Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, January 17, 2015

Fatigue: Lebih Dari Sekedar Kelelahan!

Fatigue adalah kata dalam bahasa Inggris bisa diartikan dengan kelelahan, keletihan, dan kepenatan. Namun fatigue berbeda dengan kata Tired yang juga diartikan dengan lelah, capek, dan letih.

Fatigue digunakan untuk kelelahan yang tidak hilang walaupun sudah istirahat, dan fatigue umunya adalah salah satu gejala dari berbagai penyakit Autoimun seperti Lupus, Multiple Sclerosis, Rheumatoid Arthritis, Myasthenia Gravis, dan lainnya.

Sedangkan tired biasanya digunakan untuk kelelahan yang bisa dihilangkan dengan istirahat, misalkan anda lelah setelah berolahraga dan akan hilang jika sudah beristirahat.

Fatigue: More Than Being Tired! 


Fatigue sangat berbeda dari kelelahan pada umumnya, saat anda memperoleh tidur malam yang cukup biasanya bangun pagi akan terasa segar dan penuh energi, tapi fatigue masih terus ada, bagun tidur tetap merasa lelah.

Dengan fatigue, tidak ada pengaruhnya anda tidur 3 jam atau 10 jam, saat bangun seperti orang yang tidak tidur sama sekali.

Fatigue bisa muncul secara tiba-tiba. Pada suatu hari anda mungkin sedang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan, kemudian kaki anda mendadak lemah seperti bubur dan anda seolah berjalan di dekat tembok. Itu artinya anda harus istirahat SEKARANG JUGA!

Mengangkat sendok sama beratnya dengan mengangkat dumbell seberat 5 kilogram.

Fatigue bisa membuat anda merasa selalu berada di tepi jurang yang setiap saat anda bisa terjatuh.

Beraktifitas dengan fatigue itu seperti sedang berjalan di dalam air. Semuanya mencoba untuk menekan anda, melawan setiap gerakan anda.

Fatigue bisa menimbulkan masalah terhadap kesimbangan, penglihatan, bicara cadel, sakit kepala, depresi, sulit berfikir dan konsentrasi, dan banyak lagi gejala lainnya.

Fatigue-nya orang dengan Myasthenia Gravis itu seperti baterai soak, anda hanya memiliki tenaga untuk beberapa jam saja atau hanya setengah hari, selebihnya anda akan tergantung dengan obat, tapi pengaruh obat pun masih bisa hilang oleh berbagai faktor.

Untungnya MG merupakan kasus yang jarang terjadi gan... Untung? Berarti TS lagi sial dong.. Wkwkwkwk. Qadarullah wama sya'a fa'ala.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fatigue: Lebih Dari Sekedar Kelelahan!

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

9 comments:

  1. aku jadi lebih faham deh tentang istilah Fatigue.. trims ya..

    ReplyDelete
  2. selalu semangat mas, meski berat fatigue bukan alasann untuk menyerah...

    ReplyDelete
  3. Fatigue, baru tahu sekarang mas ... terimakasih sudah mau berbagi ...

    ReplyDelete
  4. Sama semacem warning gitu ya mas :)

    ReplyDelete
  5. Wih kayanya penyakitnya tidak bisa ditoleransi. Sekali lagi kalau istirahat yang cukup sangat penting

    ReplyDelete
  6. Bahaya banget ya penyakitnya, hmm..ngeri..

    ReplyDelete
  7. OPtimis mas.. kadang kadang saya pernah mengalami kejadian seperti itu.. Kerja keras ga, begadang juga ngga.. tp kok lelah terus. Tidur seharian seakan-akan ga cukup-cukup.. entah malas karena faktor psikologis lain atau karena penyakit, saya ga tau pasti.. saya belum pernah periksa soalnya.

    ReplyDelete
  8. oh..mungkin dari asal kata fatigue inilah product multivitamin dinamakan "FATIG*N" itu :D

    ReplyDelete