Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Tuesday, April 28, 2015

Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Cara Ini

Diabetes adalah kondisi serius yang diukur dengan konsekuensi potensi kesehatan. Efek jangka panjang penyakit ini meliputi penyakit jantung, stroke, penyakit ginjalpenyakit mata diabetes, dan banyak lagi.

Walaupun diabetes mellitus merupakan penyakit kronis yang tidak menyebabkan kematian secara langsung, tetapi dapat berakibat fatal bila pengelolaannya tidak tepat. Pengelolaan diabetes memerlukan penanganan secara multidisiplin yang mencakup terapi non-obat dan terapi obat.

Jika anda memiliki diabetes, berikut delapan tips yang dapat membantu mengurangi kemungkinan terkena komplikasi tersebut.


1. Salah satu elemen paling penting dalam mengendalikan diabetes, terutama tipe 2, adalah memiliki pola makan yang sehat. Membatasi diet akan membantu menjaga keseimbangan insulin dan gula darah secara tepat. Karbohidrat dapat dikonsumsi, tetapi hanya dalam bentuk yang tepat. Diet Anda harus kaya biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran segar.

2. Masalah kesehatan dan berat badan sangat berkaitan. Menjaga berat badan yang tepat akan membantu tubuh Anda mengontrol gula darah, yang merupakan sumber masalah bagi penderita diabetes. Menjaga berat badan juga penting dalam mengendalikan tekanan darah. Anda perlu mengurangi asupan kalori secara tepat sampai jumlah yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik.

3. Olahraga penting untuk semua orang, terlebih bagi mereka dengan diabetes. Meskipun tidak harus berat, sekitar 30 menit aktivitas fisik setiap hari akan membantu Anda menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Olahraga bahkan dapat memungkinkan Anda mengurangi konsumsi obat diabetes Anda dan dengan demikian membantu Anda untuk menangani kondisi Anda dalam cara yang lebih alami.

4. Kebiasaan buruk dapat memperburuk diabetes, sehingga Anda harus mempertimbangkan jika terlibat di dalamnya atau tidak terlibat sama sekali. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mempengaruhi kadar gula darah. Merokok juga meningkatkan risiko komplikasi diabetes dengan cara mempengaruhi tekanan darah dan mengurangi sirkulasi di kaki. Istirahat yang cukup penting untuk penderita diabetes karena tidur mempengaruhi metabolisme manusia.

5. Kurangnya tidur dapat meningkatkan keinginan tubuh untuk mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, yang kemudian dapat mengganggu kadar gula darah. Delapan jam tidur setiap malam adalah cara yang damai bagi penderita diabetes untuk tetap sehat.

6. Stres dapat mempengaruhi kadar gula dalam darah. Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu menghindari stress sebanyak mungkin. Meditasi, yoga dan latihan pernapasan tertentu dapat merelaksasi pikiran dan tubuh, membantunya berfungsi dengan baik.

7. Karena kondisi ini dapat memperburuk proses penyembuhan, penderita diabetes harus merawat dan memantau luka yang mereka alami. Bahkan kulit lecet sedikit saja perlu dibersihkan dengan benar, diperlakukan dengan antibiotik dan dibalut dengan benar. Luka yang tidak segera sembuh harus diberikan perhatian.

8. Penderita diabetes harus kontrol ke dokter setidaknya empat kali dalam setahun, lebih banyak jika mereka bergantung pada insulin. Pemeriksaan harus mencakup pemantauan tekanan darah, kadar glukosa dan kolesterol. Pada akhirnya, pencegahan adalah kunci untuk mengatasi komplikasi diabetes.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Cara Ini

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

3 comments:

  1. Pantangannya memang banyak sekali ya mas, buat penderita penyakit ini :)

    ReplyDelete
  2. Yang berat bagi saya itu pada poin 4 dan 5 mas.. Kebiasaan dr bujangan dulu yg masih sulit untuk dirubah :D

    ReplyDelete
  3. ayah saya juga terkena gejala diabetes terkadang dia selalu merasa lemas ,, semoga apa yang anda sampaikn bermanfaat :)
    salam kenal ya kaka di tunggu back nya :)

    ReplyDelete