Makanan Sebelum Dan Sesudah Hemodialisa (HD)

Banyak yang mengatakan makanlah yang banyak sebelum atau saat menjalani HD (hemodialisis). Menurut Anda, bagaimanakah dengan hal itu? Tentu, satu hal yang pasti adalah proses peresapan nutrisi makanan tidak bisa instant, tapi butuh waktu, jadi bila proses HD adalah 4 jam, makannya yang Anda makan, sebagian besar efek dari makanan baru terasa setelah HD, alias tidak tercuci. Dari permasalahan tersebut, mari kita membahas, bagaimana makan yang tepat sebelum, saat dan setelah HD.

Makan yang tepat untuk sebelum, sewaktu dan setelah HD adalah makan makanan yang tidak terlalu kenyang, alias berkecukupan. Kenapa demikian? Karena pada saat HD, darah Anda akan keluar sebagian dari tubuh Anda. Dan proses pencernaan makanan membutuhkan fokus sirkulasi darah secara khusus di lambung Anda. Apabila Anda mengalami kondisi hipotensi, hipoglikemi alias drop, dimana otak Anda akan kekurangan sirkulasi darah, maka tubuh akan bereaksi dengan mengurangi sirkulasi darah di seluruh bagian tubuh dan fokus ke kepala.

Bagaimana dengan proses pencernaan yang sedang terjadi pada saat Anda drop? Tentunya prosesnya secara tidak langsung di stop oleh tubuh dan tubuh akan berusaha mengeluarkan makanan atau minuman dari dalam tubuh karena dianggap mengganggu, jadi Anda akan muntah.

Saat yang paling rentan waktu HD adalah ketika baru memulai HD, menjelang akhir HD dan setelah HD karena disaat-saat itulah terjadi perubahan yang cukup besar dalam komposisi darah Anda. Jadi tipsnya. Jangan makan atau minum terlalu banyak jika hendak menjalani HD, sedang HD, maupun setelah HD. Makan dan minum secukupnya saja.

Tips Makan Sebelum Hemodialisa (HD)

  1. Makan terkenyang adalah malam hari sebelum HD. Beri jarak 6-10 jam sebelum HD.
  2. Menjelang HD atau selama HD cukup makan ringan atau snack apabila memang lapar, karena kandungannya tidak akan tercuci, dan snack tidak butuh banyak energi untuk mencerna.
  3. Selesai HD, juga cukup makan ringan, karena ini masa pemulihan, Anda berpotensi drop apabila makan terlalu berat.
  4. Makan berat setelah HD sekitar 4 jam atau lebih. Sesuaikan dengan kondisi Anda, beda orang butuh masa pemulihan yang berbeda.
Jadi bagaimana menurut Anda? Memang tidak mudah menjalani HD tanpa makan terutama bila memang dari awal Anda sudah diajari bebas makan selama HD dan sudah terbiasa begitu.
Sumber : Facebook Iv An Aw/HGM

0 Comments

Posting Komentar