Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Thursday, March 5, 2015

18 Fakta Ajaib Tentang Tubuh Manusia

Tahukah anda semakin gemuk manusia akan semakin banyak pembuluh darahnya? atau bahwa kulit kulup yang telah terpotong dapat tumbuh hingga proporsi yang mengerikan? Tubuh manusia menyimpan berbagai misteri yang sangat ajaib, dan seringkali terlihat tidak masuk akal. Setidaknya ada 18 fakta tubuh manusia yang belum banyak diketahui dan terbilang ajaib.

Dengan demikian ungkapan yang menyebutkan bahwa Anda harus mengenali tubuh Anda sendiri adalah hal yang tepat. Sebab dengan mengetahui dan memahami tubuh Anda, maka Anda bisa menerapkan pola kesehatan apa saja yang cocok untuk tubuh manusia.

Baiklah, anda akan mengetahui setelah selesai membaaca fakta ajaib tentang tubuh manusia berikut ini.
sumber ilustrasi

1. Lambung kita penuh dengan cairan asam yang cukup kuat untuk meleburkan besi. Tapi jangan kuatir dulu, lapisan lambung akan meregenerasi dengan sangat cepat sehingga cairan asam tersebut tidak ikut menghancurkan lambungnya.

2. Paru-paru terdiri atas lebih dari 300 juta pembuluh kapiler yang merupakan pembuluh darah yang sangat kecil. Jika semuanya disambung, panjangnya bisa mencapai 992 kilometer.

3. Testis (rata-rata pada pria dewasa) dapat memproduksi 10 juta sel sperma baru setiap harinya. Jumlah sperma yang cukup untuk membangun populasi sebuah kota hanya dalam satu hari.

4. Tulang manusia (khususnya tulang paha) 4 kali lebih kuat dari pada beton. Satu inci kubik tulang dapat menanggung beban / tertindih beban 19.000 pon atau sekitar 8.6 ton.

5. Organ paling luas pada tubuh manusia adalah kulit, setiap orang dapat melepaskan kulit mati hingga 40 pon sepanjang hidupnya.

6. Anda pergi tidur dan bangun kembali dengan ukuran tubuh yang berbeda, bangun tidur merupakan kondisi tubuh paling tinggi, dan seiring waktu tubuh akan menyusut tertarik oleh gravitasi bumi.

7. Rata-rata setiap harinya, otot-otot lensa mata dapat bergerak sekitar 100.000 kali. Jika hal ini dilakukan oleh otot kaki, akan sama dengan berjalan sejauh 50 mil per hari.

8. Jika seluruh pembuluh darah disambungkan dari-ujung-ke-ujung, panjangannya akan dapat mengelilingi bumi dengan panjang keseluruhan lebih dari 25.000 mil.

9. Potongan kulit kulup yang disunat, hanya perlu 21 hari untuk menumbuhkan kulit baru yang dapat menutupi luas tiga kali lapangan basket. Hasil uji labolatorium ini digunakan untuk perawatan pasien luka bakar.

10. Pembuluh darah sepanjang 7 mil akan tumbuh pada setiap penambahan berat badan 1 pon.

11. Saat anda tersipu malu, lambung anda juga akan ikut memerah.

12. Sepanjang hidup, manusia akan memproduksi air liur yang cukup untuk mengisi dua kolam renang.

13. Manusia adalah satu-satunya mamalia di dunia yang tidak bisa bernafas dan menelan pada saat yang bersamaan.

14. Pada Ovarium wanita, terdapat lebih dari 500.000 telur namun hanya sekitar 400 telur yang memiliki kesempatan untuk menciptakan kehidupan.

15. Kaki berkeringat, kaki anda memiliki sekitar 500.000 kelenjar keringat yang mampu memproduksi segelas bir keringat setiap harinya.

16. Hidung manusia memiliki ingatan yang baik dan mampu mengingat 50.000 jenis bau yang berbeda.

17. Kecepatan udara saat bersin bisa mencapai lebih dari 100 mil per jam.

18. Saat bersin, secara refleks mata akan terpejam. Jika tidak, mata bisa terpental ke luar. Kalau tidak percaya boleh dibuktikan sendiri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 18 Fakta Ajaib Tentang Tubuh Manusia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. organ organ itu memang hebat dan sangat ajaib tak bisa digantikan oleh mesin, satu organ saja tak berfungsi dengan baik maka akan sakit dan tak bisa menikmati manisnya hidup.. Allah maha kuasa ya mas.. terima kasih sharenya ya, fungsi ajaibnya aku baru tahu disini

    ReplyDelete
  2. hanay bisa ucapkan subhanallah Mas Kun..!
    taunya cuma organ usus yg panjangnya 6 meter

    ini bukan fakta ajaib lagi..tp rahasia yg harus diasah di badan kita Mas Kun..!

    ReplyDelete