Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, August 26, 2016

Rhinitis Alergi: Apa Gejala Rhinitis Alergi?

Rhinitis alergi adalah peradangan pada bagian dalam hidung yang disebabkan oleh alergen, seperti serbuk sari, debu, jamur, atau serpihan kulit dari hewan tertentu.

Tanda dan gejala rhinitis alergi

Rhinitis alergi biasanya menyebabkan gejala seperti flu, seperti bersin, gatal, hidung tersumbat atau meler. Gejala ini biasanya terjadi segera setelah terkena alergen.

Sebagian orang biasanya hanya mengidap rhinitis alergi selama beberapa bulan pada satu waktu karena mereka sensitif terhadap alergen musiman, seperti pohon atau serbuk sari. Sebagian yang lain dapat mengidap rhinitis alergi sepanjang tahun.

Kebanyakan orang dengan rhinitis alergi memiliki gejala ringan yang dapat dengan mudah dan efektif diobati. Tapi beberapa gejala dapat menjadi parah dan persisten, menyebabkan masalah tidur dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Gejala-gejala rinitis alergi terkadang meningkat seiring waktu, tetapi hal ini dapat memakan waktu bertahun-tahun dan biasanya tidak mungkin kondisi ini akan hilang sepenuhnya.

Kapan harus mengunjungi dokter?

Kunjungi dokter jika gejala rhinitis alergi mengganggu tidur Anda, mengganggu Anda melakukan kegiatan sehari-hari, atau dapat mempengaruhi kinerja Anda di tempat kerja atau sekolah.

Diagnosis rinitis alergi biasanya akan didasarkan pada gejala dan beberapa pemicu yang mungkin Anda sadari. Jika penyebab kondisi tidak pasti, Anda mungkin akan dirujuk untuk tes alergi.


Pengobatan dan pencegahan rhinitis alergi

Pastinya sulit untuk sepenuhnya menghindari potensi alergen, tetapi Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk mengurangi paparan alergen tertentu yang Anda ketahui atau dicurigai memicu rhinitis alergi Anda. Hal ini akan membantu mengurangi gejala rhinitis alergi Anda.

Jika kondisinya ringan, Anda juga dapat membantu mengurangi gejala dengan meminum obat bebas (over-the-counter), seperti antihistamin, dan dengan membilas hidung Anda dengan larutan air garam secara teratur untuk menjaga hidung Anda bebas dari iritasi.

Kunjungi dokter Anda untuk saran jika Anda sudah mencoba mengambil langkah-langkah tetapi tidak membantu. Mereka mungkin meresepkan obat yang lebih kuat, seperti obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid.

Masalah lebih lanjut

Rhinitis alergi dapat menyebabkan komplikasi dalam beberapa kasus. Komplikasi ini mencakup:

Polip hidung - abnormal tetapi kantung cairan non-kanker (jinak) yang tumbuh di dalam saluran hidung dan sinus

Sinusitis - infeksi yang disebabkan oleh peradangan hidung dan pembengkakan yang mencegah lendir mengalir dari sinus

Infeksi telinga tengah - infeksi bagian telinga yang terletak tepat di belakang gendang telinga

Masalah-masalah ini sering dapat diobati dengan obat, meskipun terkadang operasi diperlukan pada kasus yang berat atau jangka panjang.

Artikel asli: http://www.nhs.uk/conditions/rhinitis---allergic/Pages/Introduction.aspx

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rhinitis Alergi: Apa Gejala Rhinitis Alergi?

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 comments:

Post a Comment