Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Wednesday, February 18, 2015

Bahaya Sering Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama berbahaya bagi kesehatan dan bisa membunuhmu...

Apakah kegiatan anda menanami tanaman atau berburu di hutan, sebagian besar kehidupan kita sebagai manusia bertumpu pada kaki kita. Namun setelah datangnya televisi, komputer, dan pekerjaan kantor, kita menghabiskan waktu duduk paling lama sepanjang sejarah: 9.3 jam per hari, bahkan lebih lama dari waktu tidur kita (7.7 jam).

Tubuh kita tidak dirancang untuk duduk seharian, dan aktifitas duduk terlalu lama mulai memakan korban jiwa. Anda mungkin akan berdiri setelah membaca ini.

sumber ilustrasi

Duduk terlalu lama meningkatkan risiko kematian hingga 40%
Duduk lebih dari 6 jam per hari meningkatkan risiko hingga 40% lebih dekat dengan kematian dalam waktu 15 tahun dibandingkan dengan orang yang duduk kurang dari 3 jam.

Rata-rata kita menghabiskan aktifitas fisik kita untuk: duduk 9.3 jam per hari, aktifitas ringan (berjalan dan berdiri) 6.5 jam per hari, dan aktifitas berat (berolahraga/lari) 0.7 jam per hari.

Sebuah studi menunjukkan hanya dengan mengurangi waktu duduk dapat membantu mengurangi risiko. Bagaimana cara duduk bisa membunuhmu?

Duduk terlalu lama membuatmu gemuk
Orang yang gemuk duduk 2.5 jam lebih banyak dari orang yang kurus. Duduk hampir tidak membutuhkan tenaga. Dampak dari duduk terlalu lama bukan hanya terjadi dalam jangka panjang, tapi setiap kali anda duduk, maka tubuh akan mengalami penurunan.

Bagaimana duduk terlalu lama berdampak pada tubuh?

Duduk terlalu lama bisa melemahkan otot, terutama di kaki dan pinggul. Ketika anda duduk, otot pinggul menjadi benar-benar tidak aktif. Mereka tidak sedang digunakan dan hal itu akan melemahkannya.

Otot pinggul yang kuat diperlukan untuk pergerakan yang alami dan efektif, berlari, berjalan dan juga mengangkat beban. Jika Anda melakukan hal-hal tadi dengan otot yang lemah yakni otot pinggul yang kurang aktif akibat posisi duduk yang terlalu lama, itu hanya akan mengakibatkan cedera nantinya.

Setiap saat anda duduk maka:
  • Aktifitas listrik saraf pada kaki akan berkurang bahkan terhenti.
  • Pembakaran kalori akan berkurang 1 per menit.
  • Enzim yang membantu penghancuran lemak akan berkurang hingga 90%.

Setelah 2 jam duduk
  • Kolesterol baik akan berkurang 20%.
  • Efektivitas insulin akan berkurang 24 % dan risiko diabetes akan meningkat.

Orang-orang dengan pekerjaan duduk memiliki risiko penyakit jantung 2 kali lebih besar dari orang dengan pekerjaan berdiri.

Bagaimana caranya agar tidak duduk terlalu lama
Untuk kebanyakan orang, duduk 8 jam per hari yang merupakan bagian dari pekerjaan tidak bisa terhindarkan. Namun jika anda tetap duduk di luar dari pekerjaan anda bisa mengakibatkan risiko serius.

Meskipun langkah kecil, seperti berdiri selama 1 menit, dapat berdampak positif pada tubuh anda. Lakukan kegiatan berikut di sela-sela waktu duduk anda:
  • Peregangan/Stretching
  • Berjalan / Banyak bergerak di tempat anda
  • Melompat-lompat

Beberapa tips praktis untuk pekerja kantor dalam menghindari duduk terlalu lama:
  • Berjalan melihat rekan kerja daripada meng-email atau menelepon.
  • Berdiri saat menerima panggilan telepon.
  • Berdiri saat mengadakan meeting atau menganjurkan break rutin saat meeting.
  • Berjalan menaiki tangga daripada menggunakan lift.
  • Menggunakan toilet pada lantai yang lain.

Berjalan dapat membakan 3-5 kali kalori lebih banyak daripada duduk. Luangkan waktu untuk berjalan di kantor dan sekitar kantor.

Hindari kursi santai anda
Orang yang duduk 3 jam atau lebih setiap harinya untuk menonton televisi memiliki 64% lebih risiko terkena penyakit jantung.

Cara ekstra menghindari duduk terlalu lama
Waktu duduk akan bertambah apakah anda berada di mobil atau di kantor. Berjalan, bersepeda, dan menaiki tangga ketimbang lift/elevator juga mengurangi waktu duduk anda. Usahakan lakukan kegiatan apapun yang anda bisa yang bisa mengurangi waktu duduk anda.

Tubuh manusia tidak dirancang untuk aktifitas duduk dalam waktu yang lama. 100 tahun yang lalu saat kita semua bekerja keras di lapangan dan pabrik, kegemukan pada dasarnya tidak ada. Namun sejak kita tidak bisa berlari bebas di lapangan, kita harus membantu tubuh kita dengan cara berbeda. Penuhilah kebutuhan tubuh untuk berdiri dengan berdiri.
source: lifehack.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahaya Sering Duduk Terlalu Lama

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

8 comments:

  1. nah itu dia mas...kadang kalau waktu libur kita ngeblog kan bisa sampai 3 atau 4 jam...dan semua itu dilakukan secara rutin...bahaya juga kali...kayaknya perlu juga bikin rtinitas nge-blognya kayak estafet kali ya mas...misalnya kita nge-blog dalam 2 jam...lalu berhenti untuk melakukan aktifitas lainnya...lau nanti sambung lagi 2 jam untuk ngeblog...menurut kamu gimana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman pertamax ane...ambil dulu hadiahnya di pom bensin terdekat...heee

      Delete
  2. Wah ini sebenarnya peringatan untuk para blogger. Jangan ngeblog terlalu banyak. Ngblognya sambil berdiri. heheheh

    ReplyDelete
  3. Apa yang diutarakan dalam tulisan diatas sudah jadi bukti. Informasi untuk kita supaya banyak bergerak.
    Mari jogging setiap hari minimal satu jam untuk kesehatan dan kebugaran.

    ReplyDelete
  4. banyak sekali ya dampak buruk jika kita terlalu banyak duduk Kang, , Saya juga sering melakukan peregangan jika terlalu lama duduk dan perbanyak minum air putih, makasih banyak tipsnya Kang,

    ReplyDelete
  5. njirrr jujur kang saya duduk sehari bisa sampe 8 jam lebih di kantor :v kalo tahu bahaya gini musti banyak lompat nih :v

    ReplyDelete
  6. yang bahaya itu ketika duduk terlalu banyak ternyata bisa menyebabkan diabetes juga ya gan...sungguh suatu penyakit yang garang dan mematikan secara perlahan....kayaknya memang harus diganti jam duduknya biar aman.

    ReplyDelete