Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Monday, January 18, 2016

Bagaimana Cara Vaksin Melindungi Kita?

Vaksin merupakan suatu sediaan biologis yang bila diberikan ke tubuh manusia, akan menstimulasi kekebalan terhadap penyakit tertentu yang spesifik.

Prinsip vaksinasi adalah mempersiapkan sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan kuman sehingga saat terinfeksi, kita tidak jatuh sakit. Setiap vaksin mengandung komponen utama yang disebut antigen dan bersifat spesifik untuk suatu penyakit tertentu. Antigen merupakan komponen dari bakteri/virus yang mati atau dilemahkan, yang bila diberikan ke manusia tidak akan menyebabkan sakit.

Bila vaksin A yang mengandung antigen bakteri/virus A disuntikkan ke dalam tubuh, sistem imunitas akan terstimulasi dan memproduksi “zat penangkal” yang disebut antibodi. Antibodi ini bersifat spesifik untuk penyakit tertentu. Tak hanya itu, tubuh juga akan memproduksi “pasukan pengingat” yg disebut sel memori. Dua hal ini adalah dasar kerja vaksin.

Setelah seseorang divaksinasi A, ia akan kebal terhadap penyakit A. Bila di masa mendatang ia terpapar oleh bakteri/virus A, ia tidak akan sakit karena tubuh sudah mempunyai antibodi untuk menghancurkan bakteri/virus A.
bagaimana vaksin bekerja
kebal setelah imunisasi
Kesimpulannya, orang yang divaksinasi sudah kebal sebelum jatuh sakit. Sedangkan orang yang tidak divaksinasi, harus sakit dulu baru kebal.
[disadur dari catatan dr. Dirga Sakti Rambe]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bagaimana Cara Vaksin Melindungi Kita?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment