Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Friday, March 6, 2015

Rahasia Menurunkan Berat Badan

Selain mengonsumsi makanan yang tepat, meningkatkan tingkat metabolisme juga merupakan kunci utama untuk menurunkan berat badan yang sehat.

Meningkatkan laju metabolisme dapat membakar lemak lebih cepat sehingga berat badan akan turun dan secara umum kesehatan anda juga akan meningkat. Sebaiknya anda lakukan dengan cara yang sehat, konsisten dan berkelanjutan.

Jika Anda sudah siap untuk mempercepat kemampuan pembakaran lemak tubuh, kita memiliki 10 cara untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan berkilo-kilogram dengan cepat!
sumber ilustrasi

1. Latihan Interval Kardiovaskular


Ketika berjalan kaki selama 30 menit atau lebih dalam sehari, tentu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Cara melakukan latihan interval bukannya berjalan dengan kecepatan tetap, anda harus berjalan selama 2 menit dan berlari selama 1 menit. Ulangi terus pola tersebut sampai 20 - 30 menit, dengan begitu metabolisme tubuh anda akan meningkat --jauh lebih banyak ketimbang berjalan kaki saja. Kelebihannya lagi adalah pembakaran lemak akan berlangsung lebih lama, bahkan ketika anda telah beristirahat.

2. Pastikan Anda Mengkonsumsi Lemak Yang Sehat



Kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa kita harus menghindari semua lemak untuk menurunkan berat badan, namun hal tersebut tidaklah benar. Anda membutuhkan lemak untuk kesehatan --pastikan lemak tersebut lemak yang sehat. Dengan mengkonsumsi lemak seperti asam lemak omega-3 dan lemak tak jenuh tunggal, anda akan dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Anda dapat menemukan lemak yang sehat dalam makanan seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan salmon dan minyak zaitun.

3. Konsumsi Makanan Yang Kaya Akan Protein


Protein merupakan nutrisi penting dalam sejumlah cara untuk menurunkan berat badan.

Pertama, protein dapat membantu meningkatkan metabolisme karena tubuh akan bekerja lebih ekstra untuk memprosesnya. Kedua, membantunya dengan menjaga massa otot --dan otot dapat membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Terakhir, memakan makanan yang kaya akan protein dapat membantu anda memuaskan rasa lapar, memungkinkan anda bertahan lebih lama tanpa merasa lapar.

Protein yang sehat banyak terdapat pada ayam dan kalkun, daging tanpa lemak, putih telur, dan produk susu rendah lemak.

4. Sayuran Berdaun Hijau Gelap


Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli dapat meningkatkan metabolisme yang mengesankan ketika dicerna sistem pencernaan anda.

Sayuran berdaun hijau gelap juga mengandung zat besi --yang penting bagi kita! Zat besi dapat memperkuat sel-sel darah merah, yang menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh.

5. Makanan Pedas


Ada beberapa studi dalam beberapa tahun terakhir yang menunjukkan bahwa makanan pedas dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda dalam membakar lemak.

Zat kimia Capsaicin, ditemukan dalam cabai pedas dan paprika pedas, dapat meningkatkan suhu tubuh yang dikenal sebagai proses thermogenesis, yang beberapa orang mengatakan dapat membantu membakar lemak lebih cepat.

6. Apel


Apel merupakan salah satu hadiah alam terbesar bagi kita. Apel kaya akan vitamin dan mengandung serat yang tinggi --sehingga tidak hanya meningkatkan metabolisme, tapi juga membantu mengurangi rasa lapar, dan meningkatkan aktifitas sistem pencernaan Anda.

7. Teh Hijau


Para peneliti terus mempelajari lebih banyak hal tentang teh hijau. Bahan aktif dalam teh hijau yang disebut catechin dapat membantu mempercepat metabolisme Anda --karena alasan ini teh hijau sering disebut 'teh diet'.

Teh hijau juga kaya akan antioksidan, yang membersihkan tubuh dan membantu mencegah beberapa jenis kanker.

8. Air Putih


Hanya dengan meningkatkan asupan air putih, Anda dapat meningkatkan tingkat metabolisme tubuh hingga mencapai 30%! Aturan standar untuk minum air putih adalah delapan gelas setiap hari, meskipun kebutuhan Anda mungkin bervariasi tergantung tingkat aktivitas dan faktor lainnya.

Tidak suka air putih? Coba minum air mineral dengan lemon atau jeruk nipis.

9. Hindari Makan Larut Malam


Hindari makan apa pun beberapa saat sebelum tidur. Ketika anda tidur, metabolisme tubuh akan melambat karena tubuh anda tidak butuh tenaga banyak. Sebaliknya, makanan yang tidak dibutuhkan akan menjadi lemak yang tersimpan dalam tubuh!

Studi menunjukkan bahwa orang yang terbiasa makan larut malam akan lebih sulit menurunkan berat badan dibanding yang tidak --bahkan ketika mereka makan jumlah kalori yang sama secara keseluruhan.

10. Kurangi Stress


Stress memainkan peran besar dalam mempengaruhi berat badan. Ketika tubuh Anda dalam kondisi stress, tubuh akan mencoba menimbun lemak lebih banyak karena asumsi bahwa sedang dalam kondisi sulit --mengurangi stress dengan teknik relaksasi dan berolahraga membuat lemak pergi terbakar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rahasia Menurunkan Berat Badan

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 comments:

  1. kalau saya segala tips diet sehat sering dilakukan, yang ada malah stres, tetep aja tubuh makin merekah hehe.. sekarang yang paling terasa manfaatnya adalah teh hijau mas cipto, bagus lho

    ReplyDelete
  2. Kalau yang makan-makanan pedas, mungkin lantaran kebanyakan makan pedas pembuangan pencernaan jadi lancar. Mangkanya berat badan jadi berkurang. hehehe

    ReplyDelete