Obrolan Pasien Seputar Kesehatan

Sunday, May 10, 2015

12 Gejala Umum Penyakit Autoimun

Hampir 100 jenis penyakit dapat diklasifikasikan berkaitan dengan autoimun. Setiap penyakit autoimun memiliki gejala yang spesifik tergantung di mana autoimun menyerang, namun ada beberapa gejala umum yang sering terjadi pada sejumlah besar dari penyakit autoimun.

Berikut beberapa gejala umum penyakit autoimun

1. Inflamasi: Ini adalah akar dari penyakit autoimun. Tubuh anda menyerang diri sendiri dan kemudian meresponnya dengan inflamasi dan pembengkakan, yang seringkali disertai dengan panas dan nyeri.

2. Demam ringan yang persisten: Orang yang memiliki penyakit autoimun sering mengalami demam yang berlangsung beberapa hari atau lebih.

3. Fatigue yang ekstrim: Fatigue atau kehabisan tenaga merupakan salah satu gejala paling umum dari penyakit autoimun.

*Rekomendasi: Fatigue: Lebih dari sekedar kelelahan!

4. Pembengkakan kelenjar: Kelenjar getah bening yang bengkak di leher, pangkal paha, ketiak, di bawah rahang dan di belakang telinga adalah salah satu gejala penyakit autoimun.

5. Ruam kulit dan gatal: Iritasi kulit bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, celiac disease, psoriasis, dan lupus.

6. Perubahan berat badan: Celiac disease dapat menyebabkan penurunan atau kenaikan berat badan. Gejala Graves's Disease juga termasuk penurunan berat badan. Umumnya, penurunan dan kenaikan berat badan bisa mencapai 10 sampai 15 pound.

7. Kesemutan: Pasien diabetes sering mengeluhkan sensasi tertusuk jarum di kaki atau benar-benar mati rasa. Kesemutan di kaki yang terkadang dapat menyebar ke tubuh bagian atas, bisa menjadi gejala dari Guillaine Barre Syndrome. Gejala dari Multiple Sclerosis juga dapat berupa kesemutan pada tangan dan kaki.

8. Nyeri sendi, nyeri otot, kelemahan otot: Nyeri pada sendi dan otot dapat berkaitan dengan gejala penyakit autoimun seperti Multiple Sclerosis dan Rheumatoid Arthritis.

9. Infeksi: Penyakit autoimun sering ditandai dengan kerentanan terhadap infeksi bakteri dan virus, serta penyembuhan yang lambat dari infeksi tersebut.

10. Sesak napas dan jantung berdebar: Autoimunitas bisa sering menyebabkan pasien merasa kehabisan napas, atau berat di dada. Beberapa pasien merasa detak jantungnya tidak teratur.

11. Brain fog: Kesulitan berpikir, berkonsentrasi atau mengingat sesuatu adalah gejala umum yang muncul dalam berbagai kondisi penyakit autoimun.

*Rekomendasi: Brain fog: kabut tebal menyelimuti pikiranmu

12. Rambut rontok: Orang dengan gangguan tiroid sering mengalami rambut rontok, seperti yang dialami orang-orang dengan lupus. Dan, tentu saja, alopecia areata adalah penyakit autoimun yang menyebabkan rambut rontok yang mendalam.

*Rekomendasi: Jenis-jenis penyakit autoimun dan gejalanya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 12 Gejala Umum Penyakit Autoimun

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 comments:

  1. penyakit auto imun ini apa ada kaitan nya dengan sistem imun mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, bisa dibilang kebalikan AIDS kalau AIDS sistem imun-nya menurun sehingga pasiennya mudah terkena infeksi.
      Kalau autoimun, sistem imunnya menjadi kacau (atau mengalami gangguan/kelainan) sehingga menyerang jaringan tubuh yang sehat, bukan zat asing berbahaya seperti virus, bakteri, kuman, dll...
      Salah satu contoh penyakit autoimun yang paling populer adalah Lupus / SLE.

      Delete
  2. ngak ada penjelasaanya apa itu autoimun mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf kalau pembaca baru tidak mengerti. Penyakit autoimun itu ibarat pisau yang digunakan untuk melukai diri sendiri. Penyakit autoimun ada banyak jenisnya dan gejalanya bervariasi tergantung dimana bagian/organ yang diserang. Kalau pembaca mau sedikit mencari, di blog ini ada banyak tulisan tentang autoimun karena penulisnya juga salah satu dari pengidapnya.

      Delete
  3. Semoga Allah menggugurkan dosa-dosa kita dan mengganjar kita dengan Pahala tak terhitung sungguh jika Allah mencintai seorang hamba maka ia akan mengujinya dengan musibah, penyakit, kesempitan harta dan sebagainya , semoga kita selalu ridha dan bersabar dengan segala takdir Nya karena ia selalu memberikan yang terbaik bagi orang yang beriman , mungkin kelihatannya susah dimata orang lain tapi itulah yang terbaik bagi kita, Melihat besarnya keutamaan tersebut, pada hari kiamat nanti, banyak orang yang berandai-andai jika mereka ditimpakan musibah di dunia sehingga menghapus dosa-dosa mereka dan diberikan pahala kesabaran. Nabi shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

    يَوَدُّ أَهْلُ الْعَافِيَةِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَّ جُلُودَهُمْ قُرِضَتْ بِالْمَقَارِيضِ

    مِمَّا يَرَوْنَ مِنْ ثَوَابِ أَهْلِ الْبَلاَءِ.

    ”Manusia pada hari kiamat menginginkan kulitnya dipotong-potong dengan gunting ketika di dunia, karena mereka melihat betapa besarnya pahala orang-orang yang tertimpa cobaan di dunia.”[7] HR. Baihaqi: 6791, lihat ash-Shohihah: 2206.

    Bagaimana kita tidak gembira dengan berita ini, orang-orang yang tahu kita sakit, orang-orang yang menjenguk kita ,orang-orang yang menjaga kita sakit, kelak di hari kiamat sangat ingin terbaring lemah seperti kita tertimpa penyakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih nasihatnya, ini dapat membesarkan hati bagi mereka yang sedang sakit. Jazakallahu khayran wa barakallahu fiik.

      Delete