Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, September 17, 2015

Pertimbangkan Suplemen Bagi Pasien Penyakit Ginjal Kronis

Sebenarnya pasien penyakit ginjal kronis tidak perlu obat atau suplemen yang muluk-muluk, kita ini sama kok dengan manusia sehat, namun nutrisi per hari kita harus dibatasi.

Karena ketika ada 1 jenis nutrisi berlebih, tubuh kita tidak bisa membuangnya, dan itu pasti ada efeknya.

Contoh protein, kita butuh protein sama halnya manusia sehat, namun bedanya kalau manusia sehat berlebih protein mereka bisa menyaringnya dalam darah dan membuangnya, sedangkan kita akan terakumulasi dalam darah dan bahkan meracuni kita sendiri, menjadi ureum.

Contoh lain adalah kalium, manusia butuh kalium karena kalium ibarat baterai otot dan saraf kita, termasuk otot-otot jantung kita, tanpa kalium semua otot dan saraf akan lemas. Pada manusia sehat kalau kebanyakan kalium akan disaring oleh ginjal dan dibuang, sedangkan kita? Akan tertimbun dalam darah dan kembali meracuni tubuh kita, bayangkan jantung yang kelebihan tenaga ototnya? Akan bekerja tidak teratur dan berdetak kencang sekali bukan?

Nah banyak sekali makanan dan minuman yang bisa kita konsumsi, asal kita tahu bahwa batasan kita lebih rendah dibanding manusia sehat.

Nah suplemen-suplemen yang biasa ditawarkan di pasaran, tentu mempunyai kelebihan nutrisi tersendiri bukan, semisal mengandung :
  • suplemen vitamin C mengandung vitamin C sangat tinggi
  • suplemen kalium mengandung kalium sangat tinggi,
  • suplemen kalsium mengandung kalsium sangat tinggi,
  • dll

Nah, makanan/minuman / suplemen/obat semacam inilah yang kurasa harus kita hindarkan, karena dengan mengkonsumsi mereka, maka batas limit porsi kita akan terpenuhi dan bahkan terlampaui dengan cepat, akibatnya? Pasti ada efek sampingnya.

ilustrasi suplemen makanan [healthiestcare.com]

Kalo saya sih lebih suka natural saja.

Semisal daripada disuruh minum pil vitamin C berisi 100 mg, saya mending makan jeruk saja asal kaliumku aman.

Daripada disuru makan pil ekstrak ikan gabus, mending saya makan sajak ikan gabus bakar atau gurami bakar.

Daripada disuru minum susu ***sol yang mengandung hampir semua yang dibutuhkan pasien hemodialisa, mending aku penuhi kebutuhan HDku dengan makan dan minum, lebih enak rasanya.

Suplemen" dan susu seperti ***sol diperlukan apabila pasie hemodialisa sudah tidak bisa makan, mual berat dan muntah", maka diperlukan makanan/minuman booster itu, tapi kalau bisa makan nasi,daging,sayur dan buah, ya buat apa kita konsumsi yang aneh"?

Selama semua kondisi darah kita aman tentunya (hasil lab).

Semoga membantu (Iv An Aw)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pertimbangkan Suplemen Bagi Pasien Penyakit Ginjal Kronis

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment