Cara Pindah Faskes 1 Online Lewat Aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan


Tahukah Anda jika cara pindah faskes ternyata dapat dilakukan dengan mudah. Pengalaman saya ganti faskes 1 BPJS Kesehatan yaitu melalui aplikasi Mobile JKN secara online.

Mobile JKN adalah aplikasi untuk berbasis mobile yang dapat diunduh dan diinstal secara gratis pada perangkat ponsel pintar anda baik android maupun iphone, aplikasi tersebut bisa diperoleh dari playstore atau appstore.

Aplikasi tersebut sangat membantu sekali, selain dapat digunakan untuk memperoleh informasi mengenai kepesertaan JKN, anda juga dapat melakukan penggantian faskes 1 secara online lewat aplikasi mobile JKN tersebut.

Jadi, untuk anda yang sekarang ingin memutuskan ganti faskes 1 dengan faskes sesuai pilihan anda, maka anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS, cukup menggunakan aplikasi mobile JKN sudah bisa ganti faskes 1 sesuai keinginan.

Pengertian Faskes 1


Sebelum membahas tata cara atau langkah-langkah bagaimana cara mengganti faskes 1 secara online, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu pengertian apa itu fakses, agar anda paham apa itu faskes sehingga keputusan anda dalam mengganti faskes lebih mantap.

Baca Juga: Cara Hitung Denda BPJS Rawat Inap Tingkat Lanjut (RITL)

Fasilitas kesehatan tingkat pertama atau faskes tingkat 1 adalah fasilitas kesehatan yang meliputi puskesmas, klinik, dokter pribadi yang pertama kali harus dikunjungi pada saat peserta BPJS ingin periksa kesehatan atau berobat dengan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Faskes bersifat tidak tetap, artinya peserta bisa mengganti faskes 1 yang dipilihnya kapanpun dan dimanapun secara online melalui aplikasi mobile JKN, dan tentunya ada syarat yang harus dipenuhi.

Syarat ganti faskes 1 BPJS Kesehatan adalah :
1. minimal masa atau usia kepesertaan BPJS anda sudah 3 bulan, atau
2. minimal 3 bulan sejak peserta melakukan pindah faskes 1 sebelumnya, dan
3. faskes 1 tujuan yang ingin anda pilih sebagai pengganti harus dalam keadaan masih tersedia kuotanya.

Cara ganti faskes 1 secara online lewat mobile JKN


Untuk anda yang ingin melakukan pindah faskes 1 melalui aplikasi mobile JKN, dengan mengambil faskes tingkat 1 yang lebih dekat dengan rumah, pindah faskes baru bisa dilakukan jika kuota peserta di faskes tujuan masih tersedia, dan kepesertaan sudah menginjak 3 bulan.

Dengan kata lain pindah faskes bisa anda lakukan setiap 3 bulan sekali, artinya jika usia kepesertaan anda sudah menginjak 3 bulan, atau 3 bulan setelah anda ganti faskes sebelumnya jika pernah, maka anda baru bisa melakukan pergantian faskes.

Baca Juga: Kenapa Pindah Faskes Dibatasi 3 Bulan?

Pindah faskes BPJS berapa lama? Berapa lama bisa digunakan setelah ganti faskes? Setelah pindah faskes dilakukan maka faskes baru akan berlaku pada tanggal 1 bulan berikutnya.

Berikut adalah langkah-langkah tata cara untuk mengganti faskes 1 BPJS Kesehatan:

1. Unduh dan instal aplikasi Mobile JKN pada ponsel Anda lewat playstore atau appstore.

2. Buka aplikasi mobile JKN, lalu silahkan login menggunakan Nomor peserta BPJS atau email anda.

3. Pada tampilan utama mobile JKN, pilih menu "Menu Lainnya" kemudian pilih "Perubahan Data Peserta".

4. Anda akan disajikan tampilan menu untuk merubah data peserta, data peserta yang saat ini bisa diubah secara online diantaranya:
  • Nomor Handphone
  • Email
  • Alamat Surat
  • Fasilitas Kesehatan Tingkat 1
Untuk ganti faskes, silahkan tekan saja pilihan Fasilitas Kesehatan Tingkat 1.

5. Selanjutnya akan muncul tampilan popup yang meminta anda untuk memilih Provinsi, kabupaten dan Fasilitas Kesehatan.

Silahkan anda pilih provinsi, kota/ kabupaten dan juga faskes yang anda inginkan. kemudian tekan tombol simpan jika sudah selesai.

Jika muncul pesan peringatan "Faskes yang anda pilih telah memiliki lebih dari 5.000 peserta, dan berpotensi pada melonjaknya jumlah antrian, apakah anda ingin memilih alternatif faskes terdekat lainnya?"

Artinya faskes tersebut sudah penuh, anda bisa memilih faskes tersebut dengan resiko antrian penuh atau bisa juga memilih faskes lainnya.

Tekan tombol Tidak, jika tetap ingin memilih faskes tersebut, atau tekan tombol Ya untuk memilih lagi faskes terdekat lainnya.

6. Jika faskes sudah dipilih, maka aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi ke email atau nomor hp anda, silahkan cek di email anda yang anda daftarkan di BPJS atau cek di pesan sms ke Nomor HP anda yang sesuai dengan nomor hp yang anda daftarkan di BPJS.

Silahkan cek kode verifikasi yang dikirim BPJS di email/ pesan sms ke nomor hp anda lalu masukan.

Setelah dimasukan lalu tekan tombol verifikasi.

7. Setelah proses verifikasi faskes selesai, maka akan muncul konfirmasi perubahan fakses tingkat satu.

Pesan tersebut menginformasikan kepada anda, bahwa penggantian faskes berlaku tanggal 1 bulan berikutnya, artinya anda bisa berobat menggunakan faskes baru setelah tanggal 1 bulan berikutnya setelah anda berhasil melakukan proses ganti faskes 1 BPJS online via mobile JKN.

Apakah setelah pindah faskes kartu BPJS perlu diganti?


Karena faskes dicantumkan di kartu BPJS, setelah melakukan pindah faskes kartu BPJS sebaiknya diganti dengan cara mencetak sendiri kartu KIS melalui aplikasi Mobile JKN.

Cara ganti kartu KIS melalui aplikasi Mobile JKN adalah dengan menuju ke menu "Kartu Peserta" kemudian pilih "Kirim Email" untuk mengirim kartu ke email anda agar dapat dicetak dari email. Untuk mencetaknya tentu saja anda harus menyiapkan printer sendiri atau bisa juga dengan datang ke jasa percetakan. Setelah kartu dicetak, anda bisa laminating kartu tersebut agar lebih awet dan tahan lama.

Baca Juga: Cara Cek Faskes dan Rumah Sakit Yang Menerima BPJS Kesehatan

Perlu juga diketahui, saat ini walaupun setiap peserta harus memegang kartu, pada saat berobat kita bisa menggunakan kartu virtual yang terdapat pada aplikasi mobile JKN dengan menunjukannya pada petugas pendaftaran di faskes.

Sehingga jika kartu KIS atau kartu BPJS tidak terbawa atau lupa/hilang, anda masih tetap bisa berobat di faskes tingkat 1 cukup dengan menunjukan kartu virtual yang tertera pada aplikasi mobile JKN.

Demikian artikel cara pindah faskes 1 online lewat aplikasi mobile JKN dari BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi blog Pasien Sehat untuk melihat artikel kami lainnya.

0 Comments

Posting Komentar