Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Hepatitis: Penularan Dan Pencegahannya

Hepatitis adalah peradangan pada liver (hati) yang disebabkan oleh virus. Hanya 1 dari 20 orang dengan hepatitis yang sadar dirinya terinfeksi. Hepatiits dapat menyebabkan kematian.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kasus hepatitis C tertinggi di Asia Tenggara.

Hepatitis C adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang hati. Hepatitis C umumnya tidak menunjukkan gejala pada tahap-tahap awal. Karena itu, sekitar 75 persen penderita hepatitis C tidak menyadari bahwa dirinya sudah tertular sampai akhirnya mengalami kerusakan hati bertahun-tahun kemudian.

Mari kenali penularan dan pencegahannya.

Hepatitis A

Hepatitis A menular melalui makanan dan air minum yang tercemar tinja pengidap. Bisa juga dari kerang dan udang mentah yang datang dari perairan kotor.
Pencegahan hepatitis A: dengan vaksinasi. Makan dan minum dari sumber bersih itu harus.

Hepatitis B

Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh (misalnya: ludah, mani, dan cairan vagina). Dapat juga dari ibu ke bayi dalam persalinan.
Pencegahan hepatitis B: dengan vaksinasi. Jangan berbagi pakai barang pribadi dengan orang hepatitis. Bijaklah dalam berhubungan intim.

Hepatitis C

Hepatitis C menular melalui kontak darah, misalnya dalam alat suntik, pisau cukur dan jarum tato yang tercemar. Lewat hubungan seks juga bisa.
Pencegahan hepatitis C: belum ada vaksin. Jangan berbagi pakai barang pribadi dengan orang hepatitis. Bijaklah dalam berhubungan intim.

Hepatitis D

Hepatitis D menular melalui kontak darah. Disebut juga hepatitis delta. Jenis ini muncul dari orang yang mengidap hepatitis B.
Pencegahan hepatitis D: vaksinasi hepatitis D. Jangan berbagi pakai barang pribadi dengan orang hepatitis. Bijaklah dalam berhubungan intim.

Hepatitis E

Hepatitis E menular melalui makanan dan air minum yang tercemar tinja pengidap. Bisa juga dari kerang dan udang mentah yang datang dari perairan kotor.
Pencegahan hepatitis E:


--
Sumber:
AloDokter & Beritagar.

Posting Komentar untuk "Mengenal Hepatitis: Penularan Dan Pencegahannya"

close