Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Saturday, April 4, 2015

Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya

Radang tenggorokan (Strep Throat) merupakan sakit tenggorokan disertai demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptokokus, infeksi inilah yang menyebabkan peradangan dan nyeri pada tenggorokan. Radang tenggorokan dapat menyerang segala usia, tetapi paling sering terjadi pada anak-anak usia 5 sampai 15 tahun. Infeksi ini dapat menular melalui bersin dan batuk

Biasanya gejalanya akan semakin jelas setelah masa inkubasi dalam 1-4 hari. Tingkatan gejala dapat bervariasi dari ringan hingga berat, biasanya bagian belakang tenggorokan dan amandel akan memerah dan bengkak disertai bintik-bintik putih pada permukaannya. Pembengkakan ini bisa menimbulkan rasa sakit dan membuat menelan menjadi sulit, dan ketika dikombinasikan dengan demam maka dapat menyebabkan dehidrasi.

Diagnosa radang tenggorokan tidak ditegakkan hanya berdasarkan gejala, namun juga membutuhkan pemeriksaan medis, seringkali dengan tes usap tenggorok ke daerah yang terkena.


Gejala radang tenggorokan meliputi:
  • Demam
  • Bintik-bintik putih pada amandel
  • Amandel memerah, meradang, dan bengkak
  • Sakit tenggorokan
  • kelenjar getah bening tender di bagian atas leher Anda

Ada gejala komplementer juga seperti:
  • Sakit kepala
  • Ruam scarlet (noda-noda merah pada dada, perut, punggung)
  • Kehilangan nafsu makan
  • Nyeri perut
  • Mual / muntah
  • Perasaan tidak nyaman
  • Bintik-bintik merah pada langit-langit mulut Anda
  • Kehabisan tenaga

Ada gejela khusus untuk kelompok usia yang berbeda
  • Bayi
    Bayi biasanya memiliki hidung meler, dan demam ringan di bawah 38 C. Mereka akan lebih rewel dan kehilangan nafsu makan. Radang tenggorokan pada usia ini jarang sekali terjadi.
  • Balita
    Anak-anak berusia 1 sampai 3 tahun dapat mengeluh tentang kesulitan dan rasa sakit saat menelan. Nafsu makan juga berkurang dan pembengkakan kelenjar getah bening di bawah tulang rahang bawah.
  • Anak/Remaja
    Radang tenggorokan pada usia ini sangat menyakitkan dan tidak nyaman. Mereka sering mengeluh sakit tenggorokan yang parah, terutama saat menelan, dan disertai dengan demam.
  • Dewasa
    Orang dewasa biasanya memiliki gejala ringan, seperti sakit tenggorokan ringan, tapi tidak menutup kemungkinan untuk gejala yang lebih parah. Sering terjadi bau mulut karena infeksi ini. Mereka biasanya tidak/kurang membutuhkan perawatan medis kecuali bagi yang memiliki riwayat radang tenggorokan.

Bagaimana caranya membedakan antara radang tenggorokan dan sakit tenggorokan?
Perhatian! Radang tenggorokan Strep throat adalah infeksi tenggorokan yang disebabkan bakteri streptokokus. Sedangkan radang/sakit tenggorokan sore throat adalah sakit tenggorokan secara umum, namun umumnya karena virus.
  • Bintik-bintik merah dengan bercak putih pada amandel yang membengkak adalah tanda-tanda radang tenggorokan (strep throat).
  • Jika Anda mengalami pilek, sinus, batuk, hidung meler, tenggorokan gatal, suara berubah, hal ini mungkin sakit/radang tenggorokan (sore throat) dari flu, bukan radang tenggorokan (strep throat).
  • Radang tenggorokan (strep throat) biasanya disertai demam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di bawah dagu di depan leher bisa disebabkan oleh infeksi apa saja, bukan hanya radang tenggorokan (strep throat).
  • Infeksi yang menyebabkan radang tenggorokan (strep throat) jauh lebih menyakitkan daripada sakit/radang tenggorokan (sore throat) biasa, durasinya juga lebih lama.

Pengobatan Radang Tenggorokan
Sebelum menentukan pengobatan, untuk mendiagnosis radang tenggorokan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan test usap tenggorok. Hal ini untuk mencegah penggunaan antibiotik yang tidak diperlukan dan menghindari resistensi antibiotik (kekebalan suatu bakteri terhadap antibiotik tertentu akibat pasien atau orang di lingkungan pasien sering mengkonsumsinya).

Jika demam berlangsung hingga 72 jam, segera hubungi dokter untuk pengobatannya. Karena radang tenggorokan (strep throat) disebabkan oleh bakteri, maka pengobatan dilakukan dengan pemberian antibiotik.

Lalu bagaimana kalau ternyata penyebabnya virus (sore throat)? Biarkan saja. Yang dapat dilakukan hanya meringankan gejalanya. Obat antibiotik tidak bisa dipergunakan untuk masalah ini. Justru membuatnya semakin parah.
Sumber, Sumber, Sumber, Sumber

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Gejala Radang Tenggorokan Dan Cara Mengatasinya

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

7 comments:

  1. Alhamdulilah jd menambah pengetahuan nih mas, dan ternyata gejala yg timbul di tiap usia berbeda2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kan kalo usia tua udah pada jenggotan

      Delete
  2. cara mengatasinya mana yaa? *penasaran* hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, udah ditanyain *penasaran juga*

      Delete
    2. karena strep throat merupakan infeksi bakteri, obatnya antibiotik lah.. ;)
      namun untuk sore throat, karena biasanya infeksi virus, pengobatannya hanya meringankan gejala (seperti pereda nyeri, penurun panas, obat kumur), sifatnya sembuh sendiri (self-limiting disease).

      Delete
  3. kelenjar getah bening itu muncul setiap kita mengalami peradangan ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelenjar getah bening merupakan bagian sistem pertahanan tubuh. Saat terjadi infeksi biasanya kelenjar ini akan membesar karena menghasilkan lebih banyak sel-sel pertahanan tubuh. Yang paling mudah teraba biasanya di rahang bawah.

      Delete