Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, December 14, 2014

9 Tips Untuk Tidur Lebih Berkualitas (Nyenyak)

Tidur yang cukup sangatlah penting karena jika kamu selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan kamu.

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan kamu, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh kamu rentan terkena penyakit.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main gadget, dan sebagainya.


Kucing Tidur

Berikut 9 tips yang akan membantu anda mendapatkan tidur yang berkualitas


1. Tidur Dalam Kamar Yang Gelap Gulita

Cahaya sekecil apapun bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu. Jadi untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, matikan semua lampu, peralatan elektronik, semua yang memancarkan cahaya di kamar kamu sampai kamar dalam keadaan gelap gulita.

2. Berjalan Setiap Hari

Berjalan setiap hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kebugaran, membakar lemak dan mendapatkan Vitamin D. Paparan cahaya alami setiap hari bisa membantu mengatur siklus tidur tubuh kamu dan membuat tidur kamu lebih nyenyak setiap malam.

3. Membaca Sebelum Tidur

Membaca adalah ide brilian sebelum tidur yang membuat pikiran kamu fokus. Hal itu membuat kamu dalam keadaan rileks sebelum tidur baik pikiran maupun badan dan mengosongkan pikiran. Sehingga saat kamu selesai membaca, kamu akan lebih mudah untuk tidur.

4. Bermeditasi

Meditasi adalah aktivitas lain yang jika kamu lakukan setiap hari dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Meditasi mengajarkan kamu berelaksasi secara alami baik pikiran maupun badan dengan mudah.

5. Batasi Asupan Kafein

Minuman berkafein seperti kopi adalah minuman alternative yang membuat kamu tetap terhidrasi, meningkatkan kewaspadaan, mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh. Tapi bagaimanapun mengkonsumsi banyak kafein bisa menyebabkan gangguan tidur seperti insomnia dan mengurangi kualitas tidur kamu. Oleh karena itu, untuk memastikan kualitas tidur kamu tetap baik, batasi asupan kafein kamu.

6. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat sebelum tidur memiliki efek di badan kamu dan membantu merelaksasi otot kamu sebelum kamu tidur. Peningkatan dan penurunan suhu tubuh juga menyebabkan rasa kantuk dan membantu kamu tidur lebih nyenyak.

7. Penuhi Kebutuhan Magnesium dan Zinc

Penelitian menunjukkan bahwa Magnesium dan Zinc dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Magnesium banyak terdapat pada kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang brazil dan biji labu. Zinc banyak terdapat pada daging sapi, keju dan daging kambing.

8. Berolahraga Secara Teratur

Sebagai tambahan dari berjalan, berolahraga 3-5 kali seminggu dapat meningkatakan kualitas tidur kamu. Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara berolahraga dan kualitas tidur, orang yang berolahraga secara intensif memiliki kualitas tidur lebih baik.

9. Jadwalkan Waktu Tidur

Cara terakhir untuk tidur lebih berkualitas adalah dengan cara membuat priotitas. Menjadwalkan waktu tidur dapat membuat waktu bagun tidur lebih menyegarkan.

[sumur: freefitnesstips.co.uk | photo: devianart]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 9 Tips Untuk Tidur Lebih Berkualitas (Nyenyak)

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

4 comments:

  1. Mau coba aahh..
    Biar tidur lebih nyenyak :D Makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  2. Kenapa saya malah fokosu ke gambar kucingnya yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tega amat saya dibilang stress wkwkwk
      Lagian pakai gambar kucing sih heheh

      Delete