lebih sedikit daripada ke kantor BPJS Kesehatan, tapi setelah data KK diupdate juga belum tentu bisa langsung diakses melalui website pendaftaran BPJS Kesehatan. Jadi kalau Anda ingin yang pasti, lebih baik melakukan pendaftaran di kantor cabang BPJS Kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nomor KK Tidak Ditemukan Saat Daftar BPJS Online

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment