Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, September 11, 2015

Kelebihan Dan Keuntungan BPJS Kesehatan

Memiliki BPJS Kesehatan itu menguntungkan, asal tahu cara mainnya. Ikutilah peraturannya, dengar petunjuk dokter, kalau tidak perlu dirujuk jangan ngotot! Kalau ada yang tidak ditanggung BPJS jangan langsung ngamuk dan menuduh yang bukan-bukan! Jangan hanya menggunakan argumen lawas "kan saya tiap bulan bayar". Kartu BPJS bukan surat sakti supersemar.

Ibarat membeli voucher busway prabayar, mau isi paket sebanyak apapun bukan berarti bisa naik seenaknya dari pinggir jalan seperti angkot. tetap masuk halte, antri dengan penumpang yang lain. Kalau penuh tunggu yang berikutnya datang. Turun pun sudah disediakan tempatnya. Tetap sabar,  tidak boleh merokok seperti di angkot.

Kalau bingung bertanyalah ke orang BPJS langsung, bukan mengamuk kepada tenaga kesehatan (dokter/perawat). Mereka hanya menjalankan tupoksi sesuai wewenangnya dari IDI/PPNI (dengan kata lain tidak mengurusi tetek bengek peradministrasian BPJS).

Jika Anda mengalami masalah dengan BPJS, misalnya ada obat atau tindakan yang tidak ditanggung BPJS, konsultasikanlah kepada BPJS center di rumah sakit tersebut. Biasanya di setiap rumah sakit ada BPJS center, ada bagian penyampaian keluhan.

Kalau perlu saat mendaftar BPJS mintalah nomor call centre BPJS yang bisa dihubungi 24 jam. Kalau perlu catat nama petugasnya.

Kunggulan JKN BPJS Kesehatan sebagai asuransi kesehatan sosial

Dan akan lebih baik lagi, kalau setiap orang yg daftar BPJS itu dibriefing dulu oleh petugas BPJS , diberi tahu mana hak mana kewajiban, ini boleh itu tidak boleh? ini ditanggung itu tidak ditanggung? kalau perlu dibekali buku saku yang isinya peraturan dan hak peserta supaya jangan clingak-clinguk kebingungan pas sudah di faskes.

Berikut kelebihan BPJS Kesehatan atau keuntungan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

1. Hampir semua penyakit ditanggung BPJS
Semua pelayanan yang bersifat pengobatan dapat ditanggung BPJS. Intinya asal itu indikasi medis dan sesuai prosedur bisa ditanggung JKN. Karena sesuai dengan Pedoman Pelaksanaan JKN (permenkes nomor 28 tahun 2014) semua ditanggung kecuali yang disebutkan secara eksplisit tidak masuk pertanggungan seperti estetika, infertilitas, alternatif, komplementer dll. Cek di sini untuk jelasnya: Penyakit Yang Ditanggung BPJS Kesehaan dan KIS.

2. BPJS menjamin penyakit yang dikecualikan banyak asuransi swasta
BPJS Kesehatan memang jaminan kesehatan yang masih baru. Masih banyak peraturan yang membingungkan dan perlu dibenahi. Tetapi bukan berarti asuransi swasta adalah yang paling baik. Banyak asuransi swasta tidak mau menanggung penyakit yang berhubungan dengan kehamilan (bahkan persalinan normal pun tidak ditanggung), kanker, penyakit hormonal, penyakit kongenital (bawaan lahir), hemodialisis, dan penyakit jiwa. BPJS sebagai asuransi dengan premi termurah justru mau menanggung penyakit yang dikecualikan oleh banyak asuransi swasta tersebut.

3. Menanggung tanpa melihat kondisi sebelumnya.
Bpjs kesehatan adalah asuransi kesehatan nasional (sosial), kelebihan bpjs adalah menanggung tanpa melihat kondisi sebelumnya dan batasan penyakit. Untuk orang yang hidup dengan penyakit kronis sangat membantu sekali karena tidak ada asuransi lain yang mau menanggung penyakit seumur hidup berbiaya tinggi seperti, thalassemia, gagal ginjal kronis, kanker, penyakit jantung bawaaan, hemofilia, dan penyakit katastropik lainnya.

4. Preminya murah
Murah bukan berarti murahan dengan hanya premi perbulan untuk kelas 1 59ribu kelas 2 49.500 kelas 3 25.000 anda sudah bisa dicover banyak penyakit, rawat inap, pembedahan obat dan lain sebagainya, dari hasil berita tetangga saya yang sering cuci darah puas karena dijamin JKN BPJS, ada juga cerita teman saya yang istrinya melahirkan dan biaya nol alias gratis

5. Berani jamin seumur hidup
Mungkin hanya bpjs yang berani menanggung proteksi peserta hingga seumur hidup asuransi yang lain paling maksimal 100 tahun itupun kami belum pernah dapat testimoni atau kabar ada asuransi yang berani menanggung hingga umur 100 tahun.

Jadi itulah beberapa kelebihan BPJS Kesehatan dibanding asuransi swasta,walaupun masih baru BPJS Kesehatan juga selalu berusaha untuk memperbaiki dan membuat terobosan yang membantu masyarakat indonesia, prinsip gotong royong seperti yang sehat menolong yang sakit cocok untuk lidah orang indonesia karena gotong royong sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Agar berimbang, saya juga akan menulis kekurangan dan kelemahan JKN BPJS Kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan Dan Keuntungan BPJS Kesehatan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

5 comments:

  1. kekurangan'a juga sebutin dong mas
    pasti ada kekurangan BPJS ini

    ReplyDelete
  2. mantap mas, cuman kadang pelayanan kurang maksimal itu dia kekurangannya

    ReplyDelete
  3. BPJS memang solusi agar seluruh masyarakat indonesia terjamin kesehatannya, Tapi sayangnya dipandang sebelah mata oleh rumah sakit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya ada di sini: http://www.pasiensehat.com/2015/09/kekurangan-dan-kelemahan-bpjs-kesehatan.html

      Delete