Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, September 3, 2015

Apa Itu Edema, Gejala, Dan Pengobatannya

Edema (Oedema) adalah penumpukan cairan dalam tubuh. Jika Anda memiliki edema, Anda mungkin memperhatikan bahwa sepatu atau cincin Anda tidak cocok. Penglihatan Anda dapat berubah. Ini mungkin lebih sulit untuk bernapas (beberapa orang telah keliru mengira sebagai asma). Jika Anda memiliki banyak cairan ekstra, pergelangan kaki atau kaki bahkan mungkin penyok ketika Anda menekan pada mereka dengan jari. Ini disebut "pitting edema."

Beberapa bagian yang paling umum terkena edema adalah:
  1. Bagian bawah kaki atau tangan (juga disebut edema perifer
  2. Abdomen / perut (juga disebut ascites
  3. Dada (disebut edema paru jika dalam paru-paru dan efusi pleura jika di ruang sekitarnya paru-paru) 

Ascites dan edema perifer dapat membuat kita tidak nyaman dan dapat menjadi tanda kondisi yang lebih serius. Edema paru, yang dapat mengancam jiwa, merupakan gejala gagal jantung .

Bagian dari tugas dialisis adalah untuk melepas cairan ekstra ginjal Anda tidak menghapus lagi. Hal ini penting, karena jika Anda memiliki terlalu banyak cairan, Anda mungkin merasakan:
  1. Sakit kepala dan energi yang lemah
  2. Bengkak di wajah, tangan, perut dan kaki (edema)
  3. Kesulitan bernapas dari cairan di paru-paru saya
  4. Kerusakan jantung dari peregangan hatiku dengan terlalu banyak cairan
  5. Tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan stroke

Gejala Edema

  1. Bengkak atau perubahan pada kulit, menyebabkan untuk muncul memanjang dan mengkilap. Ini biasanya lebih buruk di area tubuh yang paling dekat ke tanah (karena gravitasi). Oleh karena itu, edema umumnya yang terburuk pada bagian bawah kaki (disebut edema perifer) setelah berjalan sekitar, berdiri, duduk di kursi untuk jangka waktu, atau pada akhir hari. Ini terakumulasi pada punggung bagian bawah (yang disebut edema sakral) setelah berada di tempat tidur untuk jangka waktu lama. Mendorong pada daerah yang bengkak selama beberapa detik akan meninggalkan lesung pipit di kulit 
  2. Peningkatan ukuran perut (ascites).
  3. Sesak napas (edema di dada)

Gambar edema pada kaki

Pengobatan Edema

Pengobatan edema mencakup beberapa komponen, antara lain :
  1. Edema perifer dan asites biasanya diperlakukan secara perlahan untuk meminimalkan efek samping dari kehilangan cairan yang cepat (seperti tekanan darah rendah). Jaga ketat asupan air selama perawatan
  2. Kurangi garam (natrium) dalam diet Anda : Sodium, yang ditemukan dalam garam meja dan makanan olahan, dapat memperburuk edema. Mengurangi jumlah garam yang Anda konsumsi dapat membantu mengurangi edema, terutama jika Anda juga mengambil diuretik. Pedoman tentang cara untuk mengurangi natrium tersedia secara terpisah. (Lihat "Informasi Pasien: diet sodium rendah (Langkah Selanjutnya)".)
  3. Diuretik - Diuretik adalah jenis obat yang menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak air dan natrium, yang dapat mengurangi edema. Diuretik harus digunakan dengan hati-hati karena mengeluarkan terlalu banyak cairan terlalu cepat dapat menurunkan tekanan darah, menyebabkan ringan atau pingsan, dan merusak fungsi ginjal.
  4. Stoking kompresi - Leg edema dapat dicegah dan diobati dengan penggunaan stoking kompresi. Stoking tersedia dalam beberapa ketinggian, termasuk setinggi lutut, paha-tinggi, dan pantyhose. Stoking setinggi lutut yang cukup untuk kebanyakan pasien. Beberapa stoking dapat menyebabkan iritasi kulit atau sakit, meskipun pengukuran yang tepat dan pas dari stoking dapat mengurangi risiko ketidaknyamanan.
  5. Pengaturan posisi tubuh - Kaki, pergelangan kaki, dan edema kaki dapat ditingkatkan dengan mengangkat kaki di atas permukaan jantung selama 30 menit tiga atau empat kali per hari. Mengangkat kaki mungkin cukup untuk mengurangi atau menghilangkan edema untuk orang dengan penyakit vena ringan tetapi biasanya tidak cukup dalam kasus yang lebih parah. Selain itu, hal itu mungkin tidak praktis bagi mereka yang bekerja untuk mengangkat kaki mereka beberapa kali per hari.

Sumber :
1. http://www.ultracare-dialysis.com/HealthyLifestyles/EatHealthy/ControllingFluids.aspx
2. http://www.uptodate.com/contents/edema-swelling-beyond-the-basics?source=see_link

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa Itu Edema, Gejala, Dan Pengobatannya

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 comments: