Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, March 27, 2015

Penyakit Yang Disebabkan Dehidrasi

Dehidrasi disebabkan karena tidak cukup cairan dalam aliran darah. Minum air putih adalah cara sederhana menghilangkan dehidrasi. Bagaiamana caranya kita tahu bahwa kita sedang mengalami dehidrasi? Tubuh anda akan bereaksi akibat kekurangan cairan dan berdampak pada timbulnya berbagai penyakit dan masalah kesehatan terkait.

Mual dan sakit kepala akibat dehidrasi

Salah satu tanda awal anda mengalami dehidrasi adalah mual dan sakit kepala. Anak-anak dan orang tua sangat rentan terhadap dehidrasi, terutama saat cuaca panas. Baik anak-anak maupun orang tua akan membutuhkan persediaan air yang mudah diperoleh selama cuaca panas, dan dapat diperingatkan secara lembut untuk meminum air yang cukup. Jadi, jika anda mengalami sakit kepala atau sakit perut, minumlah segelas air putih sebelum memilih untuk minum obat.

Kegagalan ginjal akibat dehidrasi

Gagal ginjal dan batu ginjal adalah salah satu penyakit serius yang diakibatkan oleh dehidrasi. Batu ginjal adalah kristal kalsium yang terbentuk dalam urin yang seringkali disebabkan karena kurangnya cairan. Batu-batu kecil akan melewati kandung kemih dan saluran kemih, terkadang menimbulkan rasa sakit yang hebat di sisi panggul. Minum air putih yang cukup dapat menurunkan risiko terkena batu ginjal. Jika anda memiliki batu ginjal, minum banyak air putih adalah cara terbaik untuk mengeluarkan kristal-kristal batu tanpa harus operasi.

Kram otot akibat dehidrasi

Jika anda pernah merasakan kram di kaki, anda sudah tahu bagaimana rasa sakitnya. Jika anda memiliki jenis olahraga yang berisiko untuk kram otot, dua hal yang dapat anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan melakukan peregangan sebelum latihan dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Menjaga hidrasi sangat penting terutama jika anda berolahraga lebih dari satu jam dan dalam cuaca hangat.

Kurangi risiko serangan jantung, plak, dan stroke dengan meminum air

Dehidrasi dapat menimbulkan masalah pada peredaran darah tubuh kita. Semakin anda mengalami dehidrasi, akan semakin rendah pula volume darah anda. Serangan jantung dan stroke disebabkan oleh penumpukan kolesterol dan plak di pembuluh darah arteri. Semakin mudah darah mengalir maka akan semakin ringan pula kerja jantung. Jadi dengan menjaga tubuh terus terhidrasi akan mengurangi risiko serangan jantung karena darah mengalir dengan baik dan mudah tersalurkan melalui arteri, bahkan sebagian yang tersumbat.

Daftar penyakit yang disebabkan dehidrasi sangat banyak, tapi obatnya sederhana

Ada berbagai penyakit yang berhubungan dengan dehidrasi, yang dikutip dari buku "You’re not Sick, You’re Thirsty" karya F. Batmanghelidj. Beberapa masalah kesehatan serius yang terkait dengan kurangnya minum air adalah:

Air itu murah dan mudah tersedia bagi kebanyakan orang. Anda bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan bentuk cairan apa saja, selama tidak mengandung kafein dan alkohol, tapi kenapa anda jarang minum air? Meminum air yang cukup dapat membantu anda merasa lebih baik dan sehat dalam waktu singkat.


Sumber bacaan
F. Batmanghelidj, M.D. You’re Not Sick, You’re Thirsty! Water for health, for healing, for life.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyakit Yang Disebabkan Dehidrasi

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. memang biasa kita terlupa untuk minum apalagi sebagai blogger kalau sudah malam lupa minum sampai tidur lagi

    ReplyDelete
  2. bahaya banget ya kalo dehidrasinya sudah parah?
    kalau saya biasanya merasa agak pusing dan sulit konsentrasi...cukup minum sebotol air putih dingin solusinya

    ReplyDelete
  3. Makanya ada anjuran minum 8 gelas per hari ya :)

    ReplyDelete